Google Hadirkan Dukungan Kunci Mobil Digital untuk Android 12

22/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Google mengumumkan sistem operasi Android versi terbaru, Android 12 akan mendapatkan dukungan kunci mobil digital.

Google bekerja sama dengan BMW dan pembuat mobil lainnya untuk mengembangkan kunci digital yang memungkinkan pemilik mobil mengunci, membuka kunci, dan menyalakan kendaraan dari smartphone Android mereka.

Tersedia untuk Model Keluaran Tahun 2022

Kunci digital adalah salah satu dari banyak fitur baru yang akan hadir di Android 12, versi terbaru dari sistem operasi seluler perusahaan. Kunci mobil digital akan tersedia di ponsel Pixel dan Samsung Galaxy tertentu akhir tahun ini. Kunci mobil digital akan tersedia dalam model kendaraan 2022 yang belum disebutkan namanya, termasuk yang dibuat oleh BMW, dan beberapa model 2021.

Kunci digital dari Google ini menggunakan apa yang disebut teknologi Ultra Wideband (UWB), suatu bentuk transmisi radio di mana sensor dapat mengetahui arah sinyalnya, seperti radar kecil. Teknologi ini memungkinkan antena di ponsel menemukan dan mengidentifikasi objek yang dilengkapi dengan pemancar UWB. Dengan menggunakan teknologi UWB, pengguna Android akan dapat mengunci dan membuka kunci kendaraannya tanpa harus mengeluarkan kuncinya.

>>> Google Maps Bakal Digantikan Aplikasi TomTom, Apa Kelebihannya?

Gambar menunjukan mobil BMW

Google berkerja sama dengan BMW untuk hadirkan kunci  mobil digital

Konsumen yang memiliki model mobil yang telah dibekali teknologi NFC, atau komunikasi jarak dekat, akan dapat membuka kunci mobil mereka dengan mendekatkan ponsel ke pintu. Ponsel berkomunikasi dengan pembaca NFC di mobil pengguna, yang biasanya terletak di dalam pegangan pintu. Google mengatakan pengguna juga akan dapat berbagi kunci mobil mereka dengan aman dan dari jarak jauh dengan teman dan keluarga jika mereka perlu meminjam mobil.

"Saat membeli ponsel akhir-akhir ini, kami tidak hanya membeli ponsel, tetapi juga seluruh ekosistem perangkat yang diharapkan dapat bekerja bersama seperti TV, laptop, mobil, dan perangkat yang dapat dikenakan seperti jam tangan pintar atau pelacak kebugaran." kata VP Google Erik Kay menulis dalam posting blog.

“Di Amerika Utara, rata-rata orang sekarang memiliki sekitar delapan perangkat yang terhubung, dan pada tahun 2022, diperkirakan akan bertambah menjadi 13 perangkat yang terhubung.” tutupnya.    

>>> Fitur Baru dan Google Maps Dark Mode di Update Anyar Android Auto

Apple Telah Lebih Dulu Melakukannya

Gambar menunjukan Kunci mobil digital

Apple sebelumnya telah memperkenalkan kunci digital

Pengumuman tersebut mengikuti langkah serupa yang dilakukan oleh Apple tahun lalu yang memungkinkan pengguna menambahkan kunci mobil digital ke iPhone atau Apple Watch mereka. Fitur itu, yang merupakan bagian dari iOS 14, bekerja melalui NFC dan pertama kali tersedia di BMW Seri 5 2021.

Menariknya untuk Apple jika Anda khawatir apa yang akan terjadi jika baterai iPhone Anda habis, BMW mengatakan ada fitur cadangan daya di mana ponsel akan tetap berfungsi sebagai kunci hingga lima jam setelah mati karena baterai lemah.

>>> Cara Mengatasi Masalah Koneksi Android Auto

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top