Selain Mobil Listrik, Ini Rencana Elektrifikasi Hyundai di Indonesia

26/10/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Demi menyongsong era mobil listrik sebagai kendaraan masa depannya, Hyundai memperkenalkan teknologi baru dan rencana elektrifikasi mereka di Indonesia. 

Hyundai bisa dibilang menjadi salah satu pelopor dalam mengenalkan teknologi mobil listrik di Indonesia. Setelah sebelumnya mengumumkan untuk memproduksi kendaraan listrik bertenaga baterai di Indonesia, pabrikan asal Korea Selatan ini juga bakal membawa ragam teknologi terbarunya. 

Pamerkan teknologi baru

Bertempat di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Hyundai memperkenalkan beragam teknologi terbaru Hyundai yang saat ini sedang fokus ke ranah elektrifikasi. Mulai dari teknologi baterai, mobil listrik, hingga stasiun pengisian listrik DC yang membuat sebuah siklus elektrifikasi Hyundai.

Hyundai yang rencananya akan membangun pabrik mobil listrik di Indonesia memperlihatkan alur pembuatan baterai untuk kendaraan listrik. Mulai dari nikel hingga menjadi katoda, sampai berakhir dalam platform terbaru Hyundai, E-GMP.

sasis Hyundai E-GMP berwarna hitam
Platform E-GMP sebagai sasis kendaraan listrik terbaru Hyundai

>>> Mobil Antipeluru Hyundai Genesis G80 Jadi Mobil Resmi KTT G20

Platform ini rencananya akan menjadi basis dari 25 model Hyundai di seluruh dunia. Dengan sasis yang lebih kaku dan lebih ringan, E-GMP disebut mampu memberikan efisiensi tenaga yang lebih baik 5% dibandingkan platform lama Hyundai yang saat ini digunakan oleh Hyundai Kona Electric. 

Selain itu, Hyundai tak ketinggalan memamerkan beberapa kendaraan listrik mereka. Diantaranya yaitu Hyundai Ioniq 5 yang baru saja diluncurkan di Korea Selatan beberapa waktu lalu. Ioniq 5 bahkan dipercaya akan menjadi mobil bertenaga baterai perdana yang diproduksi di Indonesia.

mobil listrik Genesis G80 EV berwarna putih
Genesis G80 EV yang akan menjadi mobil resmi di KTT G20 2022

Mobil baru lainnya yang bisa ditemukan adalah sedan listrik Genesis G80 EV. Mobil milik merek mewah Hyundai ini beberapa waktu lalu diperkenalkan sebagai kendaraan tunggangan Presiden Jokowi dan delegasi di KTT G20 tahun depan.

>>> Ini Dia Mobil Listrik Pertama yang Bakal Lahir di Indonesia

Stasiun pengisian cepat

Tak berhenti sampai di situ, Hyundai juga memperlihatkan teknologi stasiun pengisian listrik umum (SPKLU) dengan keluaran daya 350 kW. Dengan keluaran daya 7 kali lebih besar dibandingkan SPKLU yang ada di Indonesia, Stasiun ini dipercaya bisa mengisi daya dari 0 hingga 80% hanya dalam 18 menit.

stasiun pengisian listrik Hyundai dengan daya hingga 350 kW
Hyundai sedang meneliti kehadiran SPKLU cepat di Indonesia
 

Selanjutnya, Hyundai turut memperkenalkan rencana daur ulang baterai mobil listrik. Nantinya, baterai yang sudah mendekati aus nantinya akan digabungkan dalam sebuah energy storage system (tempat penyimpanan energi) dan digunakan untuk mengisi daya pada tempat-tempat terpencil.

Sebagian teknologi yang ditampilkan pada eksebisi khusus untuk media ini masih dalam tahap penelitian, apalagi rencana daur ulang baterai yang diprediksi akan berlangsung pada 10 tahun mendatang. 

>>> Dapatkan harga Hyundai terbaru dan promo menarik lainnya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top