Ford Bronco 2021, Tawarkan Sistem 4WD Unggulan

14/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ford Bronco 2021 menawarkan beragam teknologi 4WD unggulan hasil kreasi terbaru Ford untuk memaksimalkan kemampuan jelajah lintas alam di luar jalan normal

Menjadi produk unggulan Ford yang paling ditunggu-tunggu di Amerika Serikat, konsumen penggemar SUV 4x4 sangat penasaran dengan sistem gerak empat roda yang ditawarkan oleh Ford Bronco 2021. Lalu apa keistimewaan sistem gerak 4WD pada Ford Bronco 2021 jika dibandingkan dengan Jeep Wrangler?  

>>> Didesain dari Gelombang Suara, Teknologi Mur Roda Ford Cegah Pencurian Roda

Dua Sistem 4WD

gambar ford bronco

Sistem 4WD part-time untuk varian entry level 

Ada dua macam sistem gerak 4x4 yang dimiliki oleh Ford Bronco. Pada varian entry level, sistem gerak 4WD-nya adalah part-time 4WD beserta 2-speed transfer case (high gear dan low gear) dan tiga mode yang terdiri atas 2H (normal), 4H (off road ringan) dan 4L (off road ekstrem). Sistem part-time 4WD ini mempunyai fitur “electronic shift on the fly” sehingga perpindahan mode 2H menjadi 4H berlangsung pada kecepatan relatif tinggi.  

gambar ford bronco

Sistem gerak 4x4 on demand didukung teknologi canggih 

Sistem 4x4 yang kedua adalah  electronic controlled on-demand transfer case dengan empat mode yang terdiri atas 2H, 4H, 4L dan 4A.  Inovasi terbarunya adalah mode  4A yang secara kontinyu mengatur pasokan torsi mesin secara bervariasi menuju  roda depan maupun belakang untuk memaksimalkan traksi ban dalam berbagai kondisi. Secara spesifik, sistem 4x4 on demand dipadankan dengan final gear 4,7:1. Sedangkan varian Ford Bronco lainnya dilengkapi dengan final gear  4,46:1 atau 3,73:1.

gambar ford bronco

Tersedia pilihan final gear ratio sesuai dengan kebutuhan 

O iya, pilihan final gear yang beragam tersebut dibagi sesuai dengan trim level Ford Bronco. Paket final gear 4,46:1 menjadi standar untuk varian Base, Big Bend, dan Black Diamond dengan transmisi manual 7-speed dan Badlands (transmisi otomatis). Sedangkan final gear  3,73:1 bersifat standar untuk varian Base, Big Bend, dan Outer Banks serta dipadankan dengan transmisi otomatis  10-speed.  

Off Road Mode

gambar ford bronco

G.O.A.T (Goes Over Any type of Terrain), terrain management system pada Ford Bronco  

Ford Bronco didukung fitur off road driving mode alias terrain management system dengan nama G.O.A.T (Goes Over Any type of Terrain) yang memiliki delapan driving mode. Secara umum, ke-delapan mode itu terbagi menjadi  Normal, Eco, Sport (akselerasi responsif),  Slippery, Mud/Ruts, Sand, Baja (berpacu di gurun pasir) dan Rock Crawl. Uniknya, tanpa alasan yang jelas, Ford sengaja tidak memberikan off road mode secara lengkap untuk Ford Bronco. Sebagai contoh, hanya varian  Badlands dan  Black Diamond yang memiliki tujuh mode G.O.A.T..  

gambar ford bronco

Sasquatch Package disediakan untuk konsumen Ford Bronco yang hobi off road

Nah, bagi konsumen Ford Bronco 2021 yang senang off road, Ford menyiapkan Sasquatch Package yang tersedia untuk semua varian termasuk  trim level Base. Secara teknis, Sasquatch Package adalah paket off road istimewa yang terdiri atas velg aluminium 17 inci dengan beadlock,  final gear 4,7:1, transfer case on demand, pengunci diferensial elektronik, suspensi lift kit Bilstein, high-clearance fender dan ban  Goodyear Wrangler Territory LT jenis mud-terrain.  Menilik spesifikasi Ford Bronco tersebut, wajar saja kalau Jeep langsung merilis paket Extreme Recon untuk Jeep Wrangler.    
>>> Ford Bronco Terbaru Mulai Diproduksi, Ini Spesifikasi dan Harganya

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top