Harga Mobil KIA Mahal, Ini Alasannya!

17/01/2020
Harga mobil KIA dirasa cukup mahal dibanding kompetitor di kelasnya, ternyata ada alasan tertentu dari APM, Kreta Indo Artha (KIA). Menurut kalian bagaimana?

Setelah sekain lama vakum, KIA kembali bergairah untuk berkompetisi lagi di industri otomotif dalam negeri. Adalah Indomobil melalui PT Kreta Indo Artha (KIA) yang mengambil alih pengelolaan mobil asal Korea Selatan tersebut, mulai dari menyediakan produk, penjualan hingga layanan purna jual seperti garansi dan perawatan berkala.

Berbagai persiapan sudah dilakukan sejak penunjukan KIA sebagai APM pada Mei 2019 dan diremikan 13 November 2019 lalu, termasuk kehadiran model terbaru Seltos yang rencananya dilakukan 20 Januari 2020. Selain itu, beberapa model yang sudah ada juga bakal jadi line up unggulan di segmennya masing-masing. Ada Picanto di segmen city car, Rio di segmen hatchback, Grand Sedona di segmen medium MPV, dan Kia Big-Up K2700 di segmen komersial.

Foto menunjukkan gril KIA Picanto dengan logo khas KIA

KIA resmi dikelola PT Kreta Indo Artha (KIA) mulai 2019

Harga mahal?

Kebangkitan KIA di pasar Indonesia mendapat banyak apresiasi. Namun, ada yang berbeda dari semua model yang dipasarkan yaitu soal harga. Dilihat dari daftar harga yang tertera di situs resmi KIA Motors Indonesia, harga mobil KIA terbilang cukup tinggi, lebih mahal dibanding kompetitor satu kelas. Misal KIA Picanto, model yang belum lama mendapat penyegaran ini dijual dengan harga termurah Rp 205.500.000 hingga yang termahal varian GT Rp   232.500.000.

Harga tersebut adalah yang paling mahal di segmen city car. Sebagai pembanding Honda Brio RS varian termahal yaitu CVT dijual dengan harga Rp 199.600.000, Suzuki Ignis Sport Edition termahal Rp 186.000.000, Hyundai New Grand i10 termahal Rp 211.500.000.

KIA Rio juga demikian, harga termurah hatchback ini Rp 271.500.000, yaitu varian manual. Lebih mahal dari Toyota Yaris yang dijual termurah Rp 255.250.000, dan Jazz dijual termurah Rp 250.200.000.

>>> Segera Dijual Tahun 2020 Ini, Yuk Intip Fitur Safety KIA Seltos 2020

Foto menunjukkan KIA Picanto GT tampak dari samping depan

Harga mobil KIA dinilai mahal, Picanto merupakan satu-satunya city car di Indonesia yang memiliki sunroof

Value for Money

Terkait penilaian publik akan harga mobil KIA menurut PT KIA sebenanya bukan mahal. Tapi lebih kepada value for money. "Kami menawarkan mobil yang memang ada kualitasnya, artinya dibandingkan kami harus kejar harga rendah dengan mengurangi fitur-fiturnya, lebih baik mahal namun fiturnya lebih lengkap," tutur Marketing and Development Division Head PT KIA Ario Soerjo, seperti dikutip dari Kompas, (16/1/2020).

KIA Picanto misalnya, dari detail spesifikasi serta fitur yang disematkan diklaim sebagai yang paling lengkap dibanding city car lain. Mobil ini memiliki tampilan sangat sporty dengan tambahan body kit di berbagai sisi. Picanto juga satu-satunya city car di Indonesia yang memiliki sunroof. Kesan sporty juga nampak di bagian interior dengan jok berlapis kulit warna hitam beraksen merah.

Lalu ada head unit layar sentuh berukuran 7 inci dengan fitur Android Auto dan Apple Car Play. Picanto juga dilengkapi parking assist dengan fitur Dynamic Parking Guidelines untuk mempermudah pengemudi memarkirkan mobil.

"Jadi pada intinya, semua mobil Kia yang kami bawa dari Indomobil saat ini justru secara spesifikasi kami upgrade dibanding saat dipasarkan sebelumnya," kata Ario.

>>> Tertarik beli mobil KIA, Cek harganya di sini!

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain