Gelombang Panas Sebabkan 15 Mobil di India Terbakar

06/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Gelombang Panas Sebabkan 15 Mobil di India Terbakar
Global warming membuat suhu udara di seluruh dunia meningkat, terlebih di India. Parahnya, besarnya gelombang panas sampai membuat kendaraan yang sedang parkir tiba-tiba terbakar.

Tiba-tiba saja, 15 kendaraan yang sedang diparkir di parkiran Vidyavihar Society di Mumbai, India, terbakar. Diduga karena gelombang panas, panas yang sangat terik terserap oleh terpal bagian atas parkiran menyebabkan hawa panas yang semakin tinggi.

Awalnya, hanya satu mobil yang terbakar karena hawa panas tersebut. Api lalu menyebar ke kendaraan lain sehingga memicu kebakaran besar yang melibatkan belasan mobil yang sedang diparkir.

Gambar yang menunjukan palang tanda gelombang panas dengan latar belakang sebuah mobil berwarna putih

Global warming membuat gelombang panas semakin mengerikan dari tahun ke tahun

>>> Anak-anak terpapar lebih banyak polusi dibandingkan orang dewasa, penelitian membuktikan

Udara panas yang sedang menghantam India dan sekitarnya memang menjadi masalah baru bagi negara ini. Kepala pemadam kebakaran wilayah Kurla, BD Patil, menyebutkan bahwa cuaca panas lebih mudah menyerang kendaraan yang berada di tempat parkir tertutup.

"Sudah menjadi rahasia umum bahwa kendaraan yang sedang diam dapat tiba-tiba terbakar saat ada di ruang yang tertutup. Kursi yang terbuat dari kulit, tangki bensin, dan beberapa komponen mobil lainnya memang mudah terbakar. Dalam kasus ini, udara panas sepertinya sudah terserap dalam waktu lama sehingga memicu satu mobil terbakar dan merembet ke mobil lainnya," jelas Patil.

>>> Beragam berita pasar mobil dari dalam dan luar negeri hanya di Cintamobil

Gambar yang menunjukan jalan aspal yang melelah karena gelombang panas

Suhu ekstrem di India dan Pakistan sampai membuat aspal meleleh

Dilansir dari Mumbai Mirror, 15 mobil yang terbakar diantaranya adalah BMW, Honda Accord, Land Rover Discovery, Toyota Innova dan WagonR. Hingga saat ini, belum diketahui mobil pertama yang menyebabkan kejadian naas ini.

>>> Beragam mobil Honda yang dijual di Cintamobil bisa Anda dapatkan di sini

Kejadian ini sempat menyebabkan kepanikan masyarakat setempat. Konstruksi bangunan yang rumit menyebabkan petugas pemadam kebakaran kesulitan menahan si jago merah. Diberitakan, butuh sekitar dua jam bagi petugas untuk memadamkan api yang melahap parkiran tersebut.

Gelombang panas juga pernah membuat sebuah mobil terbakar tahun lalu

Gelombang panas memang menjadi masalah besar beberapa tahun belakangan di India dan Pakistan. Suhu udara yang kering dan curah hujan yang sedikit menyebabkan kekeringan besar melanda. Bahkan, salah satu negara bagian di India, Andhra Pradesh sampai meliburkan sekolah akibat gelombang panas yang melanda India pada akhir bulan lalu.

>>> Dapatkan berita informatif seputar dunia otomotif bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top