Hankook HRS, Teknologi Unggulan Hankook Untuk RFT

17/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Hankook HRS menjadi teknologi yang diunggulan Hankook, produsen ban asal Korea Selatan untuk memaksimalkan kinerja ban run flat sehingga lebih tangguh

Kebocoran ban  dalam perjalanan karena berbagai penyebab menjadi salah satu mimpi buruk yang paling umum dialami oleh para pengemudi kendaraan bermotor. Sebab, kejadian tersebut  berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Menurut penelitian Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pada tahun 2019, 80% kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh ban yang kekurangan tekanan angin sehingga  ban bocor atau pecah dan pengemudi kehilangan kendali atas kendaraannya.

Foto dalaman Ban RFT

Ban RFT yang sudah canggih ternyata bisa dibuat lebih canggih lagi oleh Hankook

Sebagai jawaban permasalahan tersebut, produsen ban asal Korea Selatan, Hankook,  menciptakan ban run-flat dengan teknologi Hankook Run-flat System (HRS). Hasilnya, ban yang bisa digunakan dalam kondisi minim atau tanpa tekanan angin hingga sejauh 80 km dan kecepatan maksimal 80 km/jam. Dengan demikian,  pengemudi  dapat melanjutkan perjalanan  menuju lokasi yang aman untuk mengisikan cairan penambal atau menghubungi layanan darurat.

>>> Mungkinkah Ban RFT Diperbaiki?

Self Supporting

National Sales Manager PT Hankook Tire Sales Indonesia, Apriyanto Yuwono, mengklaim ban run-flat Hankook HRS (Hankook Run-flat System) memiliki fitur SMH (Shock absorption, Maintenance continuity, Heat resistance) sehingga  mampu meredam benturan dengan baik, perawatan berkelanjutan, dan tahan  panas. Sepert ban run flat lain pada umumnya, produk Hankook menganut konstruksi self supporting berupa dinding samping yang  diperkuat sehingga ban tetap mampu menahan beban sekalipun kehilangan tekanan angin secara total.

gambar run flat

Ban run flat Hankook HRS menganut desain self supporting dengan sidewall yang diperkuat

Hankook juga mengklaim ban run flat kreasinya menawarkan kualitas material hasil  riset dan pengembangan berbasis performa berkendara, keselamatan, kenyamanan, dan kondisi lingkungan berdasarkan teknologi Kontrol sehingga menjadi daya saing unggulan dibanding produk sejenis.  Teknologi Kontrol Hankook HRS memanfaatkan  konsep interaksi antara pengemudi, mobil dan jalan.  

TPMS

gambar tpms

TPMS menjadi perangkat penting pendukung RFT  

Untuk memaksimalkan kewaspadaan pengemudi,  ban run-flat Hankook dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Perangkat dengan sistem digital ini dapat memantau dan mendeteksi jika tekanan angin  ban berkurang sehingga  pengemudi  dapat segera melakukan kalkulasi dan mengambil keputusan saat kondisi darurat.

Hankook RFT

Hankook Tire Indonesia menyediakan ban Hankook HRS jenis Ventus S1 Noble2 sebagai salah satu ban run-flat yang dipasarkan di Indonesia. Ban dengan performa premium  ini dilengkapi dengan senyawa  silika baru pada tapak untuk  meningkatkan grip  pada jalan basah dan menurunkan hambatan gelinding.

gambar run flat

Ban run flat Hankook mengadopsi teknologi HRS (Hankook Run-flat System)

Pada sisi lain,  Ventus S1 Noble2 juga dilengkapi dua sabuk baja  untuk meningkatkan kekuatan tapak dan stabilitas kemudi dalam kondisi ban bocor. Selain Ventus S1 Noble2, Hankook juga menyediakan ban Hankook HRS dengan kemampuan run-flat seperti Ventus Prime2, Ventus S1 Evo2 dan Ventus S1 Evo3.

>>> Hankook Senang Indonesia Punya Banyak Jalan Tol

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top