GM Bakal Punya Resolusi Radar Hingga 100 Kali Lipat, Apa Fungsinya?

15/09/2021

Pasar mobil

3 menit

General Motors (GM) menginvestasikan jutaan dollar di Oculii demi meningkatkan resolusi radar hingga 100 kali lipat yang digunakan pada model mobil self driving

Produsen mobil Amerika, General Motors (GM) menggelontorkan investasi baru di Oculii, perusahaan perangkat lunak untuk sensor radar. Langkah itu ditempuh agar sensor radar buatan Oculii bisa digunakan pada mobil-mobil GM.

“Oculii dan GM telah bekerja sama (dari sekarang untuk beberapa waktu mendatang)," kata CEO Oculii, Steven Hong dikutip dari TechCrunch, (13/9/2021).

Foto menunjukkan logo General Motors

GM gelontorkan investasi besar untuk pengembangan teknologi kendaraan

Tingkatkan Resolusi Radar 100 Kali

Tidak dijelaskan lebih detail berapa angka yang disepakati GM dan Oculii. Yang pasti mencapai jutaan US Dollar dan GM bakal mendapat keuntungan sangat besar.

Perangkat lunak buatan Oculii diklaim mampu meningkatkan resolusi radar hingga 100 kali lipat dari radar biasa. Itu sangat berguna meningkatkan kemampuan fitur mengemudi canggih mobil GM yang disebut Super Cruise "hands-free".

Hong menilai radar biasa memiliki resolusi sangat rendah. Padahal radar dengan resolusi tinggi sangat penting untuk mobil-mobil dengan fitur mengemudi sendiri (self driving maupun semi self driving).

"Radar tradisional memiliki resolusi sangat rendah dan sangat bising," kata Hong.

>>> Beli Mobil General Motors Kini Bisa Pakai Bitcoin

Foto menunjukkan Mobil mengemudi sendiri di jalan raya

Super Cruise memungkinkan mobil mengemudi sendiri

Pentingnya resolusi radar tinggi karena komponen inilah yang mengukur jarak antar objek, memungkinkan mobil berakselerasi atau mengerem untuk menyesuaikan kecepatannya dengan kecepatan kendaraan di depan. Radar juga harus tetap bekerja dengan baik meskipun dalam kondisi pencahayaan dan cuaca buruk.

“Pada dasarnya, masing-masing sensor ini meningkatkan kasus keamanan dan membuat Anda semakin dekat dengan keandalan 99,999999%. Pada akhirnya, itu yang paling penting, mendapatkan sebanyak mungkin keandalan.” jelas Hong.

Teknologi Super Cruise

Super Cruise adalah teknologi bantuan pengemudi pertama di industri otomotif yang memungkinkan pengemudi melakukan perjalanan tanpa harus memegang kemudi alias hands free.

Teknologi ini diluncurkan General Motors tahun 2017 dan pertama dipasang pada model Cadillac CT6. Pengembangan yang terus dilakukan. Sekarang Super Cruise terpasang pada model-model GM lain seperti Cadillac Escalade, Cadillac CT4, Cadillac CT5, Chevrolet Silverado, GMC Hummer EV Pickup, GMC Sierra, Cadillac XT612, dan Chevrolet Bolt EUV (Electric Utility Vehicle).

>>> Bersama GM, Honda Lakukan Uji Coba Mobil Tanpa Sopir

Foto menunjukkan Chevrolet Bolt EUV tampak samping depan

Chevrolet EUV model 2022 dilengkapi fitur Super Cruise

>>> Tertarik mobil Chevrolet, dapatkan harga terbaik di sini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top