Fokus Garap Elektrifikasi, Honda Mundur Dari F1 Akhir 2021

03/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Fokus Garap Elektrifikasi, Honda Mundur Dari F1 Akhir 2021
Berita mengejutkan datang dari arena balap, Honda Racing memutuskan untuk meninggalkan ajang balap F1 pada akhir musim 2021 dan tak lagi memasok mesin untuk Red Bull dan AlphaTauri.

Kabar mengejutkan ini dikonfirmasi oleh Honda melalui konferensi pers di Tokyo pada Jumat (2/10) pagi waktu setempat. Keputusan Honda mundur dari F1 sangat mengejutkan, terlebih pabrikan Jepang itu jadi satu-satunya pemenang balapan selain Mercedes-AMG yang dominan itu.

>>> Mesin F1 Honda jadi senjata Pierre Gasly berjaya di kandang Ferrari

Fokus ke teknologi ramah lingkungan

Digunakan oleh dua tim, Red Bull Racing dan Scuderia Alpha Tauri, masing masing tim memenangi satu balapan musim ini menggunakan mesin F1 Honda. 

Max Verstappen berjaya dengan RBR di GP 70th Anniversary, sedang Pierre Gasly menorehkan kemenangan historis di Monza bersama Scuderia Alpha Tauri, yang sebelumnya bernama Torro Rosso.

Max Verstappen, pembalap Red Bull Racing Honda

Saat ini, Honda jadi mesin terbaik kedua setelah Mercedes

Jika menilik performa, mesin Formula 1 racikan Honda adalah yang terbaik kedua di bawah Mercedes-AMG. Lalu, apa sih sebenarnya alasan utama Honda mundur dari F1?

Jika melihat statement yang ditulis Honda, fokus pabrikan Jepang beralih dari teknologi konvensional ke elektrifikasi. Alhasil, tim yang mengurus proyek mesin F1 dialihkan ke teknologi ramah lingkungan seperti FCEV dan BEV.

“Honda perlu memfokuskan sumber daya dalam riset dan pengembangan ke area power unit dan teknologi masa depan, termasuk fuel-cell vehicle (FCV) dan teknologi BEV, yang akan jadi inti dari teknologi bebas karbon,” tulis Honda dalam statementnya.

>>> Empat mobil F1 bermesin Honda dulang poin di F1 GP Russia

Pasang surut Honda di F1

Keputusan Honda mundur dari F1 ini bukan yang pertama kali, karena pabrikan Jepang satu ini terhitung sering kali masuk-keluar Formula 1, baik sebagai supplier mesin ataupun tim pabrikan.

Memasuki era hybrid, Honda kembali ke Formula 1 sebagai pemasok mesin bersama McLaren tahun 2015. Tapi berbeda dari masa jaya mereka di tahun 1980an, kombinasi McLaren dan Honda kali ini berbuah petaka, dan cuma bertahan sampai 2017.

Dua tim pemakai mesin F1 Honda, Red Bull dan Scuderia AlphaTauri

Saat ini, Honda memasok mesin ke dua tim yakni Red Bull dan Scuderia AlphaTauri

Setelah itu, Honda pindah ke tim Scuderia Toro Rosso mulai musim 2018. Perlahan namun pasti reputasi Honda kembali terangkat dengan hasil positif bersama tim satelit Red Bull itu.

Dan bisa ditebak, tahun 2019 Red Bull bergabung dengan kamp Honda dan langsung didapuk sebagai tim pabrikan. Hasil instan pun langsung didapat, meski tak bisa menggeser Mercedes, Red Bull berhasil menang tiga kali dengan mesin Honda.

Dan memasuki tahun 2020, para pemakai mesin Honda berhasil meraih dua kemenangan. Masing-masing ditorehkan Red Bull di 70th Anniversary Grand Prix dan Scuderia AlphaTauri di GP Italia.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Tim yang Disokong Honda F1 Persiapkan Grand Prix Rusia Secara Lebih Matang

26/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia Alpha Tauri adalah tim yang disokong Honda F1, keduanya kini sedang serius mempersiapkan balapan selanjutnya

Lihat juga

Mesin Honda F1 Antar Albon Cicipi Podium Pertama Kalinya

15/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Mesin Honda F1 yang digunakan tim Aston Martin Red Bull Racing mengantar Alex Albon raih podium pertama kalinya pada seri balap Grand Prix Formula Satu Tuscany

Lihat juga

Tim Scuderia AlphaTauri yang Disokong Honda F1 Pakai HondaJet

11/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Salah satu tim balap Formula Satu yang disokong Honda F1 yakni Scuderia AlphaTauri gunakan HondaJet Elite sebagai alat transportasi udara untuk timnya

Lihat juga

Tim Formula Satu Bermesin Honda F1 Siap-Siap Jalani GP Spanyol

16/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Tim Formula Satu Bermesin Honda F1 yakni Aston Martin Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri siap-siap menjalani Grand Prix Spanyol di Sirkuit Catalunya

Lihat juga

Honda F1 Berpartisipasi Di Balapan Historis 70 Tahun Grand Prix Formula Satu

08/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Tim Formula 1 (F1) bermesin Honda F1 turut berpartisipasi pada balapan historis guna peringati 70 tahun Grand Prix F1 di sirkuit Silverstone, Inggris...

Lihat juga