Grill Super Besar BMW Seri 4 2021 Kerap Dicemooh, Ini Kata Sang Desainer

08/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Bos Desain BMW membela BMW Seri 4 2021 dengan mengatakan bahwa desain yang baik bukan tentang cantik atau jelek karena kedua hal itu subjektif.

Wujud BMW Seri 4 2021 yang diluncurkan akhir kuartal pertama tahun lalu kerap dicemooh karena memiliki grille sangat besar. Meski begitu Kepala Desain BMW Domagoj Dukec mengklaim bahwa sedan dua pintu itu memiliki tampilan tak seradikal apa yang semua orang lain nilai.

>>> Bos BMW Prediksi Kesuksesan Tesla Tak Bakal Bertahan Lama

Gambar menunjukan BMW Seri 4

Tampilan BMW Seri 4 terbaru

Domagoj Dukec Bela Tampilan BMW Seri 4 

“Di mata saya, BMW Seri 4 benar-benar tidak seradikal yang dibayangkan oleh media. Ini mobil yang sangat elegan dengan proporsi yang sangat bagus. Satu-satunya hal yang dianggap tidak konvensional adalah bentuk grill kita," kata Domagoj Dukec membela Seri 4 dalam wawancara advertorial berbayar bersama Esquire.

Dia melanjutkan dengan menambahkan bahwa orang seharusnya tidak melihat satu sisi saja, melainkan melihat mobil secara keseluruhan, ia menganalogikan membandingkannya dengan menu tiga macam di restoran. Menurutnya yang paling penting adalah komposisi dari semua bahan.

“Itu membuat saya bertanya-tanya, di satu sisi, bagaimana orang begitu dangkal sehingga mereka menilai dengan satu detail. Ini seperti menilai manusia berdasarkan satu hal saja seperti hidung besar, kaki panjang, kepala besar. Anda tidak akan berkata kepada koki, 'Oke, menu tiga macam ini enak, tapi apa bahan favorit Anda?' Garam hanyalah garam; tomat hanyalah tomat. Yang terpenting adalah komposisi dari semua bahan," sambungnya. 

>>> Modifikasi BMW Seri 3 wagon, Pakai Bodykit Campur Aduk

Gambar menunjukan BMW Seri 4

Tampilan BMW Seri 4 terbaru

Tidak Bisa Menyenangkan Semua Orang

Dukec menambahkan bahwa desain yang baik bukanlah tentang cantik atau jelek karena kedua hal itu subjektif. Ia juga mengulangi pernyataannya sebelumnya tentang mendesain sesuatu yang disukai 100 persen orang. Kemudian dia menyimpulkan dengan mengatakan bahwa apa yang mereka inginkan adalah agar orang merasakan cinta abadi dengan mobil mereka, tidak seperti kegilaan yang dirasakan seseorang ketika melihat orang yang menarik. 

Pernyataan itu tampak masuk akal karena kita tidak dapat membuat semua orang terkesan. Terutama untuk perusahaan dengan jutaan dan mungkin miliaran penggemar di seluruh dunia.

BMW Seri 4 2021 sendiri dalam peluncurannya tahun lalu dikatakan tidak hanya mengutamakan tampilannya saja. Tetapi juga menawarkan rasa berkendara yang sporty dalam tiga kombinasi; bodi yang lebih kaku karena memiliki bodi coupe, titik gravitasi yang lebih rendah dibandingkan BMW Seri 3 dan juga as roda belakang yang lebih lebar.

>>> Harga 7 Mobil Sport BMW Yang Dijual di Indonesia

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top