Fitur Toyota Innova Ketinggalan, TAM: Konsumen Bukan Cuma Cari Itu

14/03/2019

Pasar mobil
Share this post:
Fitur Toyota Innova Ketinggalan, TAM: Konsumen Bukan Cuma Cari Itu
Toyota Innova punya pesaing baru di segmen medium MPV setelah hadirnya Wuling Cortez. Dari segi fitur, wakil produk China tersebut menawarkan lebih banyak keunggulan buat konsumen. Sudah barang tentu hal ini tak bisa luput dari perhatian PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Toyota Innova terlihat dari tampak depan.

Penjualan Toyota Innova masih stabil di level sekitar 5.000 unit per bulan.

Anton Jimmi Suwandi, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyebut pihaknya tak ingin terlena dengan posisi Toyota Innova yang masih dominan di segmen medium MPV. Ia tak menyangkal bahwa kehadiran Wuling Cortez menjadi bahan pertimbangan akan masa depan Toyota Innova.

“Siapa pun, apakah produk dari China atau dari mana pun pasti jadi pertimbangan kami,” kata Anton.

>>> Beda Dengan Tahun Lalu, Ini Peringkat Wuling Sekarang

Dengan harga jauh lebih murah, Wuling Cortez menawarkan fitur-fitur terkini yang tak bisa ditemui di Toyota Innova, seperti Electronic Stability Control, Traction Control System, hingga rem parkir elektris. Mengenai hal ini Anton memberi penjelasan bahwa poin yang jadi incaran konsumen di segmen medium MPV tak terbatas pada fitur.

“Karena memang segmen Innova tidak hanya masalah fitur. Tapi juga comfort, kemudian dari aftersales-nya sendiri. Kita harus pertimbangkan total. Kalau fitur kita buat selengkap mungkin, kita harus consider juga bagaimana cost-nya terhadap service dan lain-lain,” tambahnya.

Sayangnya, dirinya tak bisa menginformasikan kapan TAM akan memberikan penyegaran yang bernilai untuk Innova.

>>> Simak berita terbaru lainnya dari pasar mobil Indonesia di sini.

Menganai penjualan, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menyebut hingga kini Toyota Innova masih mendominasi segmen medium MPV. Terbukti dari market share yang mencapai lebih dari 90 persen dan angka penjualan cukup stabil.

“Target kita sekitar 5.000-an dan saya pikir masih mencapai. Yang saya ingat Februari kemarin 5.000 unit itu masih achieve target. Untuk Januari kurang lebih ada di range yang sama,” ucap Anton.

Wuling Cortez sedang test drive.

Wuling Cortez menawarkan banyak fitur bernilai.

“Penjualannya masih cukup stabil di level 5.000 unit per bulan dan market share di segmennya masih dominan, masih di atas 90 persen. Saya rasa itu kontrubusi dari kekuatan produknya sendiri,” sambungnya.

>>> Profil Toyota Kijang Innova Q 2018

Toyota Innova telah lama menjadi primadona konsumen yang menginginkan mobil MPV 7 penumpang. Saat ini Innova tersedia dalam berbagai varian, mulai dari yang bermesin diesel hingga bensin. Harga terendahnya untuk varian Innova 2.0 G M/T berkisar Rp309.850.000 dan harga tertinggi varian 2.4 V A/T DIESEL Rp412.550.000.

Sedangkan kompetitornya, Wuling Cortez paling murah bisa didapat seharga Rp197.800.000 untuk varian Cortez 1.5 S 6MT. Lalu varian tertingginya Cortez 1.8 L LUX+ i-AMT dijual Rp268.000.000.

>>> Selalu update berita otomotif terkini hanya di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top