Fokus Elektrifikasi, Mercedes Sasar Line-up AMG, Maybach, dan G-Class

07/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Fokus Elektrifikasi, Mercedes Sasar Line-up AMG, Maybach, dan G-Class
Mercedes mengalihkan fokus ke elektrifikasi, dengan line-up AMG, Maybach, dan G-Class akan go-electric. Hal ini sejalan dengan target 50% mobil elektrik di tahun 2030.

Beberapa bulan terakhir, Mercedes memperkenalkan dua line-up penting, yakni S-Class generasi terbaru dan E-Class facelift. Kali ini, sang pabrikan mencanangkan program elektrifikasi untuk line-up nya.

Mercedes mencanangkan rencana ambisius di mana line-up elektrifikasi ditargetkan bisa menyumbang lebih dari separuh penjualan tahun 2030. Adapun langkah yang akan diterapkan adalah mengekspansi sub-brand.

>>> Mercedes-Benz G-Class akan jadi mobil listrik?

AMG, Maybach, dan G-Class akan go electric

Rencana elektrifikasi Mercedes meliputi penambahan line-up elektrik ke AMG, Maybach, dan G-Class, dalam waktu dekat. Kemungkinan bareng dengan line-up full-elektrik EQS, yang diawali dengan EQS tahun 2021.

Pengujian mobil EV Mercedes-Benz EQ

EQS akan jadi line-up Mercedes EQ pertama tahun 2021

Selanjutnya, Mercedes EQ akan merilis EQE, EQS SUV, dan EQE SUV. Seluruh line-up EQ akan menggunakan platform baru Electric Vehicle Architecture (EVA) dan menawarkan jarak tempuh lebih dari 700 km.

Elektrifikasi Mercedes ke line-up AMG akan dimulai tahun 2021, di mana line-up Mercedes-AMG akan mengadopsi teknologi hybrid performa tinggi. Sementara itu, Mercedes akan merombak ukuran Maybach sekaligus menambahkan powertrain elektrik.

"Kita akan membuka potensi penuh dari sub-brand kami yang unik, AMG, Maybach, G, dan EQ. Strategi kami didesain untuk menghindari aktifitas non-inti untuk fokus di segmen yang sangat penting, kendaraan listrik dan software mobil khusus," ujar Ola Kallenius, Ketua Dewan Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz G-Class

SUV bongsor G-Class juga akan mendapat treatment elektrik

Sementara itu, detail elektrifikasi Mercedes G-Class masih dirahasiakan, namun pabrikan Jerman itu mengatkan SUV legendaris ini akan semakin besar dengan teknologi elektrifikasi. Namun, ini baru awalnya saja.

>>> Mercedes EQS terjepret kamera dengan four-wheel steering

Siapkan platform elektrik baru

Tahun 2025, Mercedes akan merilis platform elektrik keduanya yang diberi nama Mercedes-Benz Modular Architecture (MMA), yang akan jadi basis untuk line-up kompak dan menengah, selain itu sistem infotainment MB.OS diluncurkan tahun 2024.

Teaser prototype Mercedes-Vison EQXX

Mercedes menyiapkan konsep EQXX yang dapat menempuh jarak lebih dari 700 km

Selain itu, Mercedes juga menyiapkan konsep Vision EQXX, yang bertujuan untuk membangun EV dengan jarak tempuh dan efisiensi luar biasa. Akan menarik untuk melihat program elektrifikasi Mercedes dengan AMG, Maybach, dan G-Class beriringan dengan line-up EQ yang menjajakan mobil EV.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top