Gunung Meletus di Hawaii, Perhatikan Bagaimana Lava Menghancurkan Mobil Ini

11/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Gunung Meletus di Hawaii, Perhatikan Bagaimana Lava Menghancurkan Mobil Ini
Hawaii bisa dibilang salah satu surga dunia yang dikenal dengan keindahan pantainya. Tapi tidak ada yang sempurna. Hawaii kembali digoncang letusan gunung berapi dan kali ini mengeluarkan lava yang merusak. Dan bukan hanya rumah, sebuah video menunjukan bagimana lava menghancurkan mobil putih di tepi jalan.

Kilauea di Hawaii bukanlah jenis gunung berapi yang biasa-biasa saja. Setelah mendidih dan bergelembung selama sekitar 35 tahun, gunung berapi aktif ini mengirimkan lava super panas yang menyembur melalui retakan tanah, menghancurkan segala yang menghalangi jalurnya. Sebuah mobil sedan pun menjadi korban.

Lava terus berjalan dan menghancurkan mobil ini

Rekaman yang beredar di sosial media di atas menunjukan dengan tepat apa yang terjadi ketika mobil bertemu dengan lava panas: bergerak lambat dan pasti hancur. Lava, tertutup kerak hitam, perlahan mengalir menuju mobil yang berhenti di sisi jalan Hawaii. Api meletus seketika batuan cair tersebut menyentuh kendaraan.

>>> Baca juga Bus pariwisata menabrak 7 mobil di Puncak

Ini adalah salah satu contoh terbaru dari kehancuran yang disebabkan oleh gunung berapi yang sudah memuntahan lava sejak Kamis lalu, waktu setempat. Para ilmuwan awal pekanl ini mengatakan ada sedikit penurunan tekanan yang memaksa lava ke permukaan, tapi kemungkinan jedanya hanya sementara.

Ahli vulkanologis Universitas Dennison, Erik Klemetti, mengatakan bahwa erupsi serupa di Kilauea telah memanas selama bertahun-tahun. "Ini akan memakan waktu lama sebelum Anda dapat mengatakan dengan pasti apakah semuanya sedang mereda," jelasnya.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Kilauea adalah bayi gunung berapi, termuda diantara barisan gunung berapi di Hawaii. Meskipun begitu, ‘anak bungsu’ ini menjadi yang paling aktif dari lima gunung berapi di pulau terbesar di Hawaii. Telah meletus terus menerus sejak 1983 tapi tidak dengan semburan lava ke langit.

Gambar yang menunjukan semburan letusan gunung berapi Kilauea di Hawaii

Letusan gunung berapi bisa dilihat menjunjung tinggi

Pada tanggal 30 April, para ilmuwan mendapatkan tanda pertama bahwa letusan akan terjadi. Lantai kolam lava puncak memiliki ‘kegagalan katastropik’, memaksa magma di bagian timur gunung berapi mencari jalan keluar yang menciptakan serangkaian gempa bumi kecil. Magma lolos dalam ‘air mancur api’ dari pemotretan lava setinggi 70 meter, pada Kamis waktu setempat. Diikuti dengan sembilan semburan lainnya hingga saat ini.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top