Ford Punya Kit untuk Konsumen yang Ingin Rakit Mobil Listrik Sendiri

23/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Ford mengembangkan sayap di industri mobil listrik dengan rencana peluncuran EV Crate. Kit tersebut ditujukan bagi konsumen yang ingin mengkonversi mobilnya.

Sebelumnya, Chevrolet sudah meluncurkan EV Crate buatan mereka di tahun 2018 yang saat ini sudah berevolusi menjadi sistem eCrate. Kini, giliran Ford yang tak mau kalah dengan pesaingnya tersebut.

Dinamakan Eluminator, rencananya kit ini diluncurkan pada SEMA Show 2021 yang akan berlangsung pada awal November mendatang. EV Crate ini akan memudahkan para pegiat DIY (Do-it-Yourself) dalam melakukan konversi mobil yang sedang mereka kerjakan.

Konversi ke Motor Listrik Memperpanjang Usia Kendaraan

Praktik konversi mobil bermesin bakar konvensional menjadi motor listrik ini memang sudah cukup banyak dilakukan. Sudah ada beberapa perusahaan yang menawarkan jasa konversi tersebut seperti EV West.

>>> Ford GT '64 Heritage Edition Hadir dengan Livery Legendaris dari 1964

Gambar Konversi Mobil Listrik

EV West menjadi salah satu perusahaan pionir yang menawarkan konversi mobil listrik

Bahkan, Rimac yang baru-baru ini meluncurkan hypercar listrik Nevera memulai perusahaannya melalui konversi BMW E30 dengan motor listrik sebelum dilirik oleh investornya.

Banyak yang melakukan bukan berarti proyek konversi ini mudah dilakukan, apalagi jika Anda mau mencoba melakukannya secara DIY di rumah sendiri. Kit ini dijual untuk mempermudah dalam menemukan powertrain untuk proyek tersebut.

Dengan konversi ke motor listrik, mobil-mobil klasik yang kemungkinan besar sudah tak lulus uji emisi pun bisa mendapatkan 'jantung' baru tanpa emisi yang akan memperpanjang masa bakti kendaraan tersebut.

Gambar EV Crate

Rancangan EV Crate yang akan ditawarkan oleh Ford

>>> Ini Ford Fiesta RS WRC, Mobil Rally Andalan Valentino Rossi

Kelanjutan dari Program Aluminator

Pemilihan nama Eluminator tentu terinspirasi dari program penawaran engine crate dari Ford yang bernama Aluminator. Unit tersebut merupakan mesin naturally aspirated paling bertenaga dari Ford Performance.

Aluminator memiliki konfigurasi V8 5,2 liter yang dapat menghasilkan tenaga hingga 580 HP dengan torsi 603 Nm. Mesin ini dikembangkan oleh para teknisi Ford untuk disematkan pada mobil balap drag Mustang Cobra Jet.

Gambar Mustang Cobra Jet

Ford menawarkan engine crate Aluminator yang berasal dari mobil ini

Kembali ke EV Crate, hingga saat ini Ford masih belum mengungkapkan secara detail mengenai harga serta motor listrik dan baterai yang digunakan dalam kit tersebut. Namun, kami menduga tenaga serta baterainya tidak akan jauh berbeda dengan kit yang ditawarkan oleh Chevrolet, yaitu 200 HP dengan baterai 60,0 kWh.

Selain motor listrik dan baterai, Ford juga melengkapi kitnya dengan inverter, converter, serta wiring harness untuk instalasi.

Kit ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menikmati mobil klasik tanpa khawatir dengan keandalan mesin yang sudah tua atau bahan bakarnya yang cenderung boros.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top