Asyik! Main Game PlayStation 5 Nantinya Bisa di Dalam Mobil Tesla

07/06/2021

Pasar mobil

2 menit

Menggandeng prosesor gaming AMD, sistem infotainment yang digunakan pada Tesla Model S dan Model X nantinya bisa digunakan untuk memainkan game PlayStation 5.

Pada gelaran Computex 2021 atau lebih dikenal dengan Taipei International Information Technology Show, AMD mengungkapkan bahwa mereka menyediakan GPU berbasis APU dan RDNA 2 untuk Tesla. Teknologi ini akan digunakan untuk sistem infotainment Tesla Model S dan Model X dan memungkinkan mobil ini menjalankan sistem komputerisasi yang kompleks, bahkan memainkan game PlayStation 5.

Chipset terbaru AMD

AMD merupakan salah satu pabrikan penghasil processor dan perangkat game terbaik saat ini. Kerja sama dengan Tesla ini menghadirkan klaim baru dari pabrikan milik Elon Musk tersebut. Mereka menyebutkan teknologi pemrosesan hingga 10 teraflops memungkinkan game di dalam mobil setara dengan konsol terbaru saat ini. Sehingga Anda bisa memainkan game generasi terbaru di Tesla Model S dan Model X.

main game PlayStation 5 di sistem infotainment Tesla
Chipset AMD memiliki GPU khusus untuk memainkan game AAA

>>> Saat Toyota GR 86 dan Cybertruck Jadi Mobil Polisi Indonesia

Media Control Unit yang digunakan di Tesla saat ini mengadopsi prosesor Intel Atom yang biasanya ditemukan di laptop murah. Chipset terbaru dari AMD yang dijuluki MC3 ini memiliki GPU khusus berdaya tinggi untuk memainkan game dengan grafis dan sistem yang berat layaknya game AAA, diantaranya Call of Duty, Grand Theft Auto, atau Forza Horizon.

Berdasarkan bocoran dari developer Patrick Schur dalam akun Twitter-nya, chip berdaya tinggi ini dibuat berdasarkan GPU Navi 23 AMD, setara dengan konsol game PlayStation 5 milik Sony. Dengan layar infotainment Tesla baru memiliki resolusi 2200 x 1300, seharusnya bisa memainkan game setara TV 4K (3840 x 2160).

>>> Supercharger V3 Pertama Buatan Tesla China Diluncurkan

Bangun basis pengguna

Selain perangkat keras baru, chipset baru ini diklaim mampu meningkatkan pengalaman berkendara. Contohnya meningkatkan kecepatan sistem infotainment semakin halus maupun mempermudah Anda untuk memutar YouTube maupun Netflix tanpa lag.

Tesla yang bisa digunakan untuk menonton Netflix
Sistem infotainment Tesla bisa digunakan untuk menonton Netflix

Kemampuan untuk menjalankan game AAA atau video game terbaru dengan anggaran yang besar merupakan gimmick untuk membantu penjualan mobil listrik Tesla. Bahkan, gimmick ini belum pernah dicoba oleh merek lain. Dan tak menutup kemungkinan Tesla akan mengembangkan lini game mereka sendiri, mengingat industri game yang semakin besar dari tahun ke tahun.

Sebagai pabrikan baru, Tesla sedang mencoba untuk menggaet basis pengguna lebih dari satu juta pemilik. Beberapa cara dilakukan, salah satunya dengan menggunakan berbagai teknologi berkendara canggih, termasuk sistem mengemudi otonom yang dipersiapkan untuk model pikap Tesla Cybertruck dan Tesla Semi.

>>> Dapatkan pilihan mobil Toyota baru dan bekas berkualitas hanya di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top