GIIAS Surabaya 2019: Mengapa Surabaya Lebih Dulu Gelar GIIAS Daripada Jakarta?

29/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
GIIAS Surabaya 2019: Mengapa Surabaya Lebih Dulu Gelar GIIAS Daripada Jakarta?
GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) dikenal sebagai pameran otomotif tahunan yang diselenggarakan setahun sekali. Selain diadakan di Jakarta sebagai puncak pameran, GIIAS juga mulai merambah ke area lokal seperti halnya Surabaya, Makassar dan Medan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, GIIAS selalu diawali di Jakarta lebih dulu baru ke kota-kota berikutnya. GIIAS 2019 kali ini berbeda yang mana Surabaya dipilih untuk lebih dulu dari Jakarta. Apa alasannya?

Mencari tahu hal ini, langsung saja tim Cintamobil.com berbincang dengan Bapak Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum GIIAS.. Dalam wawancara, Ia mengatakan, “Pameran Rangkaian Mobil adalah sebutan yang tepat untuk ajang GIIAS 2019. Indonesia bukan saja Jakarta, tapi juga banyak daerah lokal.”

Menanggapi hal ini, Yohannes Nangoi beranggapan bahwa Jawa Timur adalah sektor penting dalam perkembangan dunia otomotif yakni sebagai pintu gerbang Indonesia Timur. Ia juga menambahkan, “Dalam rangkaian pameran GIIAS Surabaya 2019 dan Makassar menjadi pintu gerbang Indonesia Timur. Sedangkan Jakarta dan Medan menjadi basis di Indonesia Barat.”

Yohannes Nangoi GIIAS Surabaya 2019 bersanding bersama segenap jajaran

Yohannes Nangoi (tengah) ketika menjelaskan tentang tema GIIAS Surabaya 2019

>>> Ada rencana membeli mobil baru? Coba simak harga mobil dengan harga terjangkau berikut ini

Memang jika ditilik dari penjualan kendaraan bermotor berdasarkan provinsi sebelum tahun 2018, Pulau Jawa mendominasi penjualan sebanyak 82% sedangkan sisanya yakni 18% adalah dari pulau luar Jawa. Namun menariknya, setelah tahun 2018,  terjadi pertumbuhan signifikan dari pulau luar Jawa yang meningkat menjadi 40% dan Jawa sendiri berada di angka 60%. Fakta ini tentu memperlihatkan bahwa pulau luar Jawa kian berkembang perekonomiannya.

Dalam pertumbuhan yang baik ini, akhirnya Jawa Timur menjadi sektor yang harus diperhitungkan dalam membuka jalur ke Indonesia Timur lewat ajang GIIAS 2019 The Series. Di sisi lain, Yohannes Nangoi juga menambahkan, “Jangan lagi ada isu seperti tahun lalu yang menyebutkan GIIAS Surabaya adalah lanjutan model mobil yang sama dari GIIAS Jakarta. Tak ada lagi seperti itu, kini GIIAS Surabaya 2019 menjadi pameran otomotif terbesar di kuartal pertama sehingga semua kendaraan baru bisa dirasakan lebih dulu bagi masyarakat Surabaya.”

Segenap Jajaran GIIAS Surabaya 2019 berfoto bersama di akhir acara

Segenap jajaran GIIAS 2019 The Series berharap acara otomotif kali ini bisa berdampak besar bagi perkembangan otomotif Indonesia

>>> Ikuti terus berita otomotif terupdate di Indonesia hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top