GIIAS 2021: Jurus Isuzu Optimalkan Layanan Purna Jual Selama Pandemi

19/11/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
GIIAS 2021: Jurus Isuzu Optimalkan Layanan Purna Jual Selama Pandemi
Di hari kedelapan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, Isuzu membeberkan trik mereka dalam mengoptimalkan layanan purna jual selama pandemi.

Tak hanya berfokus untuk menjual kendaraan mereka, PT Astra Isuzu Motor Indonesia (IAMI) turut mengoptimalkan layanan purna jual agar tetap memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, tak terkecuali di masa pandemi.

Isuzu Indonesia tetap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh konsumennya, khususnya kepada para pengguna mobil komersial mereka yang bergerak di sektor esensial.

Efisiensi Menjadi Kunci

Budhi Prasetyo, After Sales Service Division Head IAMI mengungkapkan bahwa kondisi pandemi turut berimbas pada kondisi ekonomi para konsumen sehingga mereka harus melakukan efisiensi.

Gambar IAMI

IAMI mengungkapkan trik mereka dalam mengoptimalkan layanan purna jual selama pandemi COVID-19

Berkaca pada kondisi tersebut, Isuzu Indonesia memperbanyak spare part buatan lokal agar para konsumen mereka yang bergerak di berbagai bidang usaha bisa meningkatkan efisiensi.

>>> GIIAS 2021: Isuzu Beri Penghargaan Keselamatan Berkendara ke Partner Bisnis

Namun, Isuzu memasukan bahwa kualitas produk lokal tersebut sesuai dengan kualitas jaminan ASTRA agar dari Sisi Lifetime tetap bisa memenuhi kebutuhan customer.

"Part-part yang kita kembangkan juga menyesuaikan dengan suara customer di lapangan agar tepat sasaran dan memberikan manfaat yang besar kepada customer, hal ini sejalan dengan Value Proposition Isuzu, yaitu Competitive Owning & Operating Solution, tidak hanya meningkatkan jumlah part lokal, Setiap bulannya Isuzu juga mengeluarkan program-program discount lainnya," ujar Budhi.

Peningkatan pelayanan purna jual ini tak berhenti di penyedian suku cadang saja. Untuk bisa melayani customer-customer Isuzu yang berada di remote area, yang lokasi operasionalnya jauh dari bengkel resmi, Isuzu mengembangkan channel purna jualnya melalui kerja sama dengan toko suku cadang dan bengkel umum.

"Bengkel umum yang dilibatkan sebagai mitra juga sudah diberikan pelatihan serta beberapa tools basic untuk perawatan kendaraan Isuzu sehingga bisa melayani customer lebih baik, kerja sama dengan channel after sales ini dilakukan baik di pulau jawa maupun luar jawa," tambahnya.

Untuk membantu meningkatkan efisiensi dan kesadaran akan keselamatan berkendara, Isuzu juga mengadakan program pelatihan safety driving gratis untuk para customer setia.

Gambar Safety Driving Isuzu

Tak hanya menjual produk, IAMI juga memberikan pelatihan safety driving kepada para konsumennya

Dengan pelatihan tersebut, para driver yang mengemudikan armada milik konsumen dapat menerapkan keselamatan berkendara dengan baik, serta dapat berkendara dengan lebih efisien. Tak hanya itu, mereka juga memberikan tips lain seperti hal-hal yang terkait perawatan kendaraan.

"Diharapkan hal ini mampu memberikan edukasi kepada pengendara kendaraan Isuzu untuk berkendara dengan lebih aman dan hemat serta kendaraan yang terawatt sehingga mampu mengurangi resiko kerugian bisnis yang diakibatkan kurang terawatnya kendaraan maupun akibat kelalaian pengemudi dalam berlalu lintas," ujar Heri Wasesa, Customer & Product Services IAMI.

Selain itu, guna memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara kepada konsumennya, Isuzu memiliki layanan Astra Isuzu Mobile Command Center Whatsapp 0812 9737 1035 untuk memesan layanan Bengkel Isuzu Berjalan yang dapat melayani perbaikan darurat di jalan kapanpun dibutuhkan.

"Kami juga memiliki Field Advisor Isuzu standby Ready on call 24/7 yang siap untuk membantu menyelesaikan perbaikan kendaraan anda dalam kondisi apapun dan kapanpun," tutup Heri.

>>> Isuzu Sudah Siap Hadapi Regulasi Euro 4

Apresiasi Isuzu Kepada Para Konsumen yang Menjadi Pahlawan Selama Pandemi

Selain berbagi mengenai optimalisasi layanan purna jual mereka, IAMI juga memberi apresiasi kepada dua konsumen mereka yang dinilai telah menjadi pahlawan selama pandemi.

Gambar Apresiasi Isuzu

IAMI memberi apresiasi kepada partner mereka yang telah menjadi pahlawan di kala pandemi

Kedua konsumen tersebut adalah PT Serasi Logistic Indonesia (SELOG) dan Satpol PP yang telah mengakomodasi masyarakat untuk bisa beraktivitas secara maksimal dengan segala keterbatasan selama pandemi.

Adil Juna Ginting, Direktur PT Serasi Logistic Indonesia mengatakan, bahwa perusahannya selalu menggunakan kendaraan Isuzu, karena terbukti tangguh dan terpercaya dari segala bidang pelayanan kepada konsumen.

"Kami menggunakan semua kendaraan Isuzu mulai Traga sampai truk yang lainnya. Pelayanan dari Isuzu juga begitu bagus, jam berapapun mengalami bantuan langsung ditangani dengan baik," kata Adil.

>>> Temukan Mobil Bekas Impian Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top