Fokus Ke Charging Station Rumahan, BMW Tak Nambah SPKLU Baru

17/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Fokus Ke Charging Station Rumahan, BMW Tak Nambah SPKLU Baru
Populasi mobil listrik yang masih kecil dan adanya paket charging station di setiap pembelian mobil listrik jadi alasan BMW belum berpikir menambah SPKLU baru.

BMW jadi pabrikan pertama yang meluncurkan mobil listrik murni di Indonesia, yaitu i3s pada pameran GIIAS 2019 lalu. Model ini sekaligus sebagai lanjutan dari mobil ramah lingkungan yang dipasarkan BMW Group Indonesia setelah i8 Coupé dan i8 Roadster. Sebagai kelengkapan pelayanan, BMW menyertakan paket charging station yang bisa dipasang di rumah dalam setiap pembelian unit baru.

Foto menunjukkan SPKLU hasil kerjasama Pertamina dengan BMW

Era kendaraan listrik membutuhkan infrastruktur yang memadai

>>> Gencar Dibangun, Berapa Tarif Pengisian Daya Kendaraan Listrik di SPLU?

Sedang untuk pengisian di tempat umum, BMW sebagaimana Mercedes-Benz belum banyak menyediakan. Hanya ada beberapa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yaitu di kantor Mercedes-Benz TB Simatupang dan Plaza Indonesia yang didirikan Mercedes-Benz serta satu SPKLU yang didirikan SPBU Kuningan yang didirikan BMW bersama Pertamina.

Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania menuturkan alasan mengapa tidak banyak SPKLU BMW di tempat umum. Pertama BMW fokus ke charging station rumahan. "Kalau untuk saat ini kita fokus ke kerja sama pemasangan di rumah. Karena untuk pembelian kendaraan listrik BMW sudah dilengkapi charging station, jadi lengkap dengan BMW wall box," tutur Jodie O'tania seperti dikutip dari Detik, (15/10/2019).

Yang kedua karena populasi mobil listrik yang masih kecil serta rencana besar PLN mendirikan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) di seluruh Indonesia. "Sekarang masih sangat rendah, itu pasti dan itu untuk di Indonesia karena kita baru saja memulai," kata Jodie. "BMW bekerja sama dengan PLN untuk memastikan konsumen menerima semua benefit tersebut dari mulai adanya potongan harga misalnya dan apabila perlu peningkatan daya itu sudah bisa dilakukan di PLN tanpa dia harus bingung ke mana perginya," sambungnya.

Diharapkan rencana PLN menyediakan banyak charging station tersebut segera terealisasi dan terus ditingkatkan sehingga merangsang daya tarik masyarakat untuk membeli mobil listrik.

>>> BMW Seri 1 EV Hadir di Tahun 2021, Bagaimana Bentuknya?

Foto menunjukkan BMW i3s 2019 sedang mengisi daya listrik di SPLU

BMW i3s jadi model pertama mobil listrik murni di Indonesia

Seperti diketahui, era kendaraan listrik mulai menggeliat di tanah air. Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengesahkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai pada 8 Agustus 2019 lalu. Salah satu isinya mengatur tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik dan Pengaturan Tarif Tenaga Listrik, yaitu pada BAB IV Pasal 22 hingga Pasal 27.

>>> Berita terlengkap dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top