Google Maps Siapkan Peta 3D untuk Sistem di Setiap Mobil

18/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Google Maps Siapkan Peta 3D untuk Sistem di Setiap Mobil
Google Maps sudah berkolasborasi dengan HERE, Leia, dan Continental untuk bisa menyediakan aplikasi peta 3D disetiap head unit mobil. Mobil pertama yang akan mendapat aplikasi ini adalah Audi A8.

Google Maps memang sudah diprediksi akan menjadi sistem navigasi digital paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dan prediksi ini pun memacu Google untuk terus menghadirkan inovasi terbaru untuk aplikasi peta digital andalan mereka itu.

>>> 3 Fitur di Android Auto Versi Terbaru yang Akan Rilis 2021

Misalnya saja Google Maps sudah mampu memberikan informasi kondisi lalu lintas secara real time. Bahkan sampai memprediksi peta penyebaran covid-19 di suatu daerah tertentu juga bisa dilakukan. Namun Google terus melakukan inovasi demi inovasi.

Tampilkan Peta 3D dari Lebih dari 75 Kota di Dunia

Kini Google sepertinya sudah menyiapkan versi terbaru pada perangkat tersebut yang akan berhubungan dengan industri otomotif. Karena nantinya Google Maps akan mampu menampilakan peta 3D dari 75 kota di seluruh dunia ke dalam perangkat lunak sistem infotainment disetiap mobil.

Google Maps 3D

Nantinya peta 3D akan ada di setiap mobil

Untuk project terbarunya ini Google sudah menjalin mitra dengan HERE, Leia, dan Continental. HERE akan berkontribusi dengan memperkenalkan Premier 3D, sebuah platform peta 3 dimensi yang sangat akurat untuk menampilkan hampir seluruh kota di semua permukaan bumi ini. Bahkan tampilan peta akan memperlihatkan lokasi fisik, ketinggian bangunan dan jalan, sampai warna fasadnya.

>>> Cara Pairing Bluetooth di Headunit Toyota Calya Terbaru

Sementara Leia akan menyediakan Lightfield Automotive Software Development Kit yang diharapkan bisa memberikan pengalaman lebih baik ketika mengakses Google Maps sebagai perangkat OEM pada sebuah mobil. Sedangkan Continental akan memberikan tampilan peta yang lebih nyaman untuk mata setiap pengemudi mobil.

Pertama Kali akan Dipasang di Audi A8

Ulrich Lueders, Head of Strategy and Portfolio Continental menyebutkan kalau peta 3D akan menciptakan pengalaman lebih intuitif setiap pengemudi. "Teknologi tampilan 3D tidak hanya menghadirkan faktor wow baru ke dalam kokpit tetapi dengan konten yang tepat juga menciptakan interaksi yang lebih intuitif antara pengemudi dan kendaraan sehingga bisa meningkatkan keselamatan berkendara," katanya seperti dikutip dari Autoevolution, Senin (18/01/2021).

Google Maps Logo

Google ingin peda 3 dimensi ini bisa terpasnag disemua mobil sebagai perangkat OEM

"Saya sangat senang bisa berkolaborasi untuk menghasilkan UX yang lebih baik dari konten peta premium milik HERE dan perangkat lunak yang sudah diciptakan Leia," tambah Lueders. Sistem peta 3D dari Google Maps ini rencananya akan hadir pertama kali pada Audi A8. Sampai saat ini belum ada informasi tambahan akan ada di mobil apa saja perangkat lunak tersebut. Namun pihak Continental menjamin perangkat lunak bisa terpasang hampir disemua sistem infotainment pada mobil.

>>> Review Hyundai i20 2020: Wujud Identitas Baru Hyundai

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top