Goodyear Kembali Ke WEC dan Le Mans 24 Jam

25/06/2019

Pasar mobil

5 menit

Goodyear Kembali Ke WEC dan Le Mans 24 Jam
Goodyear mengumumkan akan kembali berpartisipasi dalam ajang balap mobil Eropa dan Internasional dengan mengembangkan varian ban baru untuk FIA World Endurance Championship (WEC), termasuk Le Mans 24 Jam.

Menggantikan Dunlop sebagai pemasok ban di kejuaraan FIA World Endurance Championship (WEC), Goodyear akan memulai kiprahnya di ajang balap ketahanan itu pada seri pembuka musim 2019/2020 di Silverstone, Agustus mendatang.

>>> Oxygene, teknologi pintar yang bisa menghasilkan tenaga sendiri

WEC merupakan ajang balap ketahanan yang berisikan mobil prototipe dan Grand Touring (GT) melintasi empat benua dengan Le Mans 24 jam sebagai puncaknya, balapan di mana Goodyear memenangi 14 balapan.

Suasana start Le Mans 24 jam 2019

Goodyear menilai WEC sebagai platform tepat untuk memamerkan teknologi ban terbaru

Dengan durasi balapan yang cukup lama, strategi penggunaan ban cukup krusial di WEC. Berangkat dari situ, Goodyear menjadikan ajang balap ketahanan sebagai platform untuk menunjukkan teknologi ban mereka pada berbagai macam mobil prototype dan GT.

>>> Temukan mobil pilihan Anda di sini

“Dengan karakteristik balapan yang bervariasi membuat pemilihan dan strategi ban sangatlah krusial, dan itu memberikan tantangan yang memotivasi tim teknologi kami di pusat inovasi Eropa untuk mengeksplorasi setiap peluang balap yang ada untuk Goodyear,” ujar Direktur Motorsport Goodyear, Ben Crawley.

Tumpukan ban balap Goodyear

Goodyear telah mengembangkan berbagai macam ban untuk WEC selama lebih dari satu tahun

Goodyear telah mengembangkan berbagai macam ban untuk prototipe Le Mans selama lebih dari satu tahun di pusat inovasi mereka di Hanau (Jerman) dan Colmar-Berg (Luksemburg).

Ban tersebut akan dikembangkan dan diproduksi berbarengan dengan jajaran terbaru ban Eagle F1 SuperSport, yang dikhususkan untuk mobil performa tinggi dan track-day. Dengan ini, perputaran teknologi dan pengetahuan antara ban balap dan jalanan akan berjalan optimal, dan membantu peningkatan kedua ban.

>>> Simak isu-isu terbaru pasar mobil di sini

Kehadiran ini juga menandai kembalinya Goodyear ke dalam ajang balap Sportscar dunia, dan beraksi di salah satu sirkuit paling ikonis. Dengan pengunjung lebih dari 250.000, Le Mans 24 jam adalah salah satu acara olahraga terbesar dan paling prestisius.

“Motorsport tetap menjadi salah satu cabang olahraga paling populer di dunia, ini adalah platform ideal bagi kami untuk terlibat dengan konsumen mengenai sejarah, hasrat, inovasi, dan teknologi yang membentuk kisah Goodyear di dunia balap,” tambah Crawley.

Nart Corvette Le Mans 24 jam tahun 1972

Salah satu mobil ikonis yang menggunakan ban Goodyear, Corvette dengan livery Ferrari untuk Le Mans 24 jam 1972

Goodyear memiliki sejarah panjang di ajang balap, selain 14 kemenangan Le Mans 24 jam, terakhir dengan TWR Porsche WSC 95, ban Goodyear juga memegang rekor 368 kemenangan di Formula 1 yang belum terkalahkan sampai saat ini. Bukan hanya itu, Goodyear juga punya segudang pengalaman dalam ajang Sportscar dengan kesuksesan selama puluhan tahun di IMSA Racing.

“Di Indonesia, antusiasme pada dunia olahraga otomotif layak mendapatkan dorongan. Kita ikut senang dengan berita ini karena Le Mans 24 jam dapat merefleksikan teknologi ban kami yang telah diuji selama kurang lebih satu tahun di Innovations Centers kami,” tutur General Manager Komunikasi Goodyear Indonesia, Wicaksono Soebroto.

>>> Baca berita otomotif lainnya di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top