General Motors Dalam Proses Pengembangan Sistem Perlindungan Pejalan Kaki

22/01/2018

Pasar mobil
Share this post:
General Motors Dalam Proses Pengembangan Sistem Perlindungan Pejalan Kaki
Produsen mobil berlomba-lomba menunjukan keseriusannya dalam memberikan rasa aman bagi pengendara. Bukan hanya pengemudi, tapi juga pejalan kaki. General Motors contohnya, juga menciptakan airbag di bagian luar mobil untuk menyelamatkan pejalan kaki dari kecelakaan.

GM saat ini telah menerima paten untuk airbag yang diletakkan di bagian luar kendaraan untuk “memberikan perlindungan kepada pejalan kaki”. Penemuan ini diharapkan lebih memberikan rasa aman, bukan hanya bagi pengemudi, tapi juga semua yang terlibat dalam sebuah kecelakaan.

Penambahan ini bukan tanpa alasan, menurut data yang diberikan oleh USA Today, tujuh kecelakaan lalu lintas di Amerika menyumbang satu kematian pejalan kaki, dan angka ini semakin berkembang setiap tahun. “Kantung pejalan kaki bisa menjadi solusi teknik yang penting di masa depan,” kata juru bicara keselamatan komunikasi dari GM, Tom Wilkerson.

Gambar yang memperlihatkan boneka mainan berjalan di depan mobil yang sedang melaju

Banyak pejalan kaki terlibat dalam kecelakaan

Sebagai perbandingan, beberapa produsen mobil lain juga meningkatkan teknologi keamanan penumpang mereka. Daimler, yang memiliki Mercedes-Benz, mempunyai paten untuk memasang airbag di dalam bagian rangka mobil di sisi kaca depan sebagai cara untuk melindungi benturan keras bagi pejalan kaki.

>>> Baca juga Spesifikasi BMW i8

Produsen mobil mewah lainnya, Volvo, juga melakukan perlingungan serupa. Volvo memasang kantung udara pejalan kaki pada model V40-nya. Tapi, teknologi ini mempunyai pendekatan berbeda dari GM, dimana Volvo berusaha untuk melindungi area kaca depan.

Gambar yang memperlihatkan Mobil General Motors dengan kap yang hampir terbuka

Airbag untuk pejalan kaki terletak di bagian kap mobil

Untuk meningkatkan keamanan bagi pejalan kaki ini, GM telah mengajukan dokumen lengkap pada Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika yang menyertakan lusinan halaman deskripsi dan 90 sketsa teknis. Fokus sistem ini adalah kantung udara yang dipasang di “wilayah penyangga” yang bersebelahan dengan kap mobil sebelum pintu samping.

GM saat ini menolak untuk membahas secara spesifik bagaimana teknologi tersebut dapat meminimalisir resiko cedera. Perusahaan yang berbasis di Amerika ini masih menyebutkan tentang penelitian dan pengembangan lebih lanjut.

>>> Baca juga perkembangan pasar mobil lainnya disini

Perusahaan juga tidak menjelaskan seberapa besar tabrakan yang bisa dideteksi oleh kantung udara ini. Penggunaan kamera dan sensor dalam industri otomotif ditenggarai akan memberikan pengaruh penting terhadap perkembangan sistem keamanan ini.

GM memberikan paten untuk menyelematkan pejalan kaki dari kecelakaan

Dengan berkembangnya teknologi otomotif, standar keselamatan pejalan kaki terus berubah secara lobal. Eropa merupakan salah satu negara yang paling menyuarakan peningkatan ini. Selain itu, China, yang memiliki data 63.000 pejalan kaki terbunuh oleh kendaraan pada tahun 2016, juga berencana untuk membuat bagian perlindungan pejalan kaki sebagai bagian dari sistem penilaian keselamatan mobilnya pada 2018 ini.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post: