Hanya 8.443 Unit, Penjualan Toyota Bulan April 2020 Tetap Nomor 1

17/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hanya 8.443 Unit, Penjualan Toyota Bulan April 2020 Tetap Nomor 1
Toyota hanya menjual sebanyak 8.443 unit sepanjang April 2020. Meski turun tajam dibanding bulan sebelumnya, penjualan Toyota masih yang terbaik dibanding merek lain.

Seperti diprediksi banyak orang, pasar kendaraan roda empat terdampak sangat besar oleh pandemi virus Corona (COVID-19). Dan terbukti, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melaporkan penjualan mobil di Indonesia pada bulan April 2020 tidak sampai 25 ribu unit, atau tepatnya 24.276 unit. Padahal pada bulan Maret penjualan masih mencapai 60.447 unit.

>>> Rapor Merah Penjualan Mobil di Indonesia, Terburuk dalam 15 Tahun Terakhir

Penjualan Toyota

Nyaris semua merek mengalami penurunan termasuk Toyota. Sepanjang satu bulan tersebut hanya sebanyak 8.443 unit kendaraan dikirim diler ke konsumen (retail sales). Jika dibanding dengan pengiriman bulan Maret 2020 yang mencapai 17.787 unit penurunan bulan April mencapai 52,5 persen.

Pandemi virus Corona (COVID-19) menjadi kambing hitam merosotnya penjualan mobil di Indonesia, bahkan juga sektor lain seperti transportasi dan pariwisata. Menurut Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, hal itu ada benarnya juga. Merosotnya penjualan mobil termasuk penjualan Toyota disebabkan karena  imbas dari COVID-19. Setidaknya COVID-19 membawa pengaruh pada 3 hal:

Foto menunjukkan Diler Toyota Nganjuk

Pertama; masyarakat lebih berhati-hati

Masyarakat kini lebih berhati-hati dalam membelanjakan keuangannya dan sangat selektif dalam memilih produk. "Bukan hanya COVID, tapi ekonominya. Jadi orang berhati-hati juga melakukan pembelian. Nggak cuma mobil ya, semua produk lah kita lebih memilih, selektif," tutur Anton dalam kesempatan video conference bersama wartawan, Selasa (12/5/2020).

Kedua; leasing makin selektif

Pembelian mobil di Indonesia didominasi cara kredit. Ini cukup mendorong pertumbuhan bisnis pembiayaan. Meski demikian bukan berarti perusahaan pembiayaan / leasing abai dalam menjalankan bisnisnya. Leasing kini makin berhati-hati dalam menyetujui permohonan kredit guna menghindari hal-hal buruk di belakang seperti kredit macet dan yang lain.

Ketiga; PSBB

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat aktivitas orang di luar rumah serba terbatas. Imbasnya banyak diler tutup karena tak banyak orang berkunjung. "Ini saya bukan menyalahkan ya, kita mendukung adanya pembatasan atau PSBB. Tapi dengan adanya PSBB pastinya showroom-showroom kebanyakan tutup, jadi aktivitas orang pun terbatas," kata Anton.

>>> Berapa Harga Mobil Fortuner dari Generasi ke Generasi?

Tetap Nomor 1

Meski hanya 8.443 unit, penjualan Toyota tetap nomor 1 di Indonesia. Bahkan dengan Daihatsu yang menempati urutan kedua jaraknya cukup jauh, Daihatsu hanya menjual sekitar 5.200 unit kendaraan. Dengan Honda malah lebih jauh lagi karena Honda hanya menjual sebanyak 1.855 unit kendaraan.

>>> Cari berita otomotif yang menarik dan terbaru? Klik disini aja!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Rapor Merah Penjualan Mobil di Indonesia, Terburuk dalam 15 Tahun Terakhir

16/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil di Indonesia mencatatkan rapor merah pada April 2020 dan menjadi yang terburuk dalam 15 tahun belakangan sebagai imbas dari virus corona.

Lihat juga

Tergerus COVID-19, Penjualan Mobil Bulan April Tak Sampai 25 Ribu Unit

16/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) melaporkan penjualan mobil turun jauh dari perkiraan. Bahkan penjualan di bulan April 2020 tidak mencapai 25 ribu unit.

Lihat juga

Jualan Online Penyelamat Penjualan BMW Indonesia Saat Pandemi Covid-19

16/05/2020

Pasar mobil

5 menit

Penjualan BMW Indonesia sedikit tertolong akan startegi penjualan secara online termasuk menggandeng market place. Bahkan menjualan daring menyumbang 15 persen dari total penjualan BMW Indonesia.

Lihat juga
 
back to top