Harga BBM Pertamina Akan Turun Lagi?

24/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Harga BBM Pertamina Akan Turun Lagi?
PT Pertamina (Persero) menjelaskan jika harga BBM akan menyesuaikan dengan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar. Apakah itu berarti harga BBM Pertamina akan turun lagi?

PT Pertamina (Persero) secara resmi mengumumkan jika harga BBM (bahan Bakar Minyak) yang dikeluarkan oleh Pertamina akan mengalami penyesuaian. Naik turunnya harga BBM Pertamina ini akan menyesuaikan dengan beberapa aspek.

Fajriyah Usman, VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) menjelaskan jika harga BBM dari Pertamina akan ditentukan oleh beberapa faktor. Diantaranya harga minyak dunia, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar, dan inflasi ekonomi. Selain itu, sebelum penetapan harga, Pertamina tentunya akan menunggu pula ketentuan dari Kementerian ESDM Republik Indonesia (RI).

"Pertamina akan mengacu pada kebijakan dan ketentuan Kementerian ESDM dalam hal penyesuaian harga BBM Non Subsidi. Sedangkan harga BBM subsidi adalah kewenangan Pemerintah untuk penetapan harga jualnya," jelas Fajriyah melalui keterangan tertulisnya yang diterima Cintamobil.com, Selasa (24/03/2020.

>>> Dua Kali Penyesuaian, Harga Pertamax dan Pertamax Turbo Makin Murah

Harga BBM Pertamina Bisa Turun Lagi?

harga BBM Pertamina non subsidi

Pertamina sudah menurunkan harga BBM non subsidi pada Februari 2020

Fajriyah menjelaskan, Pertamina pernah menyesuaikan harga BBM non subsidi pada Februari 2020 lalu. Dan hingga saat ini harga tersebut dianggap masih kompetitif dibanding harga jual BBM merek lain.

"Sampai saat ini Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar sebagai faktor utama yang menentukan harga BBM," jelas dia.

>>> Kenapa Lebih Baik Keluar dari Mobil Saat Mengisi BBM?

Berikut Harga BBM Pertamina per 24 Maret 2020:

SPBU Pertamina

Harga BBM dari Pertamina ditentukan antara lain dari nilai tukar Rupiah terhadap Dollar

>>> Klik sini untuk lanjut simak berita tentang pasar mobil lainnya

  • Pertamax Turbo ( RON 98) : Rp.9.850/liter
  • Pertamax ( RON 92) : Rp.9.000/liter
  • Pertalite (RON 90) : Rp.7.650/liter
  • Pertamina Dex (CEN 53) : Rp.10.200/liter
  • Dexlite ( CEN 51) : Rp.9.500/liter

Jadi apakah Pertamina akan kembali menurunkan harga BBM di Indonesia? Semuanya tentu akan melihat perkembangan ekonomi global dan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua ya. 

>>> Berbagai berita menarik lainnya seputar otomotif ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top