Hamilton Menangi Balapan Penuh Insiden di F1 GP Tuscan

14/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Hamilton Menangi Balapan Penuh Insiden di F1 GP Tuscan
Akhir pekan menarik tersaji di Sirkuit Mugello yang diwarnai insiden, Lewis Hamilton finis terdepan dengan pembalap Red Bull asal Thailand, Alexander Albon, meraih podium F1 pertamanya.

Dalam balapan yang menjadi perayaan balapan ke-1000 Scuderia Ferrari, Hamilton tampil perkasa untuk kembali menuntaskan F1 GP Tuscan di posisi pertama. Sang juara bertahan mengungguli rekan satu timnya, Valtteri Bottas, dan Albon di posisi tiga.

Di sisi lain, duet Ferrari Charles Leclerc dan Sebastian Vettel hanya finis di posisi ke-8 dan ke-10. Meski keduanya menorehkan poin, ini bukanlah hasil yang diharapkan tifosi, khususnya di F1 GP Tuscan yang menjadi perayaan balapan ke-1000 tim. 

>>> Maseratti hadirkan MC20, supercar dengan mesin berteknologi F1

Jalannya balapan

Start dari posisi kedua, Bottas langsung merangsek ke posisi terdepan mengungguli Hamilton, diikuti Leclerc yang naik dua posisi menjadi P3 di tikungan pertama. Di sisi lain, Max Verstappen kembali mengalami masalah di powertrain mobilnya alhasil pembalap Belanda itu terlempar dari 10 besar setelah Tikungan pertama. 

Insiden pertama di GP Tuscan 2020 pada awal balapan

Insiden pertama selepas start menyeret Max Verstappen

Kesialannya makin lengkap setelah terlibat insiden di belokan selanjutnya, yang melibatkan pemenang GP Italia 2020, Pierre Gasly, Romain Grosjean, dan Vettel. Grosjean dan Vettel masih bisa melanjutkan balapan, dan Safety Car Mercedes-AMG yang dikelir merah itu pun langsung mengawal balapan.

Lap 7, balapan akan kembali dimulai. Namun insiden kembali terjadi yang dipicu oleh pembalap terdepan, Bottas dan Hamilton, yang belum tancap gas dan memicu kekacauan di belakang.

Antonio Giovinazzi yang telat bereaksi menghantam bagian belakang HAAS milik Kevin Magnussen, insiden ini juga melibatkan Carlos Sainz dan Nicolas Latifi, dan membuat balapan dihentikan selama 25 menit.

Insiden kedua di GP Tuscan 2020

Insiden kedua yang memicu balapan dihentikan selama hampir 30 menit

Dua insiden ini membuat tujuh mobil gugur di 10 putaran awal F1 GP Tuscan, dan menyisakan 13 pembalap tersisa untuk menuntaskan balapan sebanyak 59 Lap ini. Berbeda dari start pertama, kali ini Hamilton berhasil mengungguli Bottas saat restart, dan duet Mercedes-AMG mulai memisahkan diri dari grup besar. 

Di belakangnya terdapat Leclerc yang susah payah menahan gempuran pembalap di belakang yang mengincar posisi ketiganya. Namun, defisit tenaga mobil Ferrari di lurusan membuat pembalap Monako itu tak bisa berbuat banyak, dan kehilangan empat posisi sebelum kembali masuk pit di Lap 18 untuk mengganti ban kompon Hard.

Mobil Safety car Mercedes-AMG GT

Total, tiga kali safety car keluar sepanjang F1 GP Tuscan

Memasuki pertengahan balapan, jarak Bottas ke Hamilton semakin jauh menjadi 7 detik. Pembalap Finlandia itu sudah mulai bermasalah dengan grip ban, dan masuk pit pada Lap 31 untuk memakai ban Hard.  Hamilton menyusul satu lap kemudian dengan strategi yang sama persis seperti Bottas. Dan keluar dengan keunggulan sekitar 6 detik. Perang strategi pit juga terjadi di belakang untuk memperebutkan posisi ketiga.

Pembalap Renault, Daniel Ricciardo yang saat itu masuk pit Lap 27 untuk mengganti ban. Disusul Stroll tiga lap berselang, dan Albon di Lap 31. Ricciardo berhasil melakukan undercut dan merebut posisi tiga dari Stroll, dengan Albon membuntuti keduanya setelah ketiganya melakukan pit.

Kecelakaan Lance Stroll di GP Tucsan 2020

Balapan kembali dihentikan setelah insiden yang dialami Stroll di paruh akhir balapan

Balapan kembali berhenti Lap 44 saat Stroll mengalami kecelakaan parah di Tikungan 9 setelah kehilangan kendali atas RP20 nya, diduga pecah ban. Untungnya, pembalap asal Kanada itu dapat keluar dari mobil tanpa bantuan, namun balapan kembali dihentikan untuk kedua kalinya.

Di restart ketiga, yang kini prosedurnya diubah menjadi standing start, Hamilton mempertahankan posisi terdepan. Sementara itu, Bottas kehilangan posisi kedua usai didahului Ricciardo, namun pembalap Mercedes-AMG itu dapat kembali merebut posisi kedua satu lap berselang.

Bottas langsung mengejar Hamilton di posisi terdepan, namun ia tak mampu mengejar rekan satu timnya yang finis pertama dengan keunggulan 4,8 detik dengan tambahan satu lap berkat fastest lap.

Alex Albon menyalip Daniel Ricciardo untuk posisi ketiga

Saat balapan kembali dimulai, Albon merangsek dua posisi untuk meraih podium pertamanya di F1

Persaingan lebih menarik justru terjadi untuk podium yang melibatkan Ricciardo, Perez, dan Albon. Pembalap Red Bull asal Thailand itu menyalip dua pembalap di depannya untuk menuntaskan balapan di posisi ketiga, podium pertamanya bersama Red Bull Racing-Honda.

Pembalap McLaren, Lando Norris, berhasil menuntaskan balapan di posisi keenam, diikuti Daniil Kvyat di peringkat ketujuh. Leclerc finis kedelapan, diikuti Kimi Raikkonen dan Vettel melengkapi 10 besar.

Hasil balap F1 GP Tuscan 2020

Hasil balap F1 GP Tuscan 2020

Sempat berada di posisi kedelapan sebelum red flag, pembalap Williams George Russell harus rela pulang dengan tangan kosong setelah finis ke-11, ia unggul atas Grosjean yang menuntaskan balapan di P12.

>>> Berita pasar mobil terbaru 2020 di Indonesia

Kemenangan ke-100 the Silver Arrows

Ironisnya, F1 GP Tuscan yang merupakan balapan ke-1000 Ferrari jadi tempat di mana Mercedes-AMG kemenangan ke-100, sebuah pencapaian impresif mengingat tim satu ini baru memulai debutnya di F1 pada 2010.

Kemenangan ke-100 Mercedes-AMG di F1

Mercedes kini jadi tim terukses di F1 dengan torehan 110 kemenangan, 97 di antaranya sejak 2014

Ditambah 10 kemenangan di tahun 1954-1955, total pabrikan berjuluk The Silver Arrows total menorehkan 110 kemenagan, dengan 97 di antaranya didapat di era hybrid, yakni sejak tahun 2014.

Hasil ini juga mengokohkan posisi Hamilton di klasemen pembalap dengan 190 poin, unggul 55 poin dari Bottas (135), dan 80 poin atas Verstappen (110). Kombinasi poin Hamilton dan Bottas juga menempatkan Mercedes-AMG di posisi teratas dengan 325 poin, unggul 152 poin atas Red Bull-Honda dengan 173 poin.

Klasemen pembalap setelah GP Tuscan

Klasemen pembalap setelah F1 GP Tuscan

Sudah 9 balapan berlangsung, F1 musim 2020 sudah memasuki tengah musim. Balapan selanjutnya akan digelar di Sirkuit Socchi, Russia pada 25 September mendatang.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Mesin Honda F1 Jadi Senjata Rahasia Pierre Gasly Juara Di Kandang Ferrari

07/09/2020

Event - Promosi

5 menit

Mesin Honda F1 menjadi salah satu senjata rahasia Pierre Gasly dari tim Scuderia Alphatauri Honda untuk mencuri kemenangan perdananya di kandang Ferrari

Lihat juga

F1 GP Italia: Mercedes Tercecer, Gasly Sensasional

07/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Gelaran F1 GP Italia menghadirkan pertarungan menarik. Duo Mercedes terlempar dari persaingan dengan Pierre Gasly mencatat kemenangan pertamanya di Formula 1 bersama Scuderia Alpha Tauri-Honda.

Lihat juga

Williams F1: Akhir Dari Tim Tradisional Sarat Prestasi

05/09/2020

Pasar mobil

10 menit

Akhir pekan ini berlangsung F1 GP Italia, namun di saat bersamaan balapan ini juga menjadi akhir dari sebuah era tim Formula 1 tradisional asal Inggris yang sangat sukses, Williams F1.

Lihat juga

F1 GP Belgia: Hamilton Jumawa, Ferrari Tercecer

31/08/2020

Pasar mobil

5 menit

Lewis Hamilton kembali meraih hasil maksimal dengan finis pertama di F1 GP Belgia. Sementara itu, Scuderia Ferrari gagal mendulang satupun poin dari sirkuit Spa-Francorchamps.

Lihat juga

F1 GP Spanyol: Lanjutkan Dominasi, Hamilton Torehkan Kemenangan ke-88

17/08/2020

Pasar mobil

5 menit

Sempat dihentikan Max Verstappen, Lewis Hamilton lanjutkan dominasi dengan memenangi balapan keempatnya musim ini, dan ke-88 sepanjang kariernya di F1 GP Spanyol 2020.

Lihat juga