Hadapi Facelift Avanza Tahun Depan, Mitsubishi: Kami Siap!

13/12/2018

Pasar mobil
Share this post:
Hadapi Facelift Avanza Tahun Depan, Mitsubishi: Kami Siap!
Sekelumit cerita tentang Toyota dengan Avanza dan Mitsubishi dengan Xpander: sang raja yang ingin mempertahankan tahtanya. Namun sang penantang tak ingin kalah.

Toyota Avanza telah lama menjadi pemuncak dalam segmen low MPV di Indonesia selama beberapa tahun belakangan. Namun beberapa bulan terakhir, tersebut nama Mitsubishi Xpander yang siap meruntuhkan kejayaan Avanza. Tidak mau kalah banyak, Avanza kembali menunjukan taringnya akhir 2018. Dan akhirnya, Toyota mengumumkan akan mengeluarkan pembaruan Avanza tahun depan.

Beberapa media juga sudah memperlihatkan siluet yang menggambarkan prediksi tampilan luar versi facelift Avanza. Tetapi belum ada yang benar-benar tahu apa saja yang akan diubah dalam hal pengemudian atau teknologi dan fitur Avanza versi terbaru.

Gambar desain Avanza baru berwarna putih

Salah satu render yang menunjukan prediksi muka Avanza facelift

>>> Pilih Mana, Tunggu Avanza-Xenia Model Baru Atau Model Lama Diskon Rp 30 Juta

Namun Mitsubishi sepertinya tidak terlalu khawatir dengan rencana peningkatan tersebut. MMKSI disebut sudah mempersiapkan kendaraannya untuk menghadapi edisi facelift Avanza tahun depan.

Sebagaimana dijelaskan oleh Imam Choeru Cahya selaku Head of Sales and Marketing Group MMKSI, “Tentunya kami sudah membaca itu (kemunculan Avanza baru). Jadi, kami buat strategi-strategi, bagaimana menangkal itu. Tunggu tanggal mainnya.”

Selain Avanza, Kijang Innova masih menjadi salah satu penarik uang Toyota tahun ini

Toyota memang perlu memberikan peningkatan bagi Avanza. Tidak hanya dalam penjualan. Mitsubishi Xpander berhasil menyingkirkan Avanza dan Honda Mobilio dengan menjadi kendaraan operasional awak kabin Garuda Indonesia pada terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dengan 401 unit Xpander varian GLS tipe manual, kerjasama ini adalah bisnis fleet terbesar low MPV milik Mitsubishi.

>>> Berita mobil baru dari dalam dan luar negeri ada di sini

Namun masalah yang harus dihadapi oleh Mitsubishi bukan hanya dari luar. Harga Xpander yang diyakini akan mengalami kenaikan tahun depan – dengan beberapa kenaikan tahun ini – disebut akan membuat konsumen mulai berfikir. Meskipun perubahan harga bisa mengindikasikan penambahan fitur, tentu saja hal ini masih menjadi problematika tersendiri.

Gambar Mitsubishi Xpander

Dengan berbagai perubahan, Xpander siap menghadapi facelift Avanza

Selain itu, permintaan yang tinggi juga membuat pemesanan Xpander menjadi terhambat. Imam juga menyebutkan bahwa ia belum mengetahui pasti karena banyaknya unit Xpander yang belum mendapatkan mobil mereka. Akumulasi SPK Xpander sebelumnya tercatat 115 ribu unit. Namun Imam mengungkapkan telah terjadi pengurangan. "Kami sudah antarkan unit ke konsumen lebih kurangnya 85 ribu unit. Kalau dihitung kami masih kurang sekitar 12 ribu unit yang harus kami suplai ke konsumen.”

Persaingan untuk segmen segmen terpopuler di Indonesia akan mengalami masa panas tahun depan. Dengan berbagai mobil baru yang datang dan pergi, menarik untuk dilihat bagaimana pergerakan masing-masing produsen untuk membaca pasar dan menggaet lebih banyak konsumen tahun depan.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top