Gunakan Sirkuit Jalanan, Pertama Kalinya Vietnam Masuk Dalam Rangkaian F1 2020

10/11/2018

Pasar mobil
Share this post:
Mengikuti Singapura dan Malaysia yang lebih dulu menjadi penyelenggara Formula 1, Vietnam akan menjadi negara Asia Tenggara ketiga yang akan host, tepatnya pada gelaran F1 2020.

Gelaran F1 2020 yang akan diselenggarakan di Vietnam adalah balapan baru pertama yang diumumkan di bawah kepemilikan Liberty Media. Dalam pernyataan resminya, Grand Prix Vietnam mewakili komitmen kuat Formula 1 ke kawasan Asia yang sebelumnya diwakili Singapura, Cina, dan Jepang.

"Kami senang untuk mengumumkan bahwa Hanoi akan menjadi tuan rumah Grand Prix Formula Satu," kata Presiden dan CEO Formula 1 Chase Carey menjelaskan. "Sejak kami terlibat dalam olahraga ini pada tahun 2017, kami (Liberty Media) telah berbicara tentang pengembangan kota-kota tujuan baru untuk memperluas daya tarik Formula One dan Grand Prix Vietnam adalah realisasi dari ambisi tersebut.”

>>> IIMS Surabaya 2018: Jadwal Acara, Harga Tiket, Promo dan Informasi Lengkap

Gambar yang menunjukan sirkuit Hanoi

Sirkuit Hanoi yang akan digunakan untuk F1 2020

Direktur Balapan F1 Charlie Whiting mengunjungi lokasi Hanoi menjelang GP Jepang dan mengatakan ia tidak ragu fasilitas ini akan siap tepat pada waktunya. “[Sirkuit] ini terutama [mengambil tempat] di jalanan, tetapi ada bagian yang belum dibangun,” jelasnya. “Itu adalah tempat terbuka dimana gedung-gedung pit akan dibangun.”

Promotor Hanoi, Vingroup, telah menandatangani kesepakatan multi-tahun untuk menyelenggarakan Grand Prix di Vietnam. Bekerja sama dengan pemerintah kota Hanoi, promotor dan departemen Motorsport Formula 1 menyediakan jalur yang menampilkan 22 putaran sepanjang 5.565 km dan menjadi balapan F1 keempat setelah Monaco, Singapura, dan Azerbaijan.

>>> Dapatkan berita pasar mobil baru lainnya hanya di sini

Sirkuit yang terinspirasi dari sirkuit F1 lainnya

Sebagai sirkuit terbaru dalam kompetisi Formula 1, tata letak sirkuit dibuat bekerja sama dengan desainer F1, Hermann Tilke untuk memaksimalkan keterampilan pembalap dalam memacu kendaraannya. Dan yang pasti, penggemar jet darat bisa mengharapkan banyak aksi terjadi dalam balapan ini.

Melihat sirkuit yang akan dipakai untuk F1 2020 di Vietnam

Sirkuit Hanoi memiliki berbagai sudut sempit untuk tingkungan berkecepatan rendah serta kombinasi tikungan untuk kecepatan menengah hingga trek lurus sepanjang 1.5 km yang memaksa pengemudi untuk mengeluarkan kemampuan tercepat kendaraannya, dengan prediksi kecepatan mobil bisa mencapai 335 km/jam.

>>> Ingin mencari mobil bertenaga tinggi? Dapatkan di listing Cintamobil.com

Tilke yang telah merancang banyak sirkuit terbaik di dunia juga memasukan referensi dari beberapa sirkuit terkenal F1 lainnya. Sebut saja tikungan 1-2 dari Sirkuit Hanoi dibuat berdasarkan tikungan 1-2 Nurburgring; tikungan 12-15 mengambil desain dari tikungan 1-2 Sirkuit Monako; serta tikungan 16-19 merupakan rekonstruksi sempurna dari tikungan 2-6 Sirkuit Suzuka, Jepang.

Foto tikungan 1-2 sirkuit HanoiFoto tikungan 12-15 sirkuit HanoiFoto tikungan 16-19 sirkuit Hanoi

Tiga tikungan yang mengambil desain dari sirkuit F1 lain

Hingga saat ini, Grand Prix Vietnam merupakan balapan ketiga yang akan diadakan di Asia Tenggara setelah Singapura dan Malaysia. Meskipun balapan Malaysia dibatalkan setelah 2017 karena penjualan tiket yang buruk.

>>> Berita terupdate dan terlengkap tentang dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top