Gunther Werks 993 Speedster, Sensasi Modern Klasik Beratap Terbuka

16/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Tren Restomod nampaknya semakin berkembang di tahun 2021, kini giliran Gunther Werks yang menampilkan sebuah Porsche 993 Speedster bergaya modern klasik.

Ajang The Quail dalam Monterey Car Week memang selalu menampilkan mobil-mobil yang menarik. Gunther Werks, perusahaan restomod asal California, Amerika Serikat pun menggunakan kesempatan tersebut untuk memamerkan kreasi terbaru mereka.

Gunther Werks membawa Porsche 993 Speedster yang merupakan sebuah remaster dari mobil yang hanya diproduksi 2 unit sepanjang masa. Satu dibuat untuk desainer 911, Butzi Porsche dan yang satu lagi adalah pesanan dari stand-up comedian sekaligus kolektor Porsche garis keras, Jerry Seinfeld.

Apa Itu Gunther Werks?

Gambar Gunther Werks 993 Speedster Remastered

Tampak samping 993 Speedster Remastered

Gunther Werks merupakan perusahaan restomod yang berfokus pada reimajinasi Porsche 993, perusahaan tersebut didirikan oleh Peter Nam, pendiri rumah modfifikasi Vorsteiner.

>>> Radford 62-2, Mobil Retro Karya Perusahaan Milik Mantan Pebalap F1

Melakukan reimajinasi terhadap Porsche memang bukan sesuatu yang baru, Singer telah mempopulerkan bisnis yang serupa dengan menggunakan platform 964.

Jika Singer bertujuan untuk menggabungkan semua elemen 911 terbaik ke dalam satu mobil sebagai surat cinta terhadap mobil tersebut, Gunther Werks membawa Porsche air-cooled generasi terakhir dan merubahnya menjadi sebuah 'GT3 RS' dengan teknologi modern.

Gambar Porsche Singer

Tren restomod mulai merebak setelah Singer memperkenalkan reimajinasi Porsche 911 kreasi mereka

GW 993 Speedster yang dipamerkan di Monterey Car Week ini merupakan salah satu contoh terbaik dari konsep yang diusung oleh perusahaan restomod tersebut.

Porsche 993 'Remastered'

Peter Nam bersama timnya memilih untuk menghilangkan atap dari 993 Carrera dan menjadikannya sebuah Speedster. Tak ada lagi bodi asli bawaan mobil tersebut karena semua panel digantikan dengan serat karbon yang dilabur warna Peninsula Cypan dengan aksen Mandarin Orange.

>>> Rayakan 25 Tahun Manthey Racing, Porsche Luncurkan 911 GT2 RS Spesial

Bagian bumper didesain kembali dengan sentuhan modern dan disempurnakan dengan yang juga berbahan serat karbon. Untuk mempertahankan nuansa klasiknya, mobil ini menggunakan spion bulat yang berbahan aluminium. Begitu pula dengan velg aluminium yang terinspirasi oleh velg Fuchs yang biasa digunakan oleh Porsche 911 klasik.

Gambar 993 Speedster Remastered

Seluruh bodi mobil terbuat dari bahan serat karbon yang ringan

Beralih ke bagian belakang, 993 Speedster Remastered ini menggunakan ducktail yang lagi-lagi terinspirasi dari 911 klasik, namun dipadukan dengan unsur modern dari knalpot di bagian tengah bumper yang menjadi ciri khas GT3 RS modern.

Dengan seluruh bodi yang terbuat dari serat karbon, mobil ini hanya memiliki berat 1.175 kilogram! Berbekal mesin 6-silinder 4,0 liter yang bertenaga 435 HP dengan torsi 454 Nm, 993 Speedster Remastered menjanjikan sensasi mengemudi yang menyenangkan.

Sektor kaki-kaki juga mendapat sentuhan teknologi modern dengan suspensi adaptif lansiran JRZ yang menawarkan tiga mode untuk dipilih, Compose, Sport, dan Sport Plus.

Anti-roll bar depan dan belakang berasal dari Eisenlohr Racing, dan ada strut brace di bagian depan mobil. Untuk memastikan mobil ini memiliki pengereman yang mumpuni, ada kaliper enam piston dan empat piston dari Brembo di depan dan belakang.

>>> John Mayer Promosi Album Baru Naik Porsche 911 GT3

Gambar Interior 993 Speedster Remastered

Bagian interior juga ikut terkena sentuhan modern klasik

Gunther Werks hanya memproduksi 25 unit 993 Speedster Remastered. Perakitan untuk konsumen akan dimulai pada awal 2022.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top