Ford Gunakan Limbah Kopi McDonald’s Untuk Produksi Komponen Mobil

07/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Ford Gunakan Limbah Kopi McDonald’s Untuk Produksi Komponen Mobil
Limbah kopi ternyata bisa digunakan sebagai material komposit dalam produksi komponen mobil. Salah satunya seperti yang ditempuh pabrikan Ford dalam mengolah limbah kopi dari McDonald’s untuk produksi komponen seperti lampu dan interior

Tren ramah lingkungan tak hanya tercermin dalam setiap produk otomotif, namun juga menjadi bagian dalam produksi mobil. banyak pabrikan mobil yang mulai menggunakan material ramah lingkungan untuk dimanfaatkan dalam produksi komponen mobil. Salah satunya Ford, yang mulai menggunakan limbah kopi untuk digunakan sebagai salah satu material dalam produksi komponen mobil. Untuk pemanfaatan limbah kopi ini, Ford bekerja sama dengan salah satu raksasa penyedia makanan cepat saji, McDonald’s.

>>> Crossover Mach-E Hadir, Ford Siapkan Mustang Listrik Betulan?

Foto kerjasama Ford dan McDonald's dalam pengolahan limbah kopi

Ford bekerjasama dengan McDonald's dalam pengolahan limbah kopi dalam produksi komponen mobil

Limbah kopi yang dapat digunakan sebagai salah satu material komponen mobil adalah bagian kulit kopi atau biasa dikenal dengan istilah coffee chaff. Dalam proses pembuatan kopi, akan menghasilkan lapisan kulit kopi berwarna perak dan kecokelatan ini yang tidak terpakai dan akan menjadi limbah. Menurut McDonald’s, limbah kopi dalam bentuk lapisan kulit ini menjadi salah satu limbah makanan terbesar dalam rangkaian produksi mereka.

>>> Sedang cari mobil? Klik sini dulu

Foto limbah kopi diolah menjadi material komposit

Lapisan kulit kopi atau coffee chaff dapat diolah menjadi material komposit pengganti plastik

Kerjasama yang dijalin oleh Ford dan McDonald’s ini berfokus dalam pemanfaatan lapisan kulit kopi. Menurut Ford, lapisan kulit kopi ini bisa diolah menjadi material komposit dengan cara memanaskan lapisan kulit kopi tersebut dengan metode khusus, lalu dicampurkan dengan bijih plastik, sehingga akan menghasilkan material komposit khusus. Nantinya, material komposit ini bisa diolah dalam pembuatan beberapa komponen, seperti rumah lampu, lapisan interior hingga ppengganti material plastik dalam ruang mesin.

>>> Dipasarkan Akhir 2020, Ford Mustang Mach-E Hadirkan Lima Pilihan Varian

Foto material komposit dari kulit kopi dibentuk menjadi komponen mobil

Material komposit dari kulit kopi dibentuk menjadi komponen mobil, seperti rumah lampu serta pengganti cover plastik di ruang mesin dan interior

Material komposit dari kulit kopi ini diklaim memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan material plastik pada umumnya, seperti memiliki bobot lebih ringan sekitar 20 persen. Selain itu, dalam proses pembuatan komponen, material komposit dari kulit kopi ini lebih efisien saat produksi, karena hanya membutuhkan energi 25 persen lebih kecil saat proses pencetakan atau moulding-nya. Dalam kerjasama ini, McDonald’s akan menyuplai lapisan kulit kopi dari jaringan restorannya yang tersebar di Amerika Utara untuk dimanfaatkan dalam produksi komponen mobil Ford.

>>> Simak pula berita otomotif terkini lainnya di sini

 
back to top