Gantikan Vettel, Scuderia Ferrari Tunjuk Carlos Sainz

15/05/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Ferrari tak butuh waktu lama untuk menemukan suksesor Sebastian Vettel yang meninggalkan tim akhir 2020, Carlos Sainz akan jadi pembalap baru skuad Maranello mulai 2021.

Setelah mengumumkan kepergian Vettel dari tim setelah musim 2020 Selasa (12/5) lalu, Scuderia Ferrari langsung mengambil langkah cepat dengan mencari sosok pengganti juara dunia empat kali itu.

>>> F1 musim 2020 bergulir Juli, gelar paling sedikit 15 balapan

Setelah dihubungkan dengan nama-nama tenar seperti Daniel Ricciardo, bahkan juara dunia enam kali, Lewis Hamilton, skuad Maranello memilih Carlos Sainz Jr, saat ini membela McLaren, sebagai rekan satu tim Charles Leclerc mulai 2021, adapun pembalap Spanyol itu diberi kontrak 2 tahun.

“Saya sangat senang bahwa saya akan membalap untuk Scuderia Ferrari tahun 2021, dan saya sangat bersemangat dengan masa depan saya bersama tim. Saya masih memiliki musim yang penting bersama McLaren Racing, dan saya sangat menantikan untuk membalap bersama tim musim ini,” ujar Sainz.

Pembalap muda kaya pengalaman

Meski masih muda, Carlos Sainz Jr punya jam terbang yang tidak sedikit sebagai ‘pilot’ jet darat Formula 1. Sejak memulai debutnya tahun 2015, putra legenda WRC Carlos Sainz itu telah membela Scuderia Toro Rosso, Renault, dan McLaren, dengan capaian terbaik finis ketiga pada GP Brazil 2019.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Carlos Sainz, saat membalap bersama McLaren Racing di GP Brazil 2019

Dari 102 start, Sainz meraih satu podium di Brazil 2019 (foto: Formula 1)

“Saya sangat senang untuk mengumumkan bahwa Carlos akan bergabung dengan Scuderia Ferrari mulai 2021. Dengan pengalaman lima musim, ia terbukti sangat bertalenta, dan telah menunjukan kemampuan teknis dan atribut yang tepat untuk menjadi bagian dari keluarga Ferrari,” ujar Tim Prinsipal Ferrari, Mattia Binotto.

Kelanjutan F1 Silly Season 2020/2021

Menggantikan Carlos Sainz Jr yang pindah ke Ferrari, McLaren juga bereaksi cepat dengan merekrut pembalap Renault, Daniel Ricciardo, yang kontraknya akan habis akhir tahun ini. Lalu, bagaimana dengan Sebastian Vettel?

Daniel Ricciardo bergabung dengan McLaren tahun 2021

Ricciardo menggantikan posisi Sainz di McLaren

Dengan slot di McLaren sudah terisi dan Lewis Hamilton yang semakin dekat dengan kontrak baru bersama Mercedes, praktis opsi paling realistis bagi Vettel saat ini adalah pindah ke Renault. Meski beberapa sumber juga mengatakan pembalap 33 tahun itu akan gantung setir akhir tahun ini.

>>> Terus update berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Menariknya, rumor terbaru mengatakan Mercedes tertarik memboyong Vettel sebagai rekan satu tim Hamilton tahun 2021, menggantikan Valtteri Bottas yang kontraknya juga akan habis akhir tahun ini.

Line-up pembalap F1 musim 2021

Sampai saat ini, baru Ferrari dan McLaren yang sudah memastikan line-up pembalap musim 2021 (foto: Formula 1)

Well, menduetkan Hamilton dan Vettel, dua juara dunia dengan total 10 gelar pembalap di antara keduanya, tentu merupakan sebuah proporsi yang sangat menarik bagi Mercedes-AMG F1 Team.

Namun, saat ini Mercedes punya telah yang sangat padu, di mana Bottas menjalankan peran sebagai wingman untuk Hamilton dengan baik. Apakah Vettel akan bergabung dengan Mercedes, Renault, atau justru memilih rehat dari ajang balap yang telah membesarkan namanya?

>>> Berita otomotif terbaru bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top