Ganjil Genap Jakarta Dilanjutkan Selama Satu Minggu

18/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Penerapan sistem ganjil genap Jakarta dilanjutkan selama satu Minggu mengikuti PPKM Jawa Bali yang resmi diperpanjang hingga 23 Agustus 2021 mendatang.

Kelanjutan uji coba sistem ganjil genap Jakarta telah diputuskan. Pembatasan mobilitas kendaraan bermotor itu dilanjutkan selama satu Minggu hingga 23 Agustus 2021 mendatang.

Menurut Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, keputusan itu diambil mengikuti perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa Bali yang telah diputuskan lebih dulu.

"Tetap berlanjut untuk ganjil genap, belum ada perubahan karena PPKM juga dilanjutkan sampai 23 Agustus. Kita mengikuti, sehingga mobil pribadi masih tetap dibatasi," tutur Syafrin kepada media, Senin (16/8/2021).

>>> Manfaatkan Aplikasi Waze untuk Atasi Aturan Ganjil Genap

Belum Ada Perluasan

Untuk lokasi dan waktu tidak ada yang berubah, alias sama dengan penerapan ganjil genap sebelumnya. Berlaku di 8 ruas jalan mulai jam 06.00 WIB pagi hingga jam 20.00 WIB malam.

Ke-8 ruas jalan tersebut adalah Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Merdeka Barat, Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Pintu Besar Selatan, dan Jalan Gatot Subroto.

Foto Petugas mengawasi lalu lintas jalan tol

Tidak ada lagi penyekatan di jalan tol

Pada jam yang telah ditentukan hanya kendaraan roda empat yang plat nomornya sesuai hari yang boleh melintas. Sedangkan yang lain dilarang, kecuali untuk kendaraan-kendaraan jenis tertentu.

"Sejauh ini masih di 8 ruas jalan, belum berubah. Tapi pastinya kita pantau dan ada evaluasi, apakah perlu ditambah atau bagaimana, nanti akan ada kajiannya," jelas Syafrin.

Mengurangi Kemacetan

Berkaitan dengan evaluasi, uji coba ganjil genap yang diberlakukan pada 12-16 Agustus 2021 menunjukkan hasil positif. Di 8 ruas jalan di atas kepadatan berkurang signifikan dan tidak menimbulkan kemacetan parah.

Berbeda dengan ruas jalan lain yang belum diberlakukan ganjil genap, jumlah kendaraan yang melintas mengalami peningkatan.

"Seperti di (Jalan) Abdullah Syafei (Tebet), di ruas jalan (Jakarta) Selatan juga ada terlihat peningkatan volume lalu lintas," kata Syafrin.

>>> Cari mobil bekas plat nomor Jakarta, temukan di sini!

Foto para petugas kepolisian berjaga di kawasan ganjil genap

Ganjil genap Jakarta kembali berlaku setelah lama dihentikan

Sebagaimana diketahui, sistem ganjil genap di ibu kota kembali diterapkan mengganti penyekatan PPKM yang disetop mulai 11 Agustus 2021. Areanya jauh lebih kecil karena hanya 8 ruas jalan saja yang dibatasi. Sedangkan penyekatan PPKM dilakukan di 100 titik ruas jalan, tersebar di dalam kota hingga di perbatasan-perbatasan.

>>> Ini 19 Kendaraan yang Bebas Masuk Kawasan Ganjil Genap Jakarta

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top