Ganjil Genap Jakarta Dihapus Lagi, Kendaraan Pribadi Jangan Keluyuran

10/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ganjil Genap Jakarta Dihapus Lagi, Kendaraan Pribadi Jangan Keluyuran
Aturan ganjil genap Jakarta untuk sementara dihapuskan. Meski begitu bagi pemilik kendaraan pribadi diimbau agar tetap berada di rumah bukan bebas berpergian.

Aturan ganjil genap Jakarta akhirnya kembali dihapuskan. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menyampaikan angka kasus positif di Ibu Kota kian meningkat saat PSBB Transisi.

Bahkan kapasitas rumah sakit di wilayah Jakarta disebut tak lagi sanggup menampung pasien bila tak ada langkah konkret yang diterapkan. 

>>> Operasional Transportasi Umum di Jakarta Dibatasi Selama Masa PSBB

Ganjil Genap untuk Sementara Dihapus

Walhasil, Pemprov DKI Jakarta menarik rem darurat dengan kembali menerapkan PSBB yang lebih ketat mulai 14 September 2020. Tak cuma ganjil genap PSBB Jakarta yang dihapuskan, namun juga transportasi umum akan dibatasi kapasitasnya. 

ganjil genap Jakarta

Anies Baswedan umumkan ganjil genap di Ibu Kota Jakarta untuk sementara dihapus

Adanya ganjil genap Jakarta yang diberlakukan beberapa pekan terakhir memang dituding menjadi pemicu penambahan angka kasus positif corona. Warga Jakarta yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi ke kantor akhirnya beralih ke transportasi umum demi menghindari ganjil genap Jakarta. 

"Transportasi umum akan kembali dibatasi secara ketat jumlahnya dan jamnya, ganjil genap ditiadakan tapi bukan berarti kita bebas berpergian dengan kendaraan pribadi pesannnya jelas ini darurat, lebih darurat dari dulu, maka jangan keluar rumah jika tidak mendesak," ungkap Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Rabu malam (9/9/2020). 

Ini artinya, kendaraan umum maksimal hanya akan diisi 50 persen dari kapasitas seharusnya. Cara itu dipercaya bisa mengurangi angka penyebaran virus corona karena imbauan untuk menjaga jarak bisa diterapkan. 

>>> Mobil Listrik Kebal Aturan Ganjil Genap, Bakal Diberi Tanda Khusus?

Kendaraan Pribadi Juga Dibatasi

Anies juga sempat mengatakan moda transportasi massal seperti Transjakarta, MRT, Commuter line menjadi satu sarana penyebaran virus corona di Jakarta. 
Kemudian soal jam operasionalnya, saat PSBB awal transportasi umum hanya beroperasi dari jam 6 pagi sampai 6 sore. 

ganjil genap Jakarta

Ganjil genap dituding jadi pemicu penambahan kasus aktif corona

Bicara kapasitas, tidak hanya kendaraan umum yang dibatasi jumlah penumpangnya. Kendaraan pribadi saat masa awal PSBB juga dibatasi jumlah penumpangnya. 

Mengacu pada Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 33 tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam penanganan Corona Virus Disease 2019, kendaraan pribadi harus dibatasi jumlah penumpangnya yakni 50% dari kapasitas angkut maksimal. Ini berlaku bagi mobil dan juga motor pribadi yang melintas di Jakarta. 

Selain itu, para pengendara dan penumpang juga diwajibkan untuk mengenakan masker sepanjang perjalanan. 

>>> Klik sini untuk lanjut baca berita otomotif terkini lainnya

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Alasan Ganjil Genap Motor Belum Berlaku

30/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Dishub DKI Jakarta mengungkapkan alasan belum diberlakukannya aturan ganjil genap motor sebagaimana wacana yang beredar dalam beberapa waktu terakhir.

Lihat juga

Aturan Ganjil Genap Diberlakukan untuk Cegah Masyarakat Keluyuran

04/08/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemerintah provinsi DKI Jakarta kembali memberlakukan aturan ganjil genap di Ibu Kota. Aturan ini sengaja diberlakukan untuk mencegah masyarakat keluyuran.

Lihat juga

Tidak Ingin Dapat Denda Rp 500 Ribu? Ketahuilah 25 Ruas Jalan Terkena Aturan Ganjil Genap

10/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Perluasaan sistem ganjil genap di Jakarta resmi diberlakuan mulai hari ini, Senin (9/9/2019). Aturan terbaru tersebut ditandai dengan terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil Genap.

Lihat juga

Trik Menghidar Biar Tak Terjebak Peraturan Ganjil Genap

20/09/2019

Pengemudian

5 menit

Saat harus berkendara di wilayah dengan peraturan ganjil genap, maka dibutuhkan beberapa alternatif transportasi. Berikut diantaranya.

Lihat juga

Aturan Ganjil Genap Tak Berlaku Buat Mobil Listrik, Bagaimana Dengan Hybrid?

12/08/2019

Mobil baru

3 menit

Merujuk pada latar belakang Instruksi Gubernur (InGub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Kualitas Udara, aturan perluasan ganjil genap tidak berdampak pada mobil listrik. Artinya kendaraan tetap bebas mengaspal di hari apapun dan di ruas jalan manapun tanpa khawatir kena tilang ganjil genap. Bagaimana dengan mobil Hybrid dan Plug-in Hybrid?

Lihat juga