Belum Ada Tanda-Tanda Ganjil Genap di Jakarta Diberlakukan Lagi

23/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Hingga kini sistem ganjil genap di Jakarta belum diberlakukan lagi. Penerapannya tengah dikaji mempertimbangkan lalu lintas yang meningkat selama Ramadan.

Penerapan ganjil genap di Jakarta sudah lama ditiadakan. Tepatnya sejak adanya aturan pembatasan aktivitas warga akibat pandemi. Dan hingga saat ini juga masih belum berlaku meski volume kendaraan di jalan raya mulai meningkat. Apakah ganjil genap benar-benar dihapus secara permanen?

Tengah dikaji

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengaku belum ada pembicaraan tentang diberlakukannya lagi sistem ganjil genap karena masih masa pandemi Covid-19. Pihaknya tengah mengkaji apakah penerapan ganjil genap di Ibu Kota bakal dilakukan lagi, mempertimbangkan lalu lalang kendaraan yang semakin meningkat.

“Sampai saat ini belum ada pembicaraan terkait diberlakukan kembalinya aturan Ganjil Genap,”  kata Kombes Pol Sambodo melalui keterangan tertulisnya di laman Korlantas Polri, Rabu (22/4/2021).

>>> Trik Menghidar Biar Tak Terjebak Peraturan Ganjil Genap

Foto menunjukkan pemandangan Lalu Lintas Tol Dalam Kota

Lalu lintas di ibu kota semakin ramai

Saat peluncuran Operasi Keselamatan Jaya 2021 pada Senin 12 April 2021 di Mapolda Metro Jaya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran juga tidak menyinggung sistem ganjil genap. Kapolda hanya mengimbau agar jajarannya meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19).

Efektif menekan kepadatan

Sebagaimana diketahui sistem ganjil genap merupakan upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengurangi kepadatan lalu lintas sekaligus mengurangi polusi udara. Cara ini dilakukan dengan membatasi kendaraan yang melintas di jalan raya berdasarkan nomor paling belakang plat nomor.

Sejak adanya pembatasan aktivitas warga karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan kampanye Work from Home (WFH) tahun lalu, ganjil genap beberapa kali ditiadakan. Langkah ini untuk dilakukan untuk mengurangi kerumunan di transportasi umum sehingga jarak aman antar fisik (physical distancing) tetap terjaga.

Perpanjangan PPKM Mikro hingga 3 Mei 2021

Sebagai informasi, Pemprov DKI Jakarta memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro mulai 20 April hingga 3 Mei 2021. Di sini juga tidak ada tanda-tanda ganjil genap segera diberlakukan lagi.

>>> Transportasi Umum Tetap Beroperasi Meski Ada PPKM Jawa Bali

Foto menunjukkan banner Perpanjangan PPKM di Jakarta hingga 3 Mei 2021

Pemerintah masih menerapkan pembatasan karena Covid

Merujuk pada Inmendagri No.9/2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro, aturan terkait transportasi hanya menyasar transportasi umum, yaitu dilakukan pengaturan kapasitas dan jam operasional.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top