Generasi Keempat Toyota Yaris Jadi Mobil Terbaik Eropa 2021

02/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Generasi Keempat Toyota Yaris Jadi Mobil Terbaik Eropa 2021
Generasi Keempat Toyota Yaris berhasil jadi Pemenang Mobil Terbaik Eropa 2021 dengan mengalahkan 3 finalis diantaranya milik pabrikan Jerman Volkswagen Group.

Gelaran ajang otomotif tahunan Geneva Motor Show tahun lalu tidak bisa dihelat secara offline. Meski begitu pemenang mobil terbaik di Eropa tahun ini tetap diumumkan sama seperti tahun lalu disiarkan langsung secara online.

>>> Toyota GR Yaris Siap Masuk Indonesia, Intip Keistimewaannya

Gambar menunjukan Mobil terbaik Eropa

European Car of the Year 2021

Generasi Keempat Toyota Yaris Jadi yang Terbaik

Penghargaan Mobil Terbaik Eropa ini diselenggarakan oleh tujuh majalah utama di Eropa: Auto di Italia, Autocar di Inggris, Autopista di Spanyol, Autovisie di Belanda, L'Automobile Magazine di Prancis, Stern di Jerman, dan Vi Bilagare di Swedia. Sebanyak 59 wartawan dari 22 negara di Eropa juga akan memberikan suara untuk sang pemenang.

Di tengah pandemi Covid, proses pemberian penghargaan terbukti sangat menantang, terutama bagi wartawan untuk menguji mobil baru secara memadai. Namun, setelah menguji masing-masing finalis di berbagai tahapan dan beroperasi dalam batasan Covid-19 di berbagai negara, masing-masing dari 59 anggota juri di 22 negara harus mengalokasikan 25 poin untuk tujuh finalis dengan maksimal 10 poin untuk setiap satu mobil.

Dari 38 kandidat penghargaan mobil  terbaik di Eropa 2021 telah menyisakan tujuh mobil yang berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Pemungutan suara terakhir untuk Penghargaan Mobil Terbaik di Eropa 2021 ini telah dilakukan pada akhir Februari dan pemenangnya diumumkan secara online pada 1 Maret 2021. Dari hasil pemungutan suara tersebut Toyota Yaris berhasil menjadi yang terbaik.

Hasil akhir menempatkan Yaris mendapatkan 266 suara, disusul New Fiat 500 dengan 240 poin, Cupra Formentor dengan 239 poin, VW ID.3 dengan 224 poin, Skoda Octavia dengan 199 poin, Land Rover Defender dengan 164 poin dan New Citroen C4 dengan 143 poin.

>>> Masih Pre Order, Toyota GR Yaris Sudah Laku 6.000 Unit

Gambar menunjukan Toyota Yaris

Generasi Keempat Toyota Yaris

Faktor Yaris Jadi yang Terbaik

Kemenangan Generasi Keempat Toyota Yaris ini dikarenakan versi mobil yang terinspirasi oleh reli GR yang diakui secara luas. Sementara itu Yaris juga dikenal sebagai mobil kecil ramah lingkungan yang hemat bahan bakar, disukai oleh pembeli Irlandia karena powertrain hybrid, GR Yaris juga mengingatkan kembali pada hari-hari ketika produsen mobil membuat versi jalan raya dari mobil reli mereka.

Penghargaan European Car of the Year 2021 ini datang hanya beberapa hari setelah New Yaris menjadi mobil terlaris di Eropa untuk pertama kalinya, pertanda jelas bahwa pelanggan setuju dengan pendapat juri.

>>> Review Toyota GR Yaris 2020: The Road Legal WRC Cars!

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top