Fokus Elektrifikasi, 4 Logo Merek Mobil Ini Jadi Lebih Minimalis

11/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Fokus Elektrifikasi, 4 Logo Merek Mobil Ini Jadi Lebih Minimalis
Logo merupakan bagian penting dari eksistensi sebuah perusahaan otomotif. Bersamaan dengan perkembangan teknologi kendaraan, 4 logo merek mobil ini diubah menjadi lebih modern.

Logo bisa dibilang sebagai penghubung antara visi dan misi perusahaan kepada konsumen. Dengan perkembangan tujuan dan strategi marketing, beberapa perusahaan tak ragu untuk mengubah logo mereka. Dengan Kia menjadi pabrikan terakhir yang akan mengubah logonya menjadi lebih minimalis, berikut 4 logo merek mobil yang diubah untuk branding teranyar pabrikan di era baru.

1. BMW

BMW menjadi pabrikan teranyar yang memiliki logo anyar. Logo baru BMW ini menandai perubahan besar pada perusahaan asal Jerman sejak lambang ikonik diperkenalkan pada 1917 silam. Seperti banyak rancangan logo modern yang dibuat untuk mengejar estetika modern dari gaya ultra-minimalis yang datar, desain baru terlihat lebih modern dibandingkan logo sebelumnya.

 perubahan logo baru BMW berwarna biru dan putih
Logo terbaru BMW menawarkan kesan yang lebih minimalis

Ada dua perubahan besar pada logo terbaru BMW. BMW kembali ke desain yang lebih datar, menghilangkan efek 3D serta warna yang diperkenalkan pada tahun 1997 dengan desain yang sederhana, sama seperti logo BMW pada 1963 silam. Perubahan kedua adalah penghapusan cincin luar berwarna hitam, membuat tampilannya menjadi lebih minimalis.

“BMW menjadi merek (yang fokus pada) hubungan. Logo komunikasi baru ini mewakili keterbukaan dan kejelasan,” kata Jens Thiemer, Kepala Manajemen Merek BMW beberapa waktu lalu. Pembaruan ini "disesuaikan dengan tantangan dan peluang digitalisasi untuk merek," katanya.

>>> Lambang BMW Dapatkan Perubahan Radikal Tahun Ini, Intip Sejarahnya

2. Kia

Kia disebut akan memulai debut logo barunya sebelum akhir tahun 2020. Presiden Kia Motors, Park Han-Woo menyebutkan pada Motorgraph Korea Selatan, "Lambang baru ini mirip dengan yang ada di mobil konsep Imagine, tetapi akan terlihat sedikit berbeda.” Lencana baru tersebut diduga akan diperkenalkan pada bulan Oktober mendatang.

logo baru Kia berwarna hitam dan merah 
Huruf pada logo baru Kia dibuat bersambung

Pada Desember 2019 silam, Layanan Informasi Hak Kekayaan Intelektual Korea menerbitkan permintaan merek dagang dari Kia yang menunjukkan logo baru. Logo Kia pada mobil konsep Imagine menggunakan garis yang lebih tegas untuk setiap huruf. Bagian atas ‘K’ menempel pada bagian atas ‘I’. Bagian bawah ‘I’ dihubungkan ke bagian bawah dari ‘A’.

Desain baru memulai debutnya di Geneva Motor Show 2019 lalu sebagai konsep merek untuk crossover listrik. Belum dikonfirmasi model Kia mana yang akan mendapatkan logo baru terlebih dahulu. Tetapi desas desus menyebutkan bahwa Kia akan menggunakan logo baru untuk model listrik dan hibrida, serta membedakannya dengan model bermesin konvensional.

>>> Review KIA Seltos 1.4L EXP 2020: Compact SUV Turbo dengan Transmisi Kopling Ganda Termurah di Indonesia

3. MIINI

MINI merupakan satu diantara sekian pabrikan yang mengubah logo merek mobil untuk fokus ke kendaraan elektrik. Tahun lalu, MINI meresmikan logo, branding, dan strategi baru yang diharapkan akan membantu konsumen lebih mengetahui dan menggemari merek asal Inggris ini.

logo merek mobil MINI berwarna hitam 
Dengan desain 2D, logo MINI dibuat lebih simpel dibandingkan sebelumnya

Logo baru MINI menggunakan desain 2D datar yang disebut akan menawarkan nilai-nilai yang lebih baik. MINI pun menambahkan bahwa, "Logo tersebut berdiri sendiri, tanpa imitasi bahan atau bentuk (dari model lain). Pendekatan minimalis ini menonjol secara visual dan bisa digunakan dalam semua ukuran dan format."

Pernyataan resmi MINI mengindikasikan bawah kendaraan listrik MINI diperkenalkan pertengahan tahun lalu. Meskipun MINI telah memiliki Countryman Plug-in Hybrid, MINI Electric Car merupakan model pertama yang tidak menggunakan mesin konvensional. Mobil ini hanya digerakkan menggunakan baterai dan motor listrik.

>>> Review MINI Cooper S Clubman 2020: Menawarkan Semua Kemewahan dan Keamanan

4. Volkswagen

Sama seperti pabrikan lain di daftar ini, Volkswagen pun memberikan logo baru untuk kendaraan listriknya. Logo merek mobil mewah Volkswagen mendapatkan desain yang halus, namun tetap unik. Desain baru ini tak hanya menghilangkan kesan 3D dari logo sebelumnya, tetapi kali pertama huruf ‘W’ dalam lingkaran tak menyentuh lingkaran dalam.

"Desain merek baru menandai dimulainya era baru bagi Volkswagen," kata Jürgen Stackmann, Anggota Dewan Manajemen Merek. "Dengan merumuskan konten baru dan dengan produk baru, merek ini sedang mengalami transformasi mendasar menuju masa depan dengan keseimbangan emisi untuk semua orang. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membuat merek kami terlihat oleh dunia luar."

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut update berita lain tentang pasar otomotif Indonesia

logo baru Volkswagen berwarna putih 
Merek baru menandai era baru bagi Volkswagen

Dalam pernyataan resminya, Volkswagen menyebutkan bahwa dengan berkurangnya kompleksitas logo, desain baru ini ‘dapat digunakan dengan sangat fleksibel’. Logo terbaru Volkswagen debut pertama kali di kap hatchback listrik Volkswagen ID.3. Selanjutnya, logo modern ini akan digunakan pada model-model tertentu.

Teknologi selalu bergerak secara dinamis, dan kendaraan menjadi lebih canggih dibandingkan sebelumnya. Dan dengan banyaknya pabrikan mulai fokus dalam pengembangan kendaraan bertenaga listrik maupun teknologi swakemudi, bisa saja lebih banyak logo merek mobil yang dibuat lebih simpel dan minimalis.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Arti dan Sejarah Logo Mobil Honda yang Tak Pernah Berubah

10/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Dibandingkan pabrikan lainnya, logo mobil Honda merupakan satu di antara sedikit logo pabrikan yang tetap sama sejak pertama kali diperkenalkan pada 1970-an silam.

Lihat juga

Songsong Era Elektrifikasi, KIA Perkenalkan Logo Baru

26/02/2020

Pasar mobil

3 menit

Muncul pertama kalinya pada mobil konsep KIA Imagine di Geneva Motor Show 2019, KIA mengonfirmasi logo baru yang menjadi gambaran bagaimana Korea Selatan itu menyambut era mobil listrik.

Lihat juga

Volkswagen Luncurkan Logo “R” Baru untuk Mobil Performa Tinggi

09/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Sebagai bagian dari upaya rebranding seluruh perusahaan, Volkswagen meluncurkan logo “R” baru menegaskan mobil performa tinggi milik perusahaan asal Jerman ini.

Lihat juga

Bukan Baling-Baling atau Lambang Negara, Inilah Arti Logo BMW Sebenarnya

21/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Sudah lebih dari 100 tahun sejak BMW hadir sebagai salah satu pabrikan otomotif terbaik yang pernah ada. Dan sebelumnya, logo BMW seringkali disalahartikan sebagai baling-baling pesawat. Namun arti logo BMW berbeda dengan anggapan orang-orang.

Lihat juga

Mau Pakai Logo Baru, Audi?

16/10/2018

Pasar mobil

Baru saja mendapatkan modernisasi tahun 2009 lalu, Audi sepertinya berencana untuk mengubah logo empat lingkaran demi perubahan citra perusahaan.

Lihat juga