Harga BBM Pertamina Akan Turun Lagi?

24/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Harga BBM Pertamina Akan Turun Lagi?
PT Pertamina (Persero) menjelaskan jika harga BBM akan menyesuaikan dengan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar. Apakah itu berarti harga BBM Pertamina akan turun lagi?

PT Pertamina (Persero) secara resmi mengumumkan jika harga BBM (bahan Bakar Minyak) yang dikeluarkan oleh Pertamina akan mengalami penyesuaian. Naik turunnya harga BBM Pertamina ini akan menyesuaikan dengan beberapa aspek.

Fajriyah Usman, VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) menjelaskan jika harga BBM dari Pertamina akan ditentukan oleh beberapa faktor. Diantaranya harga minyak dunia, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar, dan inflasi ekonomi. Selain itu, sebelum penetapan harga, Pertamina tentunya akan menunggu pula ketentuan dari Kementerian ESDM Republik Indonesia (RI).

"Pertamina akan mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM Non Subsidi. Sedangkan harga BBM subsidi adalah kewenangan Pemerintah untuk penetapan harga jualnya," jelas Fajriyah melalui keterangan tertulisnya yang diterima Cintamobil.com, Selasa (24/03/2020.

>>> Dua Kali Penyesuaian, Harga Pertamax dan Pertamax Turbo Makin Murah

Harga BBM Pertamina Bisa Turun Lagi?

harga BBM Pertamina non subsidi

Pertamina sudah menurunkan harga BBM non subsidi pada Februari 2020

Fajriyah menjelaskan, Pertamina pernah menyesuaikan harga BBM non subsidi pada Februari 2020 lalu. Dan hingga saat ini harga tersebut dianggap masih kompetitif dibanding harga jual BBM merek lain.

"Sampai saat ini Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar sebagai faktor utama yang menentukan harga BBM," jelas dia.

>>> Kenapa Lebih Baik Keluar dari Mobil Saat Mengisi BBM?

Berikut Harga BBM Pertamina per 24 Maret 2020:

SPBU Pertamina

Harga BBM dari Pertamina ditentukan antara lain dari nilai tukar Rupiah terhadap Dollar

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita tentang pasar mobil lainnya

  • Pertamax Turbo ( RON 98) : Rp.9.850/liter
  • Pertamax ( RON 92) : Rp.9.000/liter
  • Pertalite (RON 90) : Rp.7.650/liter
  • Pertamina Dex (CEN 53) : Rp.10.200/liter
  • Dexlite ( CEN 51) : Rp.9.500/liter

Jadi apakah Pertamina akan kembali menurunkan harga BBM di Indonesia? Semuanya tentu akan melihat perkembangan ekonomi global dan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua ya. 

>>> Berbagai berita menarik lainnya seputar otomotif ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Beli BBM Pertamina via Online, Tak Perlu Repot Keluar Rumah

19/03/2020

Event - Promosi

5 menit

Ketika Anda tidak bisa ke luar rumah misalnya akibat maraknya penyebaran virus corona, maka sekarang bisa beli BBM Pertamina via online untuk dikirim ke rumah Anda.

Lihat juga

Bahayakah Suka Gonta-ganti BBM karena Harganya Turun?

10/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Harga minyak dunia disebut-sebut bakal turun dan biasanya berdampak pada penurunan harga BBM. Ini memicu pengendara untuk gonta-ganti BBM karena harganya lebih murah. Bahayakah?

Lihat juga

Ternyata Mengisi BBM Sampai Penuh Bisa Membahayakan

27/02/2020

Pengemudian

3 menit

Saat membeli BBM, tak jarang kita mendengar istilah ‘full-tank’ yang artinya mengisi tangki bahan bakar sampai penuh hampir mengenai bibir lubang tangki. Namun, tahukah Anda bahwa hal tersebut justru berbahaya?

Lihat juga

Review All New Honda Civic 2016 Indonesia

10/01/2018

Editor rate:

Meskipun mobil dengan segmen MPV dan SUV tengah Berjaya di pasar otomotif nasional maupun dunia, minat para pecinta otomotif akan mobil sedan tak boleh dipandang sebelah mata. Menilik masih tingginya animo pecinta otomotif akan mobil sedan, Honda, selaku pemain lama di industri, coba merengkuh ceruk pasar dengan menghadirkan kembali sedan yang pernah berjaya di masa lampau yakni Honda Civic. Untuk tahu lebih jelas, simaklah review All New Honda Civic 2016 Indonesia ini.

Lihat juga

Volkswagen Tiguan 2020: Daftar Harga mobil Volkswagen Tiguan terbaru September

01/09/2020

Volkswagen

Di Indonesia, SUV merupakan salah satu segmen yang cukup diminati pasar. Melihat fakta ini, PT Garuda Mataram Motor selaku agen pemegang merek (APM) Volkswagen mempersiapkan VW Tiguan sebagai andalan ‘mobil rakyat’ dari Jerman untuk melawan pabrikan Jepang yang lebih mapan dalam pertarungan SUV-7 Seater. Berapa harga Volkswagen Tiguan ini?

Lihat juga