Geber Ferrari 488 GT3, Valentino Rossi Naik Podium Gulf 12 Jam

12/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Geber Ferrari 488 GT3, Valentino Rossi Naik Podium Gulf 12 Jam
Terkenal sebagai juara dunia MotoGP 7 kali, Valentino Rossi juga lihai saat balap mobil. Yang terbaru, pembalap berjuluk The Doctor itu naik podium balap ketahanan Gulf 12 Jam.

Lebih dari sekadar seorang maestro balap motor, Valentino Rossi merupakan seorang pembalap tulen. Bagaimana tidak, hampir semua jenis balap pernah dicobanya.

Mulai dari beberapa kali menjajal mobil F1 Ferrari milik Michael Schumacher sampai Mercedes milik Lewis Hamilton, dan sempat dirumorkan beralih ke F1 sekitar tahun 2006.

Valentino Rossi sedang uji coba menggunakan Ferrari

Rossi pernah menjajal mobil F1 milik Ferrari dan Mercedes

Tidak cuma jet darat, ajang balap mobil yang pernah diikuti Valentino Rossi juga cukup beragam. Mulai dari WRC, Monza Rally Show, sampai menjajal mobil Stock Car NASCAR Nationwide Series.

>>> Ferrari 488 GT Modificata, Ketika Mobil Balap GTE dan GT3 Dipadukan

Kala The Doctor ikut balapan Endurance

Yang terbaru, pembalap kelahiran Urbino, Italia, 16 Februri 1979 itu mengikuti balap ketahanan Gulf 12 jam di Sirkuit Sakhir Bahrain bersama adiknya, Luca Marini, dan manajer tim VR46 yang sekaligus sahabat karibnya, Alessio Salucci.

Aksi Valentino Rossi di balapan ketahanan Gulf 6 jam

Tergabung di kelas Pro-AM Rossi finis keempat overall

Menggunakan Ferrari 488 GT3 yang disiapkan Kessel Racing, Valentino Rossi, Marini, dan Salucci menuntaskan balapan sepanjang 12 jam dengan torehan 339 putaran, dan berada di posisi keempat. Namun, tim Monster VR46 Kessel naik podium dengan menempati posisi ketiga kelas Pro-Amateur.

Pemenang balapan sendiri berasal dari kelas Pro, menggunakan mobil balap McLaren 720 GT3 dan menuntaskan waktu balapan dengan jumlah putaran yang paling banyak, yakni 341 lap.

>>> Absen Balap MotoGP, Marc Marquez Jajal Mobil Listrik Honda E

Kali kedua di Gulf 12 Jam

Ini bukanlah kali pertama Valentino Rossi mengikuti balap ketahanan Gulf 12 jam, karena sebelumnya trio ini sudah mengikuti balapn serupa tahun 2019 dengan finis ketiga overall.

Valentino Rossi podium naik podium Gulf 6 Hour

Ini merupakan podium kedua Rossi di Gulf 12 jam setelah tahun lalu finis ketiga overall

“Ini adalah hari yang indah, kami bersenang-senang dan pada akhirnya naik podium. Kami sangat senang karena semua mobilnya sangat kencang, dan seperti biasa kami lebih kompetitif pada paruh kedua balap pada malam hari. Senang bisa balap bersama Uccio dan Luca, keduanya sangat kencang dan bisa bekerja dengan seluruh anggota tim,” ujar Rossi.

Hal ini juga semakin menegaskan reputasi pembalap yang bulan depan genap berumur 42 tahun sebagai pembalap serba bisa, selain menunjukan kecintaan dengan dunia balap.

>>> Simak berita otomotif terlengkap di dalam dan luar negeri di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top