Ford v Ferrari, Pertama Kali Film Balap Masuk Nominasi Best Picture Oscar

16/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Ford v Ferrari, Pertama Kali Film Balap Masuk Nominasi Best Picture Oscar
Popularitas dan ulasan positif yang didapatkan Ford v Ferrari membuatnya menjadi film bertemakan balap pertama yang mendapatkan nominasi Best Picture Oscar.

Ford v Ferrari menjadi film bertemakan balap pertama yang dinominasikan sebagai Best Picture untuk penghargaan film paling populer di dunia, Academy Awards. Dikenal juga sebagai Le Mans ’66 di beberapa negara mendapatkan nominasi Oscar dalam tiga kategori lainnya, seperti Sound Mixing, Sound Editing, dan Film Mixing.

 Christian Bale di sebelah kanan dan Matt Damon di sebelah kiri
Ford v Ferrari dibintangi oleh Matt Damon dan Christian Bale

Disutradarai oleh James Mangold, film ini berhadapan langsung dengan rival yang tak kalah bagusnya, seperti The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, 1917, Once Upon a Time… in Hollywood, dan film Korea Selatan yang sukses memenangkan berbagai penghargaan tahun lalu, Parasite.

>>> [Infografik] 5 Mobil Legendaris yang Menjadi Inspirasi Ford v Ferrari

Di film ini, Christian Bale berperan sebagai pembalap Ken Miles yang diceritakan membawa Ford menjadi juara Le Mans 1966. Sedangkan Matt Damon berperan sebagai salah satu mekanik tim balap Ford, Caroll Shelby yang legendaris.

Christian Bale memakai balap balap memegang piala 
Christian Bale dinominasikan sebagai Best Actor dalam Golden Globes

Mendapatkan ulasan positif oleh para kritikus dan penggemar balap, film ini telah menyabet berbagai penghargaan. Seperti Nominasi BAFTA untuk Best Film Editing, Best Sound, dan Best Cinematography. Christian Bale juga mendapatkan nominasi sebagai aktor terbaik di Golden Globes dan terpilih dalam Screen Actors Guild yang akan diserahkan 19 Januari nanti.

>>> Ingin membeli mobil bekas Ford? Dapatkan daftarnya di sini

Film balapan dalam penghargaan Oscar

Film bertemakan balapan jarang mendapatkan penghargaan dalam ajang Academy Awards. Yang paling sukses adalah Grand Prix (1966) karya John Frankenheimer mendapatkan nominasi Oscar dan menyabet tiga kategori Best Film Editing, Best Sound Effects, dan Best Sound Mixing. Film ini menceritakan tentang empat pembalap F1 dalam versi fiksi musim Formula One 1966.

Film Rush yang membawa nama Niki Lauda tahun 2013 tak mendapatkan nominasi Oscar. Meskipun film ini dinominasikan sebagai Best Motion Pictures (Drama) di Golden Globes serta Outstanding British dalam penghargaan BAFTA. Daniel Bruhl yang memerankan Niki Lauda juga meraih nominasi sebagai Best Supporting Actor di Golden Globes dan BAFTA.

>>> Sejarah Persaingan Ford dan Ferrari di Arena Le Mans 24 Hours ‘66

Daniel Bruhl yang memerankan Niki Lauda dalam film Rush 
Daniel Bruhl yang memerankan Niki Lauda dinominasikan sebagai Best Supporting Actor

Le Mans yang ditayangkan pada 1971 mendapatkan nominasi Golden Globe untuk Best Scoring atas nama Michel Legrand, namun kalah dari Shaft. Al Pacino juga mendapatkan nominasi aktor terbaik atas perannya sebagai pembalap F1 melalui film Bobby Deerfield tahun 1977.

Pada 2007 lalu, film bertemakan NASCAR yang diproduksi oleh Pixar, Cars, dinominasikan sebagai film animasi terbaik pada Academy Awards, BAFTA, dan Golden Globes. Tapi hanya memenangkan penghargaan Golden Globes. Sedangkan sekuelnya, Cars 2 dan Cars 3 gagal menjadi nominasi di berbagai ajang penghargaan.

>>> Berita terlengkap seputar otomotif dapat Anda lihat di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Serunya Nonton Bareng Ford v Ferrari Bersama Komunitas FDOCI

18/11/2019

Event - Promosi

3 menit

Dalam acara nonton bareng Ford v Ferrari, komunitas FDOCI juga menggelar ajang saling pamer dan berdiskusi soal diecast Ferrari dalam berbagai model dan skala

Lihat juga

[Infografik] 5 Mobil Legendaris yang Menjadi Inspirasi Ford v Ferrari

18/11/2019

Pasar mobil

2 menit

Semua pencinta Le Mans tahu bagaimana Ford GT40 menjadi bagian penting dalam kemenangan Ford di Le Mans. Namun ada lima mobil legendaris lainnya yang menjadi inspirasi Ford v Ferrari yang baru ditayangkan beberapa waktu lalu di bioskop Tanah Air.

Lihat juga

Bersama Komunitas Ford Menikmati Ford v Ferrari di Layar 270 Derajat CGV Indonesia

15/11/2019

Event - Promosi

2 menit

Terinspirasi dari kisah nyata, film Ford v Ferrari akhirnya tayang di Indonesia. Dan kali ini, Cintamobil.com mendapatkan kesempatan menonton film ini dalam layar 270 derajat Screen X milik CGV Indonesia.

Lihat juga

‘The Last Mile’, Film Pendek Volkswagen Beetle Diiringi The Beetles

04/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Volkswagen merilis penghormatan terakhir untuk mobil paling ikoniknya dengan sebuah animasi film pendek Volkswagen Beetle diiringi Let It Be dari The Beetles.

Lihat juga

[INFOGRAFIK] 7 Mobil Ikonik Porsche yang Mejeng di Film Legendaris Hollywood

31/10/2019

Pasar mobil

2 menit

Film memiliki peran tersendiri dalam popularitas sebuah mobil. Selain James Bond dengan Aston Martin-nya, berikut 7 mobil ikonik Porsche yang turut ambil bagian sebagai karakter dalam film legendaris Hollywood.

Lihat juga
 
back to top