Arab Saudi Larang Mobil Pribadi dan Berjalan Kaki untuk Ibadah Haji 2021

17/07/2021

Pasar mobil

2 menit

Untuk memastikan penyelenggaran Haji 2021 berjalan baik dan lancar di masa pandemi, Arab Saudi mempersiapkan bus dan melarang penggunaan mobil pribadi.

Untuk kali kedua, Arab Saudi membatasi peserta Haji tahun ini. Mereka juga sudah mempersiapkan rencana final untuk ibadah Haji 2021 yang dimulai pada hari Sabtu (17/7/2021) hari ini. Peraturan ini menyebutkan bahwa setiap peserta akan mendapatkan akomodasi berupa bus, serta melarang penggunaan mobil pribadi serta berjalan kaki.

Hanya gunakan bus

Hanya ada 60.000 jemaah haji yang diperbolehkan untuk menyelenggarakan rukun Islam kelima tersebut. Dibandingkan dengan tahun 2019 sebelum pandemi dimana peserta mencapai 2.5 juta orang melaksanakan ibadah Haji. Dilansir dari The National News, jemaah Haji dipersiapkan untuk datang ke Mekah pada hari ini,

"Semua jemaah harus menuju ke empat titik berkumpul, di mana mereka akan naik bus ke masjid suci Mekah untuk memulai ritual haji mereka," kata Mayor Jenderal Zayed Al Tuwan, komandan Pasukan Keamanan Haji dalam pernyataannya pada hari Rabu (14/7/2021) lalu.

bus untuk jamaah haji 2021 yang sedang melakukan haji
Bus dipersiapkan untuk mengangkut jemaah haji 2021

>>> Dealer dan Bengkel Daihatsu Batasi Operasional Selama PPKM Darurat

Ia melanjutkan bahwa ada 2.500 armada bus yang akan digunakan untuk melakukan 26.000 kali perjalanan antara tempat-tempat suci yang akan didatangi oleh jemaah. Jemaah akan diberi nama kode warna, yaitu merah, hitam, hijau, dan kuning. Setiap kelompok memiliki bus dan sudah ditunjuk dengan akomodasi terpisah.

“Tidak ada yang diizinkan menggunakan mobil pribadi untuk pergi ke tempat-tempat suci, bahkan jika mereka memiliki izin haji. Setiap orang harus menggunakan bus yang ditugaskan," kata Mayjen Al Tuwan lebih lanjut.

>>> Denda Pajak Kendaraan Dihapus Selama PPKM Darurat, Ini Syaratnya!

Denda dan hukuman penjara

Pada tahun-tahun sebelumnya, peserta haji bisa berjalan kaki dari Mina ke Arafah lalu ke Muzalifa. Tapi untuk ibadah haji tahun ini, semua peserta harus menggunakan bus. Pihak berwenang juga dipersiapkan untuk memastikan tidak ada penyusup yang bisa masuk ke area Masjidil Haram maupun tempat suci lainnya.

"Semua titik masuk diamankan dengan mobil polisi dan petugas polisi. Bahkan lokasi yang jauh dari jalan-jalan utama dan pemukiman seperti lembah dan pegunungan yang sepi dan situs lainnya diamankan," kata Mayjen Al Tuwan.

social distancing haji 2021 yang ada di Masjidil Haram
Haji 2021 memberlakukan social distancing dengan jarak 1,5 meter

Untuk memastikan social distancing, ada 25 jalur lingkaran tawaf di Masjidil Haram dengan jarak 1,5 meter. Ini juga menjadi kali pertama teknologi baru juga digunakan untuk mengkonfirmasi identitas jemaah haji 2021 Jika kartu identitas hilang, mesin sidik jari digunakan untuk mengkonfirmasi apakah jemaah terdaftar pada haji tahun ini atau tidak.

Kamera termal dan CCTV juga dipersiapkan di tempat-tempat suci. Denda berat menanti siapapun yang melanggar aturan ini. Arab Saudi mempersiapkan denda 10.000 riyal atau hampir mencapai Rp 40 juta serta hukuman penjara.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top