Harga Beda Tipis, Toyota Raize Bakal Senggol Rush?

30/04/2021

Pasar mobil

4 menit

Toyota Raize memiliki penempatan harga yang tak berbeda jauh dengan sang kakak Rush. Akankah hal ini membuat keduanya bersenggolan dan terjadi peralihan tren?

Toyota Raize baru saja meluncur di Indonesia. Toyota membanderol Raize dengan harga mulai Rp 219,9 juta hingga yang termahal Rp 265,9 juta. Bila diperhatikan, penempatan harga Toyota Raize itu berbeda tipis dengan sang kakak Rush. 

Mengutip laman Toyota Astra Motor, Rush dijual mulai Rp 240,5 juta untuk varian terendah sedangkan varian tertingginya Rp 260,8 juta. Sama-sama mengisi segmen SUV, akankah keduanya saling bersenggolan dalam merebut pasar yang tengah naik daun itu? 

Toyota Rush

>>> Indonesia Jadi Negara Kedua Setelah Jepang yang Cicipi Toyota Raize

Toyota Raize Bakal Senggol Rush?

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy menjelaskan bahwa sasaran segmentasi Rush dan juga Raize berbeda. Hal ini disebutnya tak akan berdampak signifikan terhadap penjualan Rush di Indonesia. 

"Mengenai segmen customer kita memang membedakan, Raize itu untuk pembeli mobil pertama dan lebih muda generasi milenial yang baru mulai kerja, mulai menikah, keluarga muda. Beda dengan Rush yang lebih mature, familiy lebih besar dan juga mapan," kata Anton dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/4/2021). 

Anton tak memungkiri bahwa akan ada konsumen Rush yang berpindah ke Raize. Namun hal itu dipandang positif lantaran bisa menumbuhkan pasar SUV bagi Toyota sendiri. Selain segmentasi yang berbeda, penyematan mesin pun berbeda. 

Bila Rush menggendong mesin berkapasitas 1.5L, Toyota Raize disematkan mesin 1.0L turbo yang menyasar generasi milenial. Menyusul setelahnya mesin berkapasitas 1.2L siap hadir mengisi pasar otomotif Tanah Air.

Toyota Raize

Desain kompaknya membuat Raize cocok untuk generasi milenial

>>> Raize Mengaspal di Indonesia, Dijual Mulai Rp 219 Juta!

Toyota Rush dan Raize Punya Segmennya Masing-masing

Pun demikian dengan dimensinya. Toyota Raize mempunyai dimensi kompak dengan panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm. Meski begitu, Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase mencapai 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm.

Sementara Toyota Rush memiliki panjang 4.435 mm x lebar 1.695 mm x tinggi 1.705mm, jarak sumbu roda 2.685 mm.

Toyota Raize

Baru ada varian mesin 1.0L turbo

"Raize sebagai mobil kedua untuk mobil compact, jadi segmennya untuk yang udah punya 7-seater apa itu Rush atau Innova, butuh mobil yang lincah, Raize bisa masuk ke segmen itu. Harapannya kalau ada irisan nggak terlalu banyak lah, tapi intinya bisa menambah market buat Toyota," jelas Anton. 

Toyota Raize hadir dalam 6 varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T, di mana masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam.

Bagi konsumen yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT. Untuk tipe 1.0T mulai tersedia dan dapat dipesan sejak 30 April 2021, sementara untuk tipe 1.2 akan hadir di semester ke dua tahun ini.

>>> Cerita Tukang Jamu Beli Toyota Rush Kredit, Bayar DP-nya Rp 200 Juta!

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top