Hadapi Perusahaan Cina, Toyota Gandeng Panasonic untuk Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik

26/01/2019

Pasar mobil
Hadapi Perusahaan Cina, Toyota Gandeng Panasonic untuk Kembangkan Baterai Kendaraan Listrik
Dengan rencana untuk memproduksi kendaraan listrik di masa depan, Toyota merangkul Panasonic untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik yang lebih besar dengan jangkauan yang lebih jauh.

Toyota dan pemasok baterai kendaraan listrik (EV), Panasonic dikabarkan telah melewati tahap eksplorasi untuk bersama-sama memproduksi baterai EV. Kerjasama ini datang sebagai reaksi terhadap persaingan dengan perusahaan asal Cina yang membayangi. Sebagaimana diberitakan oleh Reuters, usaha ini sebagian besar akan dimiliki oleh Toyota dengan 51 persen saham. Sedangkan Panasonic akan memiliki 49 persen lainnya.

pemimpin Toyota dan Panasonic memakai jas dengan latar Toyota dan Panasonic

Tesla dan Panasonic sepakat gabungkan tenaga untuk produksi baterai kendaraan listrik

Baterai yang diproduksi dari hasil gabungan ini disebut akan memasok sebagian besar dari satu juga mobil listrik dan kendaraan listrik bahan bakar sel (Fuel-Cell Electric Vehicle) Toyota yang ingin dijual perusahaan pada 2030. Tidak hanya memasok baterai untuk Toyota, kerjasama ini juga akan memproduksi baterai untuk kendaraan listrik buatan mitra Toyota, seperti Subaru dan Mazda.

>>> Penikmat Setia Toyota Sienta se-Depok Bogor Tamasya ke Dieng

Toyota dan Panasonic mengumumkan kemitraan pada 2017 untuk membuat baterai sel prismatik, yang memiliki kepadatan energi lebih besar daripada baterai sel silinder yang digunakan oleh Panasonic untuk baterai yang dijual ke Tesla. Kedua perusahaan melaporkan mengakui kemitraan ini sendiri-sendiri ketika dihubungi oleh Reuters.

Panasonic saat ini merupakan pemasok baterai tunggal untuk Tesla Motors. Tetapi menurut laporan, Tesla sedang berusaha untuk membuat sendiri baterai mobil listrik dengan berharap pada sumber sel dari pemasok lokal untuk kendaraan buatan Cina.

>>> Berita pasar mobil lainnya bisa Anda dapatkan di sini

baterai Panasonic berwarna silver dengan lambang Tesla

Panasonic menjadi salah satu pemasok baterai untuk kendaraan listrik Tesla

Perusahaan juga berharap menemukan alternatif bebas kobalt untuk baterai lithium-ion, karena kelangkaan kobalt dan kenyataan bahwa banyak pasokan dunia berasal dari Kongo, dimana seringkali anak-anak yang menambang material tersebut.

Salah satu penerus baterai lithium-ion bisa berupa baterai solid-state yang memiliki kepadatan energi lebih besar namun resiko kebakaran yang lebih rendah. Meskipun begitu, pengembangan untuk produksi masal disebut masih lama. Pasalnya, seorang eksekutif Panasonic meramalkan bahwa teknologi ini setidaknya satu dekade lagi untuk dijual secara komersial.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top