Gaikindo Optimis Penuhi Target 1 Juta Kendaraan Terjual hingga Akhir Tahun

03/11/2023

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Gaikindo Optimis Penuhi Target 1 Juta Kendaraan Terjual hingga Akhir Tahun
Banyak tantangan seperti banyak faktor penurunan penjualan, Gaikindo tetap optimis mencapai target 1 juta kendaraan dapat terjual hingga akhir tahun 2023.

Gaikindo optimis penuhi target 1 Juta kendaraan terjual hingga akhir tahun
Gaikindo optimis penuhi target 1 Juta kendaraan terjual hingga akhir tahun

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) Kukuh Kumara mengatakan bahwa pihaknya tetap optimis 1 juta kendaraan dapat terjual hingga akhir tahun meski terdapat banyak tantangan.

"Kami harapkan target Gaikindo yang 1 juta unit itu bisa dicapai tahun ini, mudah-mudahan," kata Kukuh belum lama ini. Belakangan ini memang terdapat banyak tantangan, GAIKINDO melihat bahwa penjualan hingga akhir tahun diperkirakan lebih datar dibandingkan dengan bulan-bulan yang sebelumnya.

Hal itu karena banyak faktor penyebab penurunan penjualan di Indonesia, salah satunya disebutkan yang paling dominan adalah suku bunga dolar Amerika Serikat yang terus meningkat. "Kami lihat kecenderungan global pada pengetatan bunga dolar Amerika itu kan terus naik sehingga mungkin banyak uang yang ditukar ke dolar," ujarnya.

>>> Simak harga mobil baru dengan promo terbaik hanya di sini

Pinjaman Bermasalah

Selain suku bunga dollar yang meningkat, pengetatan pengajuan kendaraan ke berbagai pembiayaan seperti bank juga memiliki pengaruh besar. Data GAIKINDO menyebut, konsumen otomotif Indonesia masih banyak yang mengandalkan perusahaan pembiayaan.

GAIKINDO menargetkan penjualan kendaraan mencapai 1.050.000 unit pada 2023 bisa tercapai
GAIKINDO menargetkan penjualan kendaraan mencapai 1.050.000 unit pada 2023 bisa tercapai

"Indikasi lainnya adalah kecenderungan non performing loan (NPL)- atau pinjaman bank yang bermasalah. Karena hampir 80 persen konsumen kita kan beli (mobil) menggunakan jasa pembiayaan dari bank," ujar Kukuh.

>>> Pesanan Mobil Hybrid Melonjak, Toyota Catatkan Rekor Laba Operasional

Gencar Pameran untuk Tarik Konsumen

Lebih lanjut, GAIKINDO melihat target penjualan kendaraan mencapai 1.050.000 unit pada 2023 bisa tercapai. Salah satunya berkat berbagai pameran otomotif yang mereka lakukan di berbagai kota-kota besar. Ajang pameran dan kegiatan otomotif menurut Kukuh dapat menjadi magnet untuk menarik konsumen bertransaksi, karena banyaknya program dan diskon khusus selama pameran yang sayang bila dilewatkan oleh konsumen.


ajang GIIAS 2023
Ajang pameran GIIAS terus digencarkan dan dilaksanakan di kota-kota besar

"Ajang pameran GIIAS Jakarta, dan kemarin baru selesai yang di Semarang, dan nanti akan diselenggarakan di Bandung semoga bisa sukses. GIIAS ini juga salah satu solusi untuk bisa mendongkrak penjualan, karena disana ada banyak penawaran menarik," pungkas Kukuh.

>>> Tilang Uji Emisi di Jakarta Kembali Berlaku dan Diperluas, Cek Lokasinya

Menggeluti dunia Jurnalistik sejak 2013, berbagai desk berita umum telah dilakoninya. Mulai dari kriminal dan metropolitan, seleb dan gaya, kesehatan dan lingkungan, ekonomi bisnis, serta kepemerintahan. Terakhir, yakni di 2020 mulai jatuh cinta dengan Otomotif. Kata siapa perempuan nggak
 
back to top