Hadapi Kenaikan BBN KB Kendaraan di DKI, DFSK Siapkan Strategi Jitu

29/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Hadapi Kenaikan BBN KB Kendaraan di DKI, DFSK Siapkan Strategi Jitu
Kabar kenaikan BBN KB menuai banyak respon, termasuk dari DFSK. Merek otomotif asal China ini mengaku siap untuk menghadapi. DFSK bahkan telah mempersiapkan strategi khusus agar kenaikan harga tidak sampai berpengaruh pada penjualan.

BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) di DKI bakal naik 2,5 persen, dari yang sebelumnya hanya 10 persen menjadi 12,5 persen. Kondisi tersebut 'memaksa' para APM untuk siap menghadapi dengan strateginya masing-masing. Termasuk Sokonindo Automobile selaku agen pemegang merek resmi milik DFSK, meskipun kenaikan BBN KB tersebut baru akan mulai berlaku pada bulan Juli mendatang namun pihaknya sudah mempersiapkan strategi yang jitu untuk menghadapinya.

Foto menunjukkan Rincian Pajak STNK kendaraan bermotor

Kenaikan BBN KB diprediksi berpengaruh pada penjualan kendaraan bermotor

Dan kabarnya, strategi tersebut diyakini bakal bisa menyelamatkan konsumen yang akan membeli mobil baru DFSK di wilayah DKI Jakarta."Artinya gini apakah nantinya kami akan naikkan (harga) atau subsidi, lihat nanti tanggal mainnya. Tapi sekali lagi ini belum keputusan," tutur Marketing General Manager Sokonindo Automobile, Permata Islam di sela-sela acara peresmian diler baru DFSK Serang, Banten, Kamis (27/6/2019) lalu.

>>> Resmi, Pemerintah Turunkan Pajak Mobil Mewah

Selain itu, pria yang akrab disapa Artha ini juga mengungkapkan bahwa hingga sampai saat ini pihak perusahaan masih belum menentukan secara pasti apakah kenaikan harga ataupun memberikan subsidi, yang jelas perusahaan masih mempelajari kemungkinan-kemungkinan risiko yang bakal diambil, mengingat kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya merupakan salah satu daerah yang potensial untuk penjualan DFSK.

Menurut Artha, dalam penjualan nasional DFSK setidaknya kawasan wilayah Jakarta dan sekitarnya mampu meraih pangsa pasar terbaik dan menyumbang sebesar 40 persen penjualan.  

Khabar tentang kenaikan BBN KB di wilayah DKI Jakarta memang sudah mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak termasuk Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta. Selain untuk membatasi angka kepemilikan kendaraan, dengan kenaikan tarif BBN tersebut pemerintah berupaya menambah pemasukan daerah melalui pajak kendaraan bermotor.

>>> Berita pasar mobil bisa Anda dapatkan hanya di Cintamobil.com

Foto menunjukkan aktivitas di salah satu kantor Samsat di Indonesia, antre membayar pajak

Ada kenaikan BBN KB, pajak kendaraan bermotor makin mahal

Selain di DKI, kenaikan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor sebesar 2,5 persen juga sudah mulai disetujui oleh Badan Pendapatan Daerah (BPD) wilayah Jawa dan Bali. Dan rencananya peraturan kebijakan tersebut akan diterapkan atau berlaku mulai bulan Juli 2019 mendatang.

"Jadi apapun keputusan atau program yang dicanangkan pemerintah, kami terus dorong dan support. Tentu apakah ada penyesuaian dengan harga tentunya akan kami kalkulasi ulang," kata dia.

Selain itu Artha juga mengatakan, bahwa dampak dari pada kenaikan BBN KB terhadap penjualan mobil DFSK masih terlalu dini untuk dibicarakan. Akan tetapi Ia berharap meskipun pajak balik nama mengalami kenaikan nantinya tetap tidak akan mengurungkan niat calon konsumen dalam membeli mobil DFSK.  

"Ya saya rasa kalau bicara itu ya kebutuhan masyarakat. Bagaimana juga contoh lain misal ada kenaikan tetap harus dikonsumsi. Jadi saya rasa logika sama. Jadi kalau ada penyesuaian harga, dan kenaikan BBN yang ditentukan pasti masyarakat tidak akan keberatan," ungkap Artha.

>>> Pertama, Diler DFSK Berdiri di Serang Banten

Foto pengenalan Glory 560 bersamaan dengan peresmian diler baru DFSK Serang Banten

DFSK siap menerapkan strategi untuk menghadapi kenaikan BBN KB

>>> Berita otomotif terkini lainnya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Pertama, Diler DFSK Berdiri di Serang Banten

28/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Warga Kota Serang Banten tak perlu lagi jauh-jauh ke Jakarta buat membeli Glory 580 maupun Glory 560. Diler DFSK pertama di Serang kini telah resmi berdiri dan konsumen bisa lebih mudah untuk mendapatkan layanan penjualan maupun perawatan dan suku cadang.

Lihat juga

Serius Kenalkan Glory 560 ke Masyarakat, DFSK Tambah Outlet di Kota Bandung

25/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Peluncuran Glory 560 di pameran IIMS 2019 terus diikuti dengan peluncuran di berbagai daerah. Setelah Makassar dan Palembang, kini giliran DFSK meluncurkan Glory 560 di kota Bandung sekaligus meresmikan outlet baru yang juga outlet ketiganya di ibu kota Jawa Barat tersebut.

Lihat juga

Diler Baru DFSK Sriwijaya Motor Resmi Berdiri di Palembang, Siap Memberikan Layanan Maksimal

24/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Dongfeng Sokon (DFSK) melebarkan sayap ke Bumi Sriwijaya dengan meresmikan diler baru DFSK Sriwijaya Motor di Kota Palembang. Diler baru yang menjadi satu-satunya diler DFSK tersebut siap memberikan layanan maksima kepada warga Palembang dan Sumatera Selatan dalam hal penjualan hingga layanan purna jual.

Lihat juga

Gimana Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak Mobil?

16/06/2019

Jual beli

8 menit

Mungkin banyak dari Anda selalu membayar pajak mobil tepat waktu. Namun tak sedikit juga lupa dan terlat membayar. Jika begitu, berapa denda pajak mobil itu ya?

Lihat juga

Mobil Mahal Pajaknya Mahal? Lihat Dulu Harga Pajak Lamborghini Gallardo LP550-2 Ini

11/06/2019

Jual beli

4 menit

Sebagai salah satu mobil terlaris Lamborghini, Gallardo memiliki banyak fans di Indonesia. Bagi Anda yang ingin memiliki mobil ini, lihat dulu harga pajak salah satu Gallardo yang cukup marak di jalanan Tanah Air, Lamborghini Gallardo LP550-2.

Lihat juga

BBNKB Naik Hanya di Daerah Tertentu Bisa Membingungkan Konsumen

20/03/2019

Pasar mobil

Jangan heran jika melihat harga mobil baru di Banten kini menjadi lebih mahal. Pasalnya, ada kenaikan BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) yang berlaku semenjak 11 Maret 2019 lalu. Konsumen diharapkan tidak kebingungan melihat harga yang berlaku setelah BBNKB naik tersebut

Lihat juga
 
back to top