Penjagaan Ganjil Genap Jakarta Dikurangi Sanksi Tilang Dipertegas

08/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Skema baru diterapkan pada perpanjangan ganjil genap Jakarta berupa pengurangan jumlah personel jaga dan mempertegas sanksi tilang kepada para pelanggar.

Ganjil genap Jakarta kembali diterapkan selama sepekan hingga 13 September 2021 menyesuaikan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kita mendengar pengumuman dari pemerintah terkait dengan perpanjangan PPKM level 3 di aglomerasi Jabodetabek. Oleh sebab itu maka pembatasan mobilitas baik dengan metode ganjil genap maupun kita tambah,” kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, dikutip dari NTMC Polri, Selasa (7/9/2021).

>>> Pengamat: "PPKM Diperpanjang? Pasti, Levelnya Saja yang Berubah"

Foto Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo

Polda Metro Jaya kembali memberlakukan ganjil genap Jakarta dengan skema baru

Skema Baru

Untuk lokasi masih sama seperti ganjil genap sebelumnya yaitu di Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Rasuna Said. Yang berbeda adalah skema penjagaanya.

Pertama; petugas tidak menjaga di titik masuk, namun masuk ke kawasan ganjil genap. Diantaranya di Bundaran Senayan, Semanggi, Patung Kuda, Simpang Mampang, serta di Jalan Imam Bonjol.

Poin pertama ini berbeda dari sebelumnya dimana penjagaan juga dilakukan di titik-titik masuk kawasan ganjil genap. Alasan dikuranginya titik dan personel penjagaan karena sosialisasi sudah dilakukan cukup lama. Jadi, masyarakat dinilai sudah banyak paham lokasi maupun aturan ganjil genap.

Kedua; pelanggar langsung ditindak. Meski tidak dijaga pengendara diimbau tetap patuh aturan.

Bagi Anda yang merasa plat nomor kendaraannya tidak sesuai hari jangan coba-coba masuk kawasan karena petugas langsung memberikan sanksi tilang baik secara elektronik (ETLE) maupun manual. Alasan lupa atau tidak tahu tidak akan ditolerir.

“Pelang rambu tetap kami pasang. Jadi yang mencoba-coba untuk melawan kami akan lakukan penindakan dengan tilang melalui ETLE atau secara manual,” tutur Kombes Sambodo.

>>> Wow! Sanksi Tilang Manjur, Pelanggar Ganjil Genap Turun Drastis

Foto pengendara ditilang karena melanggar ganjil genap

Pelanggar ganjil genap dikenakan tindakan tilang

Ganjil Genap Jakarta

Sekadar informasi, ganjil genap kembali diterapkan di Jakarta pasca berakhirnya masa penyekatan. Pertama kali diberlakukan di 8 titik ruas jalan, namun kemudian dikurangi menjadi 3 ruas jalan sejak status ibu kota turun ke PPKM Level 3.

Ketiganya yaitu Jalan Jenderal Sudirman, MH Thamrin, dan Rasuna Said. Adapun waktunya dimulai dari jam 06.00 WIB pagi sampai jam 20.00 WIB malam.

Lewat jam 20.00 WIB tidak ada lagi pembatasan. Namun petugas tetap melakukan patroli untuk memastikan tidak ada pelanggaran aturan PPKM, seperti kerumunan atau warung / tempat makan buka hingga larut malam.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top