GM Punya Strategi Khusus untuk Cadillac Lyriq

22/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
GM Punya Strategi Khusus untuk Cadillac Lyriq
GM sudah menyiapkan strategi untuk Cadillac Lyriq. Mulai dari membangun pabrik baru, menyiapkan baterai baru, sampai strategi penetapan harga yang diprediksi akan terjangkau.

General Motors (GM) sepertinya mulai kembali bergeliat untuk memacu produksi kendaraan setelah sempat tersendat akibat pandemi Covid-19. Bahkan pabrikan ini sudah langsung tancap gas untuk agresif menyiapkan sejumlah model kendaraan listrik, satu diantaranya melalui Cadillac Lyriq.

Sebelumnya produsen asal Amerika Serikta (AS) itu telah mengumumkan beberapa pabrik yang akan menjadi pusat perakitan mobil-mobil listrik. Pertama adalah pabrik di Detroit-Hamtramck yang berganti nama menjadi "Factory Zero". Kemudian GM juga mengumumkan pabrik perakitan kedua di Michigan sebagai tempat untuk memproduksi mobil-mobil listrik mereka.

Kini, GM lagi-lagi mengumumkan satu pabrik baru sebagai tempat untuk melahirkan mobil-mobil tanpa karbon dioksida. Pabrik tersebut berlokasi di Spring Hill di Tennessee. Bahkan GM sudah menerima invesatasi hingga USD 2 miliar untuk menutupi biaya pembuatan lokasi parakitan bodi, mesin, proses pengecatan, sampai quality control. Dan salah satu mobil GM yang akan diproduski di pabrik ketiga ini adalah Cadillac Lyriq.

>>> GM Perkenalkan Cadillac Lyriq, SUV Listrik dengan Head Unit 33 Inci

Spring Hill Bukan Tempat Asing Bagi Cadillac

Cadillac Lyriq interior

Lyriq lahir dari rumah bagi Cadillac lainnya

Dikutip dari Carbuzz, Kamis (22/10/2020), Spring Hill dirasa jadi tempat yang cocok untuk produksi Cadillac Lyriq. Karena lokasi ini bukan tempat yang asing bagi merk Cadillac. Di pabrik tersebut sudah pernah diproduksi Cadillac XT5 dan Cadillac XT6.

Sementara itu GMC Acadia yang sebelumnya juga diproduksi di Spring Hill, akan dipindahkan ke pabrik perakitan di Lansing Delta Township. Dari lokasi itu, nantinya akan diperkenalkan Acadia generasi ketiga yang diklaim oleh GM memiliki semua hal baru.

Dipilihnya Spring Hill juga diprediksi karena parbrik ini sanggup menciptakan Lyriq dalam jumlah besar jika ternyata permintaannya melonjak. Hal tersebut karena pabrik itu dinilai sudah terbiasa membangun berbagai model Cadillac yang juga permintaannya tidak mengecewakan. GM pun yakin, Lyriq akan menjadi salah satu volume maker penjualan mobil listrik mereka.

>>> Pemilik Mobil Listrik Disarankan Tidak Isi Penuh Daya Baterai

Cadillac Lyriq akan Dijual dengan Harga Terjangkau

Cadillac Lyriq rear

Lyriq ditargetkan jadi volume maker penjualan mobil listrik GM

>>> Review Nissan Kicks e-Power 2020 Indonesia: Mobil Listrik Paling Cocok di Indonesia

GM tampaknya memang menargetkan Cadillac Lyriq untuk menjadi volume penjualan kendaraan electric mereka, dibandingkan Cadillac Celestiq ataupun GMC Hummer yang baru saja diumumkan. Sehingga sepertinya banderol untuk SUV ini akan jauh dibawah kedua model mobil listrik GM tersebut.

Sebagai perbandingan, di Amerika saja, GMC Hummer kabarnya akan dilepas dengan harga mulai dari USD 110.000 atau kira-kira Rp 1,6 miliar. Sementara Cadillac Celestiq akan menjadi sedan GM bertenaga listrik yang dibuat secara hand-made. Itu artinya mobil tersebut bakal syarat akan kemewahan yang berujung pada nilainya yang juga melambung serta produksi yang terbatas.

Pada Juli 2020 GM juga pernah mengumumkan jika mereka telah membangun pabrik pembuatan baterai listrik di Lordstown, Ohio. Pabrik ini merupakan patungan dengan LG Chem untuk memproduksi baterai Ultium sebagai sumber energi untuk kendaraan listrik GM. Dengan baterai ini GM akan memangkas biaya produksi setiap kendaraan listriknya, dan itu akan tepat digunakan pada Lyriq.

Namun jika berminat dengan Cadillac Lyriq, konsumen harus ekstra sabar. Mengingat model ini baru direncanakan lahir di akhir tahun 2022.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top