Hampir Terancam, Ini Kenyataan Pahit Industri Mobil Listrik China

21/06/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Hampir Terancam, Ini Kenyataan Pahit Industri Mobil Listrik China
Pemerintah Beijing baru-baru ini mengeluarkan kebijakan, supaya kendaraan energi terbarukan bisa mendapat seperlima porsi penjualan mobil di tahun 2025. Latar belakang tersebut akhirnya menciptakan banyak perusahaan Startup baru di bidang Electric Vehicles (EV). Alhasil, terjadi kompetisi ketat antar Startup lokal China dan juga persaingan langsung menghadapi perusahaan otomotif global seperti Tesla.

Kini, China menjadi tujuan investasi kendaraan listrik terbesar dunia. Kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Beijing seakan memberi angin segar bagi para Startup lokal China dan juga investor asing, untuk mencicipi ‘kue’ tersebut.

Kebijakan Yang Akhirnya Menumbuhkan Startup EV Baru

Di China tercatat ada 330 perusahaan mobil listrik yang sudah teregistrasi secara resmi. Adapun dari angka tersebut hanya ada sekitar 50 perusahaan yang sudah mulai beroperasi.

Startup Mobil EV China mengalami peningkatan, selaras dengan kebijakan Pemerintah Beijing yang menginginkan agar mobil listrik bisa terjual seperlima dari total penjualan

Salah satu contoh mobil EV China

Selama prosesnya, Beijing sudah mengalirkan dana besar-besaran ke industri mobil EV. Bahkan, para Startup juga hendak diberikan subsidi secara langsung dari pemerintah serta kebijakan keringanan pajak. Langkah ini dilakukan semata-mata untuk mencapai target EV yang mendapat seperlima porsi penjualan mobil di tahun 2025

>>> Daihatsu Waspadai Dampak Buruk Mobil Listrik Bagi Indonesia

Kenyataan Pahit Industri EV China

Supaya para Startup tidak sepenuhnya bergantung pada pemerintah, akhirnya diputuskan Beijing akan mengurangi angka subsidi serta meningkatkan standar kendaraan elektrik. Melihat fakta ini, akhirnya banyak Startup EV China memutuskan untuk mulai mencari penggalangan dana dari investor.

Salah satu investor potensial yakni Wei Qing sudah mengunjungi lebih dari 20 perusahaan Startup EV di China. Kepada Reuters, Wei mengungkapkan, “Banyak ketidakpastian dari janji awal yang sudah disampaikan oleh para Startup EV.” Bahkan, Wei memprediksi bahwa hanya sedikit dari Startup tersebut yang akan bertahan. Alhasil, Wei selaku investor mengurungkan niatnya untuk berinvestasi dengan Startup tersebut.

>>> Mobil Listrik Berpotensi Beri Dampak Serius Bagi Pertamina

Mobil EV China belum sepenuhnya siap untuk bersaing antar industri lokal dan juga Tesla

Investor, Wei, berasumsi bahwa banyak Startup EV China tidak konsisten akan janji awal mereka

>>> Punya rencana membeli mobil baru dalam waktu dekat? Simak harga mobil terlengkap di sini

Pernyataan dari Kane Wu selaku responden dari media Reuters, juga menjelaskan banyak fakta pahit di dalam fenomena Startup EV China. “Saya pikir banyak CEO perusahaan Startup EV kurang memahami penggunaan internet, cara menjelaskan ide bisnis dan pengetahuan industri. Mereka sebenarnya tidak mengerti cara membuat mobil.” Tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan Daimler, Volkswagen maupun Mercedes, yang notabene jauh lebih profesional daripada pemain baru seperti Startup EV China.

Dari awal tahun 2019 hingga pertengahan bulan Juni, perusahaan Startup EV China hanya berhasil mengumpulkan dana sebesar $783 ribu. Berbeda dengan tahun sebelumnya, rentang waktu yang sama, terkumpul sebanyak $6 juta. Data tersebut tentu membuktikan bahwa terjadi pengurangan kepercayaan dari investor di tahun ini dibanding tahun lalu.

>>> Ikuti terus berita otomotif terupdate dan terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Buka Pemesanan, Mobil Listrik Honda Ini Dipesan 20.000 Konsumen di Eropa

22/05/2019

Mobil baru

2 menit

Prototipe Honda e, mobil listrik Honda mendapatkan respons yang positif di Benua Biru. Baru saja membuka pemesanan, sudah ada sekitar 20.000 konsumen yang ingin memiliki mobil lucu nan imut ini.

Lihat juga

Untuk Pertama Kalinya, Tol Listrik Hadir Di Jerman

24/05/2019

Pasar mobil

3 menit

Selamat datang di pintu masa depan. Itulah kiranya kesan pertama ketika mengetahui kebijakan tol listrik di Jerman. Langkah tersebut diambil baru-baru ini dan sudah mulai masuk dalam tahap uji coba di jalan raya Jerman. Tentu, pergerakan inovatif ini akan diadaptasi oleh berbagai negara lainnya dalam beberapa tahun ke depan. Kira-kira apa canggihnya?

Lihat juga

Indonesia Siap Sambut Era Elektrifikasi Kendaraan, Inilah 10 Mobil Listrik Yang Dapat Anda Beli Mulai Tahun 2020

26/05/2019

Jual beli

3 menit

Indonesia sedang bersiap-siap dalam menyambut era kendaraan listrik di tanah air kita. Hal ini terbukti dari adanya beberapa universitas melakukan riset dan pengembangan terhadap kendaraan listrik. Indonesia siap sambut era kendaraan listrik, so inilah 10 mobil listrik yang dapat Anda beli mulai tahun 2020.

Lihat juga

Mulai Bermunculan di Tanah Air, Ini Kekurangan Nyata Mobil Listrik

25/04/2019

Pasar mobil

Punya status sebagai kendaraan ramah lingkungan, mobil hybrid bukan berarti tak ada yang negatif. Salah satu kekurangan nyata mobil listrik adalah mobil ini tanpa suara sehingga membahayakan pengguna jalan lain.

Lihat juga

Pertimbangkan 10 Hal Ini Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Listrik

07/05/2019

Jual beli

Bukan hanya mobil konvensional saja yang perlu pertimbangan matang saat membelinya, mobil listrik juga demikian. Anda harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskan membeli mobil listrik agar di kemudian hari tidak mengalami hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Lihat juga
 
back to top