Giliran Volvo Tutup Pabrik karena Krisis Chip

13/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Krisis chip masih menghantui, kini giliran Volvo yang terpaksa menutup sementara pabrik mobilnya di Gothenburg Swedia karena kekurangan komponen vital tersebut.

Para produsen otomotif dibuat pusing dengan krisis chip yang tak kunjung usai. Kini giliran Volvo, setelah sebelumnya menutup pabrik di Kota Ghent Belgia kini pabriknya yang lain terpaksa dihentikan.

Volvo Tutup Pabrik di Swedia

Dikutip dari Reuters, Volvo akan menghentikan aktivitas produksi pabriknya yang ada di distrik Torslanda Kota Gothenburg Swedia mulai 11 Agustus 2021. Adapun pembukaan kembali akan dilakukan sebelum minggu depan.

“Volvo Cars, yang dimiliki oleh Geely Holding China, akan menghentikan sementara produksi di pabriknya di Swedia di Gothenburg karena kekurangan chip semikonduktor,” tulis Reuter mengutip pernyataan resmi Volvo, pada Rabu (10/8/2021). "Produksi akan dimulai kembali sesegera mungkin, paling lambat sebelum minggu depan," lanjutnya.

>>> Kelangkaan Semikonduktor Kembali Makan Korban, Kini Giliran Jeep

Foto menunjukkan Perakitan di Pabrik Volvo Swedia

Volvo terpaksa hentikan aktivitas produksi karena kekurangan chip

Penutupan pabrik Volvo di Gothenburg merupakan kelanjutan dari dari sebelumya. Pada bulan Juni Volvo juga menutup pabriknya di Kota Ghent Belgia selama seminggu dengan alasan yang sama.

Krisis Chip Global

Krisis chip melanda dunia sejak awal tahun ini. Faktor utamanya adalah pandemi Covid-19 yang berkepanjangan. Para produsen chip yang mengira bakal terjadi penurunan permintaan kendaraan memilih mengurangi produksi dan memperbanyak chip untuk kebutuhan ponsel, TV, dan konsol game.

Ternyata dugaan salah, permintaan kendaraan membaik dan semakin meningkat sehingga mereka kewalahan menyediakan semikonduktor yang dibutuhkan.

Faktor lainnya karena pembatasan aktivitas di berbagai negara yang membuat aktivitas di pabrik berkurang. Sebagian yang lain disebabkan faktor alam, seperti bencana alam badai salju yang terjadi di Austin Texas Amerika Serikat awal tahun ini.

Kelangkaan chip sudah pasti mengganggu jalannya proses produksi dan menghambat pencapaian target perusahaan. Seperti Volvo yang berniat menjual 600.000 unit mobil listrik baterai (BEV) pada 2025 dan membangun pabrik baterai di Eropa pada 2026.

Volvo juga berencana menghentikan produksi mobil mesin bakar alias mobil BBM pada 2030 dan fokus hanya memproduksi mobil listrik BEV.

Saat ini dari sekian banyak line up Volvo baru satu model yang merupakan mobil listrik BEV, yaitu Volvo XC40 Recharge. Mobil ini sudah resmi dijual dan juga tersedia dalam varian plug in hybrid.

>>> Sakti! Mobil Listrik Volvo Ini Masih Bisa Jalan Setelah Ditenggelamkan

Foto mobil listrik Volvo XC40 Recharge

XC40 Recharge mobil pertama Volvo bertenaga baterai 100%

>>> Cari mobil Volvo, Temukan di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top