Gerbang Tol Sragen Timur Tol Solo-Ngawi Beroperasi, Masih Gratis!

07/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Gerbang Tol Sragen Timur Jalan Tol Solo-Ngawi resmi dibuka. Warga perbatasan Jawa Tengah - Jawa Timur kini bisa mengakses Jalan Tol Trans Jawa dengan mudah.

Kabar gembira buat warga perbatasan Jawa Tengah - Jawa Timur, khususnya yang tinggal di Sragen bagian timur dan Ngawi bagian barat , sekarang bisa mengakses Jalan Tol Trans Jawa dengan lebih mudah. Ini karena Gerbang Tol Sragen Timur yang dibangun sejak tahun lalu telah selesai sepenuhnya dan resmi beroperasi mulai 3 Juli 2021.

Belum Dikenakan Tarif

Dalam keterangan resminya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan untuk sementara kendaraan yang mengakses GT Sragen Timur ini belum dikenakan tarif, melainkan menggunakan tarif GT terdekat.

“Nantinya, untuk pengendara yang akan melintas lewat Gerbang Tol Sragen Timur dikenakan tarif gerbang tol terdekat. Pengguna jalan tetap harus menggunakan E-Toll Card untuk dapat melewati Gerbang Tol ini.” tulis BPJT di laman resminya, (5/7/2021).

>>> Mengenal Perbedaan Sistem Transaksi di Jalan Tol

Foto menujukkan mobil melintas di Gerbang Tol Sragen Timur

Tol Solo-Ngawi punya gerbang tol baru di Sragen Timur

Lebih detailnya, berikut sistem pentarifan sementara buat pengendara yang melintas di GT Sragen Timur:

  • Pengguna Jalan Tol yang berasal dari Timur dan keluar di GT Sragen Timur akan dikenakan Tarif sama dengan ketika keluar gerbang Tol Ngawi.
  • Pengguna Jalan Tol yang berasal dari Barat dan keluar di GT Sragen Timur akan dikenakan Tarif sama dengan ketika keluar gerbang Tol Sragen.
  • Pengguna jalan Tol yang berasal dari Gerbang Tol Sragen dan atau Gerbang Tol Ngawi menuju ke GT Sragen Timur maupun Sebaliknya, tidak akan dikenakan tarif atau disebut Nol Tarif.

Sistem pentarifan di atas berlaku sampai tarif resmi diberlakukan. Adapun waktunya menunggu persetujuan dari Kementerian PUPR, bersamaan dengan penyesuaian tarif Tol Solo-Ngawi.

Tol Solo-Ngawi

Jalan Tol Solo-Ngawi merupakan salah satu ruas utama Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Bagian barat tersambung dengan Tol Semarang-Solo, sedangkan bagian timur tersambung dengan Tol Ngawi-Kertosono. Pasca diresmikan pada 16 Juli 2018, tol sepanjang 91 Km ini langsung beroperasi.

Sayang, keberadaan jalan tol ini tidak memberikan manfaat maksimal bagi warga perbatasan, baik yang tinggal di Sambungmacan Kabupaten Sragen Jawa Tengah maupun Mantingan Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Hal ini karena tidak adanya akses di kedua kecamatan tersebut meski jalan tol melewati keduanya. Gerbang tol terdekat adalah Gerbang Tol Sragen yang berjarak sekitar 20 Km dan Gerbang Tol Ngawi yang berjarak sekitar 34 Km.

>>> Tol Solo-Ngawi, Satu-Satunya Tol Penghubung Jawa Tengah dan Jawa Timur

Foto rambu-rambu masuk Tol Sambungmacan Sragen Jawa Tengah

Warga perbatasan Jawa Tengah - Jawa Timur bisa mengakses jalan tol dengan mudah

>>> Cari mobil bekas plat nomor Solo Jawa Tengah, Cek di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top