Hanya 3 Hari, Jalanan Rusak Parah Akibat Gempa di Alaska Kembali Mulus

10/12/2018

Pasar mobil
Share this post:
Hanya 3 Hari, Jalanan Rusak Parah Akibat Gempa di Alaska Kembali Mulus
Pemandangan jalan raya yang hancur dan miring terlihat di Anchorage, sebuah kota kecil di Alaska yang disebabkan oleh gempa berkekuatan 7.0 Skala Richter beberapa waktu lalu. Lalu berapa lama jalan-jalan kawah tersebut kembali normal? Hanya 3 hari.

Jalan raya yang rusak ini menjadi simbol instan betapa kuatnya gempa 7.0 SR yang terjadi di Alaska pada 30 November lalu. Jalan yang terletak di dekat Bandar Udara Internasional Ted Stevens Anchorage di tepi barat kota, dengan cepat menyebar di media sosial karena kerusakannya. Namun berita terbaru menunjukan bagaimana pemerintah Alaska memperbaiki jalan tersebut hanya dalam kurun waktu 3 hari.

Kombinasi kontraktor dan pekerja dari Departemen Transportasi dan Fasilitas Umum Alaska dengan cepat bertindak untuk menyelesaikan masalah tersebut. Beranggotakan 14 orang, pasukan ini berada di tempat kejadian hanya beberapa jam setelah gempa terjadi. Para kontraktor juga dipanggil untuk menyediakan bahan yang diperlukan. Dan marathon selama 72 jam kemudian, jalan tersebut kembali mulus.

>>> Tekan Kemacetan, Luksemburg Jadi Negara Pertama yang Gratiskan Transportasi Publik

Gambar jalanan yang rusak di Alaska

Jalanan yang ruska parah akibat gempa 7.0 SR di Alaska

Bekerja setiap hari, mereka membersihkan aspal yang rusak, dan menyimpannya untuk dilebih dikemudian hari, Kemudian,petugas dengan alat berat mulai menggali sedimen jenuh air yang tertanam selama dempa. Mereka lalu mengangkut dan mengumpulkan material jalan dan memadatkannya, menciptakan dasar yang kokoh. Setelah itu mereka menempatkan batu-batu besar, kerikil yang lebih halus, dan akhirnya aspal.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap lainnya hanya di sini

Kesulitan memperbaiki jalan selama musim dingin

Tiga hari bukanlah waktu yang singkat untuk memperbaiki kerusakan yang parah akibat gempa. Terlebih jika dibandingkan dengan negara kita sendiri. Jepang merupakan salah satu negara yang cukup pandai dalam menghadapi kerusakan akibat gempa.

Gambar jalan yang rusak bersalju

Perbaikan yang dilakukan selama musim dingin sangat menyusahkan

Shannon McCarthy, juru bicara Departemen Transportasi dan Fasilitas Umum Alaska mengatakan kepada USA Today bahwa bagian tersulit adalah memindahkan semua trotoar yang rusak dan meratakan tanah beku. Alaskan biasanya melakukan sebagian besar pemeliharaan jalannya di musim panas, karena paving dan grading jauh lebih sulit dalam cuaca dingin.

Menurut McCarthy, ini adalah kali pertamanya paving dilakukan pada musim dingin. Tetapi mereka tidak menggunakan cara yang biasa digunakan di jalanan. Tidak seperti aspal, pengaplikasian cat harus menunggu musim panas, ketika cuaca lebih ramah dibandingkan saat ini.

Para kru bekerja menghadapi hari-hari dengan hujan salju yang tebal hingga angin sekencang 100 km/jam. Namun cuaca bukanlah satu-satunya unsur alami yang menjadi penghambat. Tanah yang berguncang karena gempa susulan yang hampir konstan terjadi juga menyulitkan pekerjaan.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan di listing Cintamobil.com

Gambar perbandingan jalan yang rusak dan sudah mulus

Perbandingan jalanan yang rusak dan hasilnya

Gempa bumi melanda Anchorage pada Jumat pagi pukul 8:29 pagi waktu setempat. Pada hari Rabu pukul 4 pagi, semua delapan koridor transportasi utama yang telah rusak parah akibat gempa sudah dibuka kembali. Dan sebagai negara yang berada di garis rawan gempa, Indonesia mungkin bisa meniru bagaimana penanganan maksimal Alaska dalam memperbaiki infrastrukturnya paska gempa.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top