Formula E Jakarta Dijadwalkan Dihelat Tahun Depan

29/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tahun depan Formula E Jakarta akan dihelat! Memperlombakan 24 pembalap tim dari 12 tim berbeda dalam kejuaraan dunia balap mobil listrik.

Penyelenggaraan Formula E Jakarta dipastikan akan helat tahun depan. Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang merupakan salah satu Organizing Committee ajang balapan ramah lingkungan itu mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah fokus persiapan Sirkuit Mandalika.

>>> McLaren Setujui Pra-Kontrak Dengan Formula  E, Debut 2022/2023

Gambar menunjukan Lokasi Formula E Jakarta

Desain sirkuit Jakarta E-Prix yang akan melewati Medan Merdeka Selatan

Formula E Jakarta Dihelat Tahun Depan

“Tentang Formula  E jadi kita sudah sepakat akan dilakukan tahun depan bukan tahun ini karena tahun ini kita fokus pada persiapan Sirkuit Mandalika sebagaimana yang telah diarahkan oleh Presiden,” kata Bambang Soesatyo selaku Ketua Umum IMI. 

Bamsoet menambahkan bahwa Formula  E penting untuk mendorong transisi dari bahan bakar konvensional ke elektrifikasi. Kemudian Indonesia juga dinilai menjadi pasar yang luar biasa karena telah mendapatkan banyak komitmen dari produsen untuk dijadikan sebagai  pusat fabrikasi.

“Formula E di Jakarta ini penting bagi kita untuk lebih mendorong eskalasi, migrasi dari bahan bakar konvensional ke elektrik. Intinya Indonesia adalah pasar yang luar biasa sehingga kita mendapatkan banyak komitmen untuk membuat pabrik-pabrik baru sebagai pusat fabrikasi untuk dikirim ke kawasan Asia Pasifik,” tambahnya.

Perihal peran IMI di ajang balap ramah lingkungan Formula E 2022, Bamsoet mengatakan bahwa pihaknya hanya bertugas untuk menyiapkan regulasi dan yang lainnya telah diurus oleh promotor.

“Kita hanya membuat regulasi, aturan main dan seterusnya. Karena semuanya sudah diatur oleh promotor.” tutupnya.

>>> Marbula E Race, Formula  E Versi Kelereng Selesaikan Race 3 ‘Jakarta’

Gambar menunjukan Presiden Jokowi

Presiden Jokowi membuka IIMS 2021 secara virtual

Jokowi Dukung Perhelatan Formula E Jakarta 2022

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa penyelenggaraan Indonesia International Motor Show 2021 bisa meningkatkan reputasi Indonesia di ranah otomotif. Selain itu pameran otomotif tahunan itu bisa menunjukkan kesiapan Indonesia menjadi penyelenggara MotoGP di Mandalika dan Formula E.

“Reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa ditingkatkan sekaligus menunjukkan kesiapan kita menjadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional, termasuk kesiapan kita menggelar MotoGP di Mandalika, Formula  E di Jakarta dan event internasional lainnya," kata Jokowi. 

Sebelumnya diketahui penyelenggaraan MotoGP Indonesia pada 2021 di Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat gagal. Tak hanya itu akibat pandemi Formula E Jakarta yang dijadwalkan akan dihelat 6 Juni 2020 lalu juga harus tertunda. Indonesia baru akan menjadi tuan rumah pada tahun depan pada MotoGP 2022. Begitu juga dengan ajang balap Formula  E akan dihelat ditahun yang sama.

>>> Penuh Tombol dan Pengaturan, Bagaimana Agar Pembalap Tak Salah Tekan Setir Formula 1?

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top