Gaikindo Berharap Diskon PPnBM 100 Persen Bisa Diperpanjang

20/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Gaikindo Berharap Diskon PPnBM 100 Persen Bisa Diperpanjang
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia berharap pemerintah Indonesia bisa memperpanjang diskon PPnBM 100 persen hingga Desember 2021 mendatang.

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan aturan pembebasan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kendaraan roda empat. Diskon PPnBM terbagi dalam dua tahap, 100% di bulan Maret hingga Agustus 2021 dan terakhir 25% di bulan September hingga Desember 2021.

>>> Mitsubishi Optimis Xpander Tetap Jadi Penguasa Pasar Meski Tanpa PPnBM

Berharap Bisa Diperpanjang

Dengan berakhirnya Diskon PPnBM 100% di bulan ini Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap relaksasi pajak ini bisa diperpanjang hingga akhir tahun ini. Hal ini tentunya untuk meningkatkan penjualan mobil baru di Tanah Air di tengah pandemi saat ini.

Gambar menunjukan Toyota Raize

Toyota Raize dapatkan diskon PPnBM 100% dari pemerintah

“Kalau kita lihat di bulan Agustus adalah bulan terakhir berlakunya PPnBM 100 persen dari pemerintah. Kemudian di bulan september relaksasi pajaknya hanya menjadi 25 persen saja. Hal ini tentunya akan sangat berdampak pada penjualan mobil. Harapan kami pemerintah bisa memperpanjang pembebasan pajak PPnBM 100 persen sampai akhir tahun ini tentunya sangat baik untuk industri otomotif di Indonesia." kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi kepada pewarta di Jakarta secara daring, Kamis (19/8).

Yohannes juga mengungkapkan rasa terima kasihnya  untuk Pemerintah Indonesia karena dikeluarkannya aturan tersebut. Menurut penuturnya dengan kebijakan tersebut membuat industri otomotif di Indonesia bisa terselamatkan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dengan berlakunya pembebasan PPnBM. Mengapa demikian? Karena dengan inisiatif dari pemerintah ini  maka industri otomotif di indonesia bisa terselamatkan dan tumbuh tidak terlalu jelek dibandingkan dengan negara-negara lain.” sambungnya.

>>> Diskon PPnBM 100 % Terakhir Agustus! Perhatikan Hal Ini untuk Pembeli Kredit

Banyak Orang Bergantung di Industri Otomotif Tanah Air

Dengan adanya Diskon PPnBM 100 persen dari Pemerintah Indonesia ini membuat industri otomotif di Tanah Air sejatinya kembali bergairah. Dengan bergairahnya industri otomotif otomatis akan membuat produksi naik membuat prinsipal puas dengan kebijakan pemerintah.

“Kami optimis prinsipal cukup puas dengan kebijakan pemerintah dengan menangani pandemi ini semoga mudah-mudahan dengan meningkatnya penjualan mobil membuat investor tetap betah di Indonesia.” ungkapnya.

Gambar menunjukann Deretan mobil

Jika industri otomotif Tanah Air sampai kolaps bisa jadi tanda bahaya untuk perekonomian

Menurut penuturnya ada disekitar 1,5 juta orang yang bergantung di industri otomotif. Selain itu ada juga kendaraan-kendaraan yang khusus dibuat di Indonesia. Jadi kalau sampai industri otomotif di Indonesia kolaps maka dampaknya akan sangat luar biasa industri otomotif Tanah Air. 

“Pertama penjualan kita akan turun, lalu prinsipal akan sangat tidak bisa menerima kondisi tersebut.” tutupnya

>>> Cintamobil TV: Jangan Lakukan Ini Lagi, Selain Bahaya Juga Bisa Memalukan!

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.  Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yan
 
back to top