Harga Medali Emas Olimpiade Hanya Bisa Nyicil Daihatsu Ayla

02/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Diperebutkan berbagai negara, siapa sangka medali emas Olimpiade ternyata hanya memiliki harga yang tak seberapa jika dibandingkan dengan bentuk historisnya.

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu melanjutkan tradisi medali emas Olimpiade bagi tim bulutangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 ini. Meski banyak diperebutkan, ternyata harga dari medali emas, apalagi perunggu tak begitu tinggi. Namun yang membedakannya tentu saja nilai historis yang dikandung di dalamnya.

Bukan emas murni

Desain dan tampilan medali emas berbeda-beda setiap Olimpiade. Dan medali Olimpiade Tokyo 2020 kali ini merupakan karya dari Junichi Kawanishi. Masing-masing medali emas, perak, dan perunggu memiliki diameter 85 milimeter dan ketebalan berkisar dari 7,7 mm hingga 12,1 mm.

medali emas Olimpiade yang ada di Olimpiade Tokyo
Medali emas tidak terbuat dari emas murni

>>> Bonus Medali Emas Greysia Polii dan Apriyani, Bisa Beli 23 Avanza!

Banyak yang belum tahu jika medali emas Olimpiade sebenarnya tidak terbuat dari emas murni. Selama beberapa Olimpiade terakhir, medali bagi sang pemenang ini terbuat dari perak murni berlapis emas, dengan kandungan emas sekitar 6 gram dari total berat 556 gram.

Medali perak terbuat dari perak murni dan beratnya sekitar 550 gram, sedang medali perunggu memiliki berat 450 gram. Saat ini, medali emas bernilai sekitar $ 800 (Rp 11,5 juta) jika dicairkan, atau setara dengan DP mobil baru Daihatsu Ayla. Sedangkan medali perak bernilai sekitar $450 (Rp 6,5 juta) dan perunggu bernilai sekitar $ 5 (Rp 70 ribu).

>>> Ternyata Balap Mobil Pernah Jadi Cabang Olahraga di Olimpiade!

Hagranya melonjak drastis

Namun medali Olimpiade bukan hanya bernilai materi, tapi memiliki nilai sejarah tersendiri. Bahkan sebagian besar medali sangat jarang ditemukan dijual. Namun ketika dilelang, maka beberapa medali mendapatkan harga yang tergolong fantastis.

medali emas Olimpiade Berlin tahun 1936 di Jerman
Nilai sejarah yang membuat harga medali emas melonjak

Awal bulan ini, medali pemenang dari Olimpiade Athena 1896 terjual di lelang dengan harga $ 180.000 (sekitar Rp 2,4 miliar), atau bisa digunakan untuk membeli Toyota Land Cruiser. Di waktu yang sama, medali emas Olimpiade milik penembak asal Kuba, Leuris Pupo, dari Olimpiade London 2012 terjual $ 73.200 (Rp 1 miliar).

Namun nilai tersebut kalah dari harga $ 1,45 juta (sekitar Rp 21 miliar) yang dibayarkan untuk medali emas Jesse Owens dari Olimpiade Berlin 1936 di lelang tahun 2013. Medali ini dianggap sebagai salah satu medali penting dalam sejarah Olimpiade. Dimana Owens yang merupakan atlet berkulit hitam Amerika ini merusak rencana Adolf Hitler yang menginginkan semua pemenang dari bangsa Arya.

>>> Simak harga baru Daihatsu Ayla dan promo 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top