GM Akan Gunakan Teknologi Baterai Listrik Superior

16/03/2021

Pasar mobil

6 menit

Share this post:
GM Akan Gunakan Teknologi Baterai Listrik Superior
Baterai listrik yang akan segera digunakan oleh GM berjenis Ultium yang memiliki kepadatan lebih baik tapi punya biaya produksi 60 persen jauh lebih murah.

Baterai listrik adalah komponen terpenting dalam sebuah electric vehicle (EV) termasuk juga mobil listrik. Karena inilah sumber utama tenaga dari setiap kendaraan listrik. Dan tentunya, para produsen mobil berlomba-lomba ingin menciptakan baterai mobil listrik yang terbaik.

Baterai listrik terbaik itu tentunya wajib sanggup digunakan untuk jarak tempuh yng makin panjang. Misalnya yang belum lama ini diumumkan oleh pihak General Motors (GM). Pabrikan Amerika ini mengklaim menemukan teknologi baterai listrik baru.

>>> Indonesia-Tesla Mau Bikin 'Powerbank' Ratusan Megawatt?

Punya Daya Jelajah Hingga 725 Km Dalam Sekali Isi Daya

Baterai Listrik GM

Prototipe baterai Ultium dari GM

General Motors (GM) belum lama ini sudah mengumumkan jika mereka berhasil membuat teknologi baterai lithium-metal terbaru yang mereka sebut Ultium. Hal ini diutarakan secara langsung oleh Mark Reuss, Presiden GM dalam sebuah konferensi internasional.

Menurut dia, GM telah menyelesaikan pengujian di pusat penelitian dan pengembangan yang berlokasi di Warren, Michigan. Hal ini menyusul langkah investasi perusahaan dalam membangun SolidEnergy System di tahun 2015. Tempat ini akan berforkus pada pengembangan dan mengoptimalkan teknologi baterai lithium-metal dan perangkat lunak untuk manajemen tenaga baterai.

Baterai Listrik Ultium GM

Baterai ini diklaim berbiaya produksi lebih murah

>>> Tak Takut Baterai Habis, Hyundai Sonata Hybrid Gunakan Panel Surya Pada Mobilnya

Kelanjutan dari proyek tersebut adalah GM mampu memproduksi baterai listrik sendiri mulai tahun 2023 yang akan digunakan untuk GMC Hummer. Baterai tersebut kabarnya memiliki daya jelajah hingga hampir 725 kilomter (km) dalam sekali isi daya.

"Dengan kimia Ultium generasi mendatang ini, kami yakin kami berada di titik puncak peningkatan kepadatan dan biaya energi sekali dalam satu generasi," sebut Reuss, dikutip dari Carbuzz, Senin (15/03/2021).

Baterai Listrik GM Gunakan Teknologi Baru

GMC Hummer 2022

Kemungkinan besar model pertama GM yang akan pakai beterai baru ini adalah GMC Hummer

>>> Review Honda E-Concept 2019: Bukti Bahwa Mobil Tak Lagi Butuh Bensin

Untuk bisa membuat baterai mobil listrik dengan kemampuan lebih baik, GM menggunakan beberapa komponen dan teknologi baru. Antara lain elektrolit cair, kepadatan energi dua kali lipat lebih baik dari baterai kontemporer, namun punya biaya produksi lebih hemat sampai 60 eprsen.

GM memang sudah berkomitmen jika di masa depan mereka akan fokus hanya menjual mobil listrik. Bahkan GM kini mulai menyodorkan kendaraan listrik melalui GMC Hummer dan Cadillac Lyric. Walaupun kedua mobil tersebut belum sepenuhnya diproduksi massal. Namun untuk mobil listrik GM berbasis baterai Ultium ini diharapkan mulai diperkenalkan akhir 2021.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top